kelebihan keuntungan dan manfaat aplikasi halodoc konsultasi dokter
review aplikasi halodoc konsultasi dokter

Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter: ini 9 Manfaatnya!

Kabar baik datang dari dunia medis yang semakin modern. Hal ini dibuktikan dengan adanya Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter sebagai layanan konsultasi kesehatan online gratis terpercaya dengan dokter umum maupun spesialis melalui smartphone, semua hal yang berkaitan dengan kesehatan akan teratasi.

Secara umum, Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter ialah aplikasi yang memberikan kemudahan pengguna untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter melalui fitur pesan teks, panggilan suara, dan panggilan video call dengan banyak dokter yang tersedia di HaloDoc lewat smartphone android.

Fitur utama Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter bisa digunakan oleh semua pengguna baik gaptek maupun tidak yang telah mendaftar sebagai anggota layanan Halodoc secara online.

Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter

pengertian aplikasi halodoc konsultasi dokter
pengertian aplikasi halodoc konsultasi dokter

Sebagai orang awam, Kamu mungkin akan bertanya, apa itu aplikasi halodoc? Secara umum, pengertian aplikasi halodoc konsultas dokter adalah sebuah layanan kesehatan online berbasis android untuk semua kalangan yang membutuhkan perawatan medis sambil #TanyaDokterAsli dan terpercaya. Bahkan aplikasi ini tersedia dalam waktu 24 jam.

Pelayanan semacam ini memang dinantikan di zaman yang serba modern. Dengan menggunakannya, akan memudahkan dalam mendapatkan solusi yang tepat, terutama saat terjadi beberapa hal genting dan darurat.

Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter pertamakali dikembangkan oleh perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani di bidang telekonsultasi kesehatan. Perusahaan ini pertama didirikan pada tahun 2016 di Jakarta oleh Jonathan Sudharta.

Melalui Halodoc, orang dapat berkomunikasi melalui chat, dan video call dengan dokter, membeli obat, serta melakukan pemeriksaan laboratorium lewat smartphone android dan ios kapan saja, dimana saja selama 24 jam.

Halodoc Simplifying Healthcare

Halodoc Konsultasi Dokter membuka layanan aplikasi kesehatan, dan obat online yang bisa diakses di lima puluh kota di Indonesia seperti Bali, Balikpapan, Banda Aceh, Bandar Lampung, Bandung, Banjarmasin, Banyuwangi, Batam, Belitung, Bukittinggi, Cilacap, Cirebon, Garut, Gresik, Jakarta, Jambi, Jember, Jombang, Karawang, Kadiri, Madiun, Madura, Magelang, Makassar, Malang, Manado, Mataram, Medan, Mojokerto, Padang, Palembang, Pasuruan, Pekalongan, Pekanbaru, Pematang Siantar, Pontianak, Probolinggo, Purwakarta, Purwokerto, Salatiga, Samarinda, Semarang, Serang, Sidoarjo, Solo, Sukabumi, Sumedang, Surabaya, Tasikmalaya, Tegal dan Yogyakarta.

Pengguna Halodoc dapat mencari dokter umum dan spesialis secara online untuk berbicara mengenai kondisi kesehatan yang kamu alami. Kemudian, setelah dokter mendiagnosis gejala yang diidap oleh pengguna, selanjutnya akan diberi obat yang sesuai.

Setelah selesai berkomunikasi dengan dokter, pengguna langsung bisa membeli obat sesuai resep yang diterima melalui aplikasi halodoc konsultasi dokter atau apotek terdekat.

Ada dua jenis konsultasi yang dilakukan oleh pasien melalui Halodoc. Pertama, yang bersifat emergensi, kasus ini 68 persen dapat diselesaikan dengan anamnese atau tindakan medis digital.

Kasus ini misalnya, kulit merah dan mata bengkak, cukup dengan melihat kondisi pasien, dokter sudah dapat mengetahui gejala yang dialami. Kedua, adalah pasien yang sudah pernah bertemu dokter sehingga ia tinggal follow up dari kasus yang pernah ditangani.

