inilah pengertian dan jenis-jenis investasi untuk milenial yang ajaib, terbaik, dan menguntungkan
jenis investasi untuk milenial yang menguntungkan

7+ Jenis Investasi untuk Milenial yang Populer dan Terbaik

Sudah Bukan waktu untuk bermain-main lagi jika Kamu sudah berumur 20 tahun keatas. Urusan hari tua harus sedini mungkin dipikirkan agar harapan di masa tua bisa tercapai baik hati, materi, dan lainnya. Milenial wajib mengenal dunia investasi untuk memanfaatkan uang agar bisa berkembang. Namun, sebelum membahas lebih jauh maka kenali dulu pengertian dan jenis-jenis investasi untuk milenial yang terbaik, populer, ajaib dan menguntungkan.

Seperti yang udah kita ketahui bahwa milenial yang lahir pada tahun 1990-2000 sekitar 90% sudah memiliki penghasilan sendiri baik itu cukup hingga tinggi. Penghasilan tersebut didapat dari kerja kantoran, freelance, jualan online, buka usaha offline dan lain sebagainya bahkan sudah banyak sekali anak muda milenial yang sukses meraih penghasilan hingga puluhan bahkan ratusan juta perbulan. Darimana? Rata-rata diperoleh dari berbisnis, baik itu bisnis online fashion baju branded, usaha budidaya jamur tiram, usaha florist/toko bunga dan lainnya.

Karena hal itulah penghasilan yang telah didapat bisa sangat bermanfaat dan bertambah untuk masa depan dengan komitmen memulai mengatur keuangan dengan berinvestasi baik itu investasi secara online, maupun offline. Daripada berlama-lama, mendingan langsung aja deh memahami dulu pengertian apa itu investasi dan apa saja jenis-jenisnya yang cocok untuk milenial.

Pengertian Investasi Secara Umum

pengertian investasi secara umum dan jenis investasi untuk milenial yang terbaik, menguntungkan
pengertian investasi secara umum

Pengertian investasi adalah sebuah cara untuk mengalokasikan dana atau uang pada satu periode tertentu yang diharapkan dengan penggunaan dana tersebut bisa menghasilkan peningkatan dana nilai investasi dan mendapatkan keuntungan melalui investasi properti, pasar modal, reksadana, emas dan lainnya.

Sedangkan menurut Wikipedia, investasi merupakan suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi yang berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva pada sebuah harapan mendapatkan keuntungan yang menjanjikan pada masa depan dengan istilah lainnya yaitu penanaman modal.

Jika kamu sudah memulai investasi pada berbagai sektor atau penanaman modal di sebuah perusahaan maka Kamu layak disebut sebagai investor. Oleh karena itu, istilah investasi ini sudah sangat populer dan terkenal dalam bidang bisnis, berbagai macam manfaat investasi pun bakal kita dapatkan.

Namun, bila kamu seorang generasi milenial yang introvert dan taunya cuma bangun pagi, ngantor, pulang, makan, mandi, tidur, bangun pagi, berangkat kerja saja akan sangat disayangkan bila belum mengetahui berbagai jenis investasi untuk milenial yang menguntungkan, dan terbaik pada ulasan dibawah ini.

Jenis-jenis Investasi untuk Milenial yang Populer dan Terbaik

jenis jenis investasi untuk milenial secara umum dan penjelasannya
daftar jenis investasi untuk milenial secara umum

1. Investasi Emas

Pengertian investasi emas adalah salah satu jenis investasi yang paling banyak diminati oleh masyarakat umum, pebisnis, karyawan/karyawati hingga milenial yang sudah sudah memulai gerakan muda berinvestasi.

Jenis investasi untuk milenial yang sangat populer ini memiliki nilai yang cukup stabil dan cenderung naik setiap tahunnya walaupun mungkin dalam beberapa bulan pada satu tahun nilainya menurun. Jenis investasi emas ini ada dua macam, yaitu emas murni dan emas perhiasan.

Tapi, jenis investasi emas yang paling diminati oleh banyak orang adalah emas murni (logam mulia). Karena emas murni memiliki ragam berat mulai dari 0,5 gram hingga 1000 gram. Keuntungan investasi emas yang bisa kita dapatkan diantaranya, yaitu mudah dicairkan, bebas pajak, dan merupakan jenis investasi jangka panjang yang menjanjikan dan menguntungkan.

Yuk lanjut ke jenis investasi untuk milenial yang terbaik, menguntungkan dan menjanjikan selanjutnya!

2. Investasi Properti

Jenis investasi untuk milenial yang ketiga yaitu investasi properti. Investasi properti adalah salah satu instrumen investasi yang bisa menghasilkan banyak uang dan menjamin masa depan kamu melalui sektor perumahan, investasi apartemen, tanah, properti tempat usaha komersial, bidang bangunan industri, dan properti keperluan khusus lainnya.

