3 Cara Mendapatkan Pinjaman Dana Tanpa Jaminan [Terbaru 2021]

  • Bagikan

Saat ini untuk memenuhi berbagai kebutuhan mendesak bisa dilakukan dengan mudah. Hal ini dikarenakan Anda bisa mengajukan pinjaman dana tanpa jaminan di tempat yang terpercaya dan terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Pinjaman tanpa jaminan atau yang lebih dikenal dengan nama kredit tanpa agunan (KTA) akan memberikan banyak kemudahan.

Selain tidak perlu mempersiapkan jaminan, prosedurnya sangat praktis dan proses pencairan dana relatif lebih cepat. Lantas, bagaimanakah cara mendapatkan pinjaman dana tanpa jaminan?

Tempat Meminjam Uang Tanpa Jaminan

pinjaman dana tanpa jaminan

Meminjam uang menjadi solusi yang tepat ketika Anda membutuhkan dana, entah itu dana untuk modal usaha atau untuk kebutuhan lainnya.

Biasanya saat akan meminjam dana pasti harus mempersiapkan jaminan. Namun, saat ini ada banyak tempat yang berani memberikan pinjaman tanpa jaminan.

Selain tanpa agunan, juga berani meminjamkan dana dalam jumlah yang cukup besar. Berikut beberapa tempat tersebut, antara lain:

1. Bank

Bank menjadi salah satu tempat yang pasti akan didatangi ketika sedang membutuhkan dana. Meskipun selama ini bank selalu meminjamkan bank dengan jaminan, tetapi ada beberapa bank yang memberi pinjaman dana tanpa jaminan.

Namun, untuk mendapatkan dana dengan cara ini harus memenuhi beberapa persyaratan. Hanya dengan bermodalkan KTP dan KK, Anda sudah akan mendapatkan pinjaman dana tunai dengan bunga rendah dan cepat cair.

Ada banyak keuntungan yang akan Anda rasakan jika mengajukan pinjaman uang tanpa jaminan di Bank, yaitu prosesnya cepat, syaratnya mudah, limit pinjaman cukup besar, bunganya relatif rendah dan sebagainya.

Beberapa bank yang menawarkan kredit tanpa agunan (KTA) adalah BCA, BNI, CIMB Niaga, Danamon, Maybank dan sebagainya.

Baca juga: 6 Cara Pinjam Uang di Bank Syariah, Mudah & Cepat!

2. Koperasi

Meminjam dana tanpa jaminan juga bisa dilakukan melalui koperasi simpan pinjam, Akan tetapi, perlu diingat bahwasanya tidak semua koperasi menyediakan produk ini. Jika Anda membutuhkan dana pinjaman dengan plafon yang rendah sebaiknya meminjam di koperasi dan sejenisnya.

Meskipun limit plafon pinjaman yang ditawarkan tidak terlalu besar tetapi saat proses pengajuan pinjaman harus mencermati bunganya. Jangan sampai bunga yang diberikan terlalu besar sehingga membuat Anda sulit mengembalikan dana yang dipinjam.

Keuntungan meminjam dana di koperasi yaitu syaratnya hanya KTP dan KK, prosesnya cepat dana pinjaman cair dalam satu hari dan sebagainya.

Baca juga: 5 Cara Pinjam Modal Usaha di Bank Wakaf Mikro & Keunggulannya

3. Pinjaman Online

Saat ini meminjam dana bisa dilakukan dengan mudah melalui pinjaman online. Di Indonesia sendiri ada banyak aplikasi pinjaman online yang menawarkan pinjaman tanpa jaminan.

Jumlah pinjaman online di Indonesia ada ratusan, namun tidak semuanya terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga Anda harus lebih selektif ketika memilihnya. Jangan sampai meminjam online akan menjadi bumerang bagi Anda.

Saat mengajukan pinjaman dana tanpa jaminan di pinjaman online Anda hanya membutuhkan ponsel untuk mengisi form berkas yang disediakan.

Baca juga: 7 Layanan Pinjaman Online Terbaik dan Terdaftar Resmi di OJK

Syarat lain yang harus dipenuhi biasanya KTP, KK, slip gaji dan sebagainya. Meminjam dana dengan cara ini biasanya hingga Rp 25 juta dengan suku bunga yang rendah.

Syarat Mengajukan Pinjaman Dana Tanpa Jaminan

pinjaman dana tanpa jaminan

Secara garis besar inilah beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin mendapatkan pinjaman dana tanpa adanya jaminan, yaitu:

1. Warga Negara Indonesia

Pinjaman tanpa jaminan biasanya hanya diperuntukan untuk Warga Negara Indoesia (WNI).

Untuk mengetahui WNI atau bukan berarti harus dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan menetap di wilayah Indonesia. Artinya KTP menjadi syarat utama untuk mengajukan pinjaman.

2. Batas Usia

Batas usia untuk mengajukan pinjaman ini adalah 21 tahun hingga 60 tahun. Ada juga beberapa lembaga penyedia pinjaman mensyaratkan usia 18 tahun hingga 60 tahun.

Meski begitu, tidak disarankan untuk mengajukan pinjaman ini sebelum usia 21 tahun katena berkaitan dengan pola pikir.

Jika sudah diatas 21 tahun pola pikirnya sudah lebih matang sehingga menjadi lebih mudah memahami prosedur dan persyarata pinjaman.

3. Batas Penghasilan

Setiap lembaga penyedia jasa pinjaman dana biasanya memiliki persyaratan batas penghasilan yang berbeda-beda.

Namun, biasanya batas minimal penghasilan adalah UMR. Jika penghasilannya masih dibawah UMR akan sulit mendapatkan pinjaman tanpa jaminan.

4. Limit Pinjaman

Pinjaman tanpa jaminan merupakan pinjaman jangka pendek, berkisar antara 15 hari sampai 30 hari. Ada juga yang maksimal 6 bulan dengan nominal pinjaman antara 3 juta hingga 5 juta dengan suku bunga 1% per harinya.

Peminjam biasanya juga akan dibebani dengan biaya keterlambatan pembayaran angsuran.

Nah itulah informasi tentang cara mendapatkan pinjaman dana tanpa jaminan atau yang biasa disebut juga dengan kredit tanpa agunan (KTA).

Bagi Anda yang butuh dana tetapi tidak memiliki jaminan sebabaiknya mengajukan pinjaman dana tanpa jaminan di https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan. Selain syaratnya mudah, prosesnya juga cepat, aman dan 100% terpercaya.

  • Bagikan