Aplikasi Halodoc bukan hanya sekadar konsultasi kesehatan online saja, di dalamnya juga terdapat berbagai macam fitur canggih, di antaranya pengiriman pesan (chat), panggilan suara dan juga panggilan video langsung dengan dokter yang bersangkutan. Sehingga, pengguna tidak perlu repot-repot pergi ke tempat pelayanan kesehatan.

Apa Saja yang Bisa Didapatkan Pengguna?

Layanan konsultasi kesehatan online dengan dokter ini banyak memberikan kemudahan, di antaranya telah bekerja sama dengan lebih dari 1000 apotek di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga, lebih mudah dalam menemukan jenis obat dengan tempat terdekat.

Uniknya lagi aplikasi Halodoc konsultasi dokter telah bekerja sama dengan penyedia jasa antar ojek online seperti Gojek dengan fitur GoMed nya. Dengan Begitu, pengguna tidak perlu datang ke lokasi penyedia obat, apalagi dalam keadaan genting.

Kemudahan demi kemudahan dibangun atas dasar peduli dengan kesehatan dan melakukan pertolongan secepat mungkin, agar tidak terjadi hal yang lebih buruk. Sama halnya dengan aplikasi lain pada umumnya, saat menggunakan Halodoc pengguna juga harus memiliki koneksi internet dengan baik dan lancar.

Terutama saat berkonsultasi menggunakan panggilan video, jaringan lelet cenderung mengakibatkan buffering agar bisa mengakses semua fitur-fitur aplikasi halodoc konsultasi dokter dibawah ini.

Fitur-fitur Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter

review fitur aplikasi halodoc konsultasi dokter
review fitur aplikasi halodoc konsultasi dokter

Silakan Kamu nikmati berbagai macam akses kesehatan dengan mudah, cepat, aman dan terpercaya melalui semua fitur aplikasi halodoc konsultasi dokter berikut:

1. Catatan Kesehatan

Semua percakapan saat bicara dengan dokter, beli obat, dan hasil pemeriksaan lab akan tercatat dengan aman dan bisa diakses kembali melalui akun Halodoc kamu.

2. Upload Resep

Fitur aplikasi halodoc yang berfungsi untuk kemudahan dan kenyamanan seluruh pengguna saat membeli obat, upload resep dokter di aplikasi halodoc dan memesan melalui layanan beli obat dengan cepat.

3. Reminder

Kamu nggak akan lagi lupa buat minum obat karena ada fitur reminder (notifikasi) pada aplikasi halodoc konsultasi dokter yang selalu perhatian ke kamu untuk minum obat tepat waktu.

4. Artikel Kesehatan

Kumpulan rekomendasi artikel dan informasi berita terkini kesehatan paling lengkap dan terpercaya seputar kategori pengetahuan umum dunia kesehatan, gaya hidup sehat dan tips kesehatan yang sangat bermanfaat untuk kamu tidak mudah sakit dan peduli terhadap kesehatan diri sendiri, keluarga maupun pasangan tercinta.

5. Metode Pembayaran

Saat kamu transaksi membeli obat, kamu disuguhkan berbagai metode pembayaran pemesanan obat melalui fitur aplikasi halodoc ini yang di antaranya, yaitu metode pembayaran lewat walet, gopay, kartu debit dan kartu credit.

Sungguh kemudahan dan kenyamanan yang aman sekali bukan memakai aplikasi halodoc konsultasi dokter?

Kelebihan Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter

review kelebihan aplikasi halodoc konsultasi dokter
kelebihan aplikasi halodoc konsultasi dokter

Dengan menggunakan aplikasi ini, semua fitur lengkap mengenai kesehatan akan didapatkan. Selain cara penggunaan yang mudah, Kamu juga akan mendapatkan keuntungan dan manfaat lain dari aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter yang cukup banyak, di antaranya yaitu:

1. Chat dengan Dokter

Rasa sakit terkadang menyerang secara tiba-tiba, Halodoc menyediakan fitur konsultasi langsung dengan dokter, baik melalui pesan singkat ataupun penggilan video. Di dalamnya, Kamu juga bisa memilih berkonsultasi dengan dokter umum ataupun dokter spesialis, kapan saja dan dimana saja tinggal Tanya Dokter.

Perlu diketahui, dokter umum lebih menangani beberapa permasalahan yang terbilang sering kali dikeluhkan, seperti penyakit ringan. Sedangkan untuk dokter spesialis, dikhususkan untuk satu jenis penyakit saja, misalnya jantung, paru paru, kulit, mata dan masih banyak lagi.

Kurangnya kesadaaran dan waktu yang tidak mecukupi terkait pola hidup sehat membuat orang malas pergi ke tempat kesehatan. Dengan menggunakan aplikasi ini, Kamu tidak perlu ribet, buang-buang waktu, tenaga dan hal lainnya. Karena Kamu bisa dengan mudah berjumpa dengan dokter secara langsung dengan memanfaatkan fitur Buat Janji Dokter.

2. Beli Obat Secara Online

Ingin beli obat namun akses tempatnya jauh? Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter adalah solusi yang tepat. Setelah melakukan konsultasi, Kamu akan diberi beberapa resep sesuai dengan keluhan yang dirasakan. Mulai dari vitamin, perawatan wajah, perawatan kulit dan segala jenis obat telah tersedia.

Kamu tidak sempat pergi? Jangan khawatir, semua pesanan akan diantar dengan keadaan rapi dan masih tersegel beserta struk pembayaran. Apalagi untuk seseorang yang tidak memungkinkan pergi ke apotek atau tempat kesehatan lainnya.

Akan tetapi, saat menggunakan layanan antar semacam ini, pengguna juga akan dikenai beberapa biaya terkait transportasi. Harga tersebut tergantung dengan jarak tempuh dan harga obat yang telah di pesan sebelumnya.

3. Cek LAB

Setelah melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter Halodoc, Kamu bisa membuat janji dengan dokter terkait waktu konsultasi offline, berkunjung, jam buka dan masih banyak lagi. Tidak perlu antre dan bisa mengambil jam yang disesuaikan dengan waktu luang.

Untuk melakukan cek laboratorium, pasien diharuskan meminta rekomendasi dari dokter yang bersangkutan. Oleh karena itu, pilihlah dokter yang sesuai untuk dijadikan konsultan. Dengan begitu, dapat menemukan tempat cocok sesuai dengan keluhan yang dirasakan.

4. Kunjungan ke Rumah

Manfaat aplikasi Halodoc konsultasi dokter berikutnya yakni bisa mendatangkan dokter ke rumah Kamu. Hal ini cocok untuk sebagian orang yang memiliki permasalahan terkait dengan kesehatan dan tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan jauh, seperti ibu hamil, lansia ataupun anak usia balita.

Beberapa permasalahan yang kerap kali ditemui adalah dokter tidak punya waktu luang untuk pergi ke tempat pasien. Dengan menggunakan aplikasi Halodoc ini, Kamu dapat memilih beberapa dokter yang sekiranya tidak memiliki jadwal padat di hari itu dan bisa berkunjung ke rumah.

Cara Download Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter

panduan dan cara download aplikasi halodoc konsultasi dokter
cara download aplikasi halodoc konsultasi dokter

Bagaimana cara download aplikasi ini? Bagi pengguna ponsel Android merk apapun bisa mengikuti beberapa cara download aplikasi halodoc konsultasi dokter dibawah ini:

  1. Mengunjungi Google Play lalu search dengan kata kunci Halodoc Konsultasi Dokter atau
  2. Mengunjungi URL berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.linkdokter.halodoc.android
  3. Kemudian pilih download aplikasi Halodoc sekarang dan pasang buat beli obat, tanya dokter dan cek lab terpercaya.

Saat mengunduh aplikasi ini, Kamu akan melihat berbagai macam komentar positif terkait review aplikasi Halodoc konsultasi dokter. Hal semacam ini akan menghilangkan rasa ragu untuk memasang karena sudah ribuan orang yang menggunakannya, Kamu ingin coba? download sekarang juga.

Apk aplikasi halodoc versi 5.8 update terbaru 9 oktober 2019 dengan size 32 MB yang terbilang ringan ini aktif terinstal di 1 juta lebih pengguna dan dipastikan bisa terpasang di semua perangkat smartphone android. Namun, pastikan saat ingin memasangnya minimal menggunakan jenis operasional Android dengan spesifikasi 4.4 dan RAM 1 GB.

Bila kamu pengguna smartphone iOS, maka cara download aplikasi halodoc konsultasi dokter yaitu sebagai berikut:

  1. Silakan kamu kunjungi App Store pada Ponselmu lalu search dengan kata Kunci: “Halodoc”.
  2. Kamu juga bisa langsung mengunjungi URL berikut: https://apps.apple.com/id/app/halodoc-chat-dokter-beli-obat/id1067217981?l=id.
  3. Kemudian pilih download aplikasi Halodoc sekarang dan pasang buat beli obat, tanya dokter dan cek lab serta menikmati layanan konsultasi kesehatan online gratis dengan dokter halodoc.

Silakan download aplikasi halodoc konsultasi dokter gratis di google play dan app store. Jangan lupa kasih rating dan review, ya.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Menggunakan Aplikasi Halodoc

Saat menggunakan aplikasi Halodoc, Kamu harus memperhatikan beberapa permasalahan terkait dengan kesehatan. Di antaranya:

1. Pastikan Jenis Permasalahan Kesehatan Kamu

Jangan menunggu penyakit menyebar luas, pastikan masalah tersebut teratasi. Baik penyakit ringan atau penyakit berat sekalipun. Permasalahan yang kerap kali dihadapi oleh seseorang adalah sikap acuh terhadap penyakit yang dimiliki.

Aplikasi ini tidak hanya diperuntukkan bagi orang yang mengalami gangguan kesehatan saja. Akan tetapi juga untuk mereka yang ingin hidup sehat. Karena sejatinya, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Untuk itu, konsultasikan pola hidup sehat Kamu dengan Halodoc.

2. Pilih Layanan yang Kamu Butuhkan

Di dalam aplikasi konsultasi dokter Halodoc, terdapat berbagai macam menu pilihan. Mulai dari pelayanan gratis sampai berbayar (menyesuaikan kebutuhan). Beberapa pelayanan gratis seperti, konsultasi ringan terkait penyakit yang diderita.

Sedangkan untuk pelayanan berbayar meliputi cek laboratorium, membeli obat atau kunjungan dokter ke rumah. Namun, semua biaya tersebut terbilang wajar dan terjangkau. Untuk pembayaran juga memiliki beberapa metode yang memudahkan pengguna.

3. Menghubungi Pusat Bantuan

Setelah mengetahui apa itu aplikasi Halodoc, Kamu bisa dengan mudah menggunakan semua fitur di dalamnya. Namun, terkadang pemula masih bingung mengenai beberapa hal terkait cara penggunaan aplikasi halodoc konsultasi dokter terbaru oktober 2019. Terutama urusan pembayaran.

Untuk mengatasi hal semacam ini, Kamu bisa menghubungi bantuan layanan Halodoc atau customer service yang telah disediakan, baik melalui email, nomor telepon atau website resmi. Karena kepuasan pelanggan merupakan tujuan utama layanan ini.

Jangan lupa juga baca artikel Bacalagers Media seputar Tips Kesehatan dan Gaya Hidup Sehat yang bisa Kamu baca lewat daftar artikel kesehatan dibawah ini:

Nah, itulah ulasan kita mengenai solusi mudah dari layanan konsultasi online halodoc akan membuat setiap orang merasa aman dengan kesehatannya.

Selain itu, proses yang terbilang singkat membuat orang tidak perlu menunggu untuk mengambil solusi tepat. Kamu cinta kesehatan? Gunakan saja Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter sekarang juga!

Iman Ridhwan Syah

Penggemar Tahu Krispi, Doyan banget Soto Ceker, Penikmat Indomie Rebus, Hobinya Traveling yang juga menyukai aktivitas Blogging, Lagi Serius Belajar menjadi SEO Engineer, Komunitas, Jalan-jalan Jauh, dan lagi semangat banget Nabung buat Nikah!

Yuk diskusi

Follow us

Mari bergabung dan menjadi bagian dari Sahabat Bacalagers Media Community Indonesia ~