Investasi properti ini sama halnya dengan emas. Nilai keuntungan investasi properti setiap tahunnya selalu bertumbuh besar, sehingga tidak sedikit orang yang beralih untuk berinvestasi pada sektor properti dimanapun itu khususnya di kawasan industri. Karena peluang investasi properti di kawasan industri sangatlah besar.

Kelebihan investasi properti yang bisa kamu dapatkan diantaranya, yaitu berpotensi mendapatkan keuntungan yang besar bahkan sangat besar bila digunakan dalam jangka panjang akan mendapat keuntungan mencapai sepuluh kali lipat dari nilai modal awal investasi properti, memiliki risiko yang kecil karena investasi jenis ini pergerakannya cukup stabil dibanding emas maka pelajarilah semua ilmu tentang cara dan tips investasi properti pada sektor yang kita bidik.

Sedangkan, kekurangan nya menurut Saya ada dua diantaranya, yaitu adanya beban perawatan yang harus dilakukan oleh kita sebagai pemilik investasi properti kepada bangunan agar bisa terjual dalam kondisi baik 100%, walaupun memiliki biaya tambahan akan tetapi nilai hasil jual yang didapatkan sangatlah besar. Kekurangan investasi properti yang kedua adalah hancur karena terjadi bencana alam seperti gempa, longsor, tsunami, angin puting beliung, dan lainnya.

3. Investasi Deposito

Jenis investasi yang satu ini juga cocok banget untuk generasi milenial khususnya para wanita dan pria yang gemar shopping baju, celana, sepatu, dan lainnya pada sektor tren dunia fashion selalu populer kapan aja biar bisa memikirkan finansial masa depannya. Memang apa sih pengertian investasi deposito?

Investasi deposito adalah bagian dari produk yang dimiliki bank dengan menawarkan suku bunga tinggi dan tetap dari suku bunga tabungan yang memiliki jangka waktu mulai dari 1, 3, 6, 12 bulan hingga 24 bulan serta merupakan salah satu jenis investasi untuk pemula yang ingin menekuni dunia investasi.

Jenis investasi untuk milenial ini dalam kurun waktu deposito yang telah disepakati misalkan saja 12 bulan, maka kita tidak boleh mengambil uang yang telah di deposito selama jangka waktu 12 bulan tersebut. Setelah lewat dari 12 bulan, barulah kita bisa mengambil uangnya.

Umumnya, keuntungan yang didapat dari nilai bunga deposito tidak akan terlalu besar. Karena suku bunga yang ditetapkan oleh bank mulai dari 3,00% – 3,15%. Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk generasi milenial dalam mencoba berinvestasi deposito sebagai langkah awal melatih pribadi untuk mengatur keuangan masa tua sambil ilmu awal untuk sebelum mencoba jenis investasi jangka panjang dan jangka pendek lainnya.

4. Investasi Saham

Pengertian investasi saham adalah salah satu instrumen investasi yang dilakukan untuk pemilikan atau pembelian saham-saham perusahaan oleh perusahaan, organisasi, perorangan dengan tujuan untuk memperoleh passive income diluar active income sebagai karyawan dan usaha pokoknya.

Disisi lain, saham juga merupakan salah satu instrumen pasar modal yang diperbandingkan di lantai bursa efek yang digunakan bagi perusahaan untuk kelangsungan hidup perusahaan dalam membutuhkan dana dari organisasi, dan masyarakat umum seperti generasi milenial.

Jenis investasi untuk milenial ini sama saja dengan membeli saham suatu perusahaan dimana kita mempunyai sebagian hak kepemilikan atas perusahaan tersebut, semakin banyak kita membeli saham perusahaan tersebut maka semakin besar juga hak dan bagian kepemilikan atas perusahaan tersebut yang akan kita dapatkan.

Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika sekarang juga memulai jenis investasi untuk milenial ini yang diantaranya, yaitu:

  • Memperoleh dividen atau mendapatkan sebagian keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham.
  • Memperoleh capital gain yaitu keuntungan yang didapatkan oleh pemegang saham dari hasil jual beli saham, berupa selisih nilai jual yang lebih tinggi dari nilai beli yang lebih rendah.
  • Memiliki hak prioritas untuk membeli bukti right pada penawaran umum terbatas yang dikeluarkan pertamakali kepada pemegang saham.
  • Waktu kepemilikan saham yang tidak terbatas dan berakhir pada saat investor menjual kembali saham tersebut di bursa efek.
  • Memiliki hak suara dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

Jadi, milenial mau tidak nih punya passive income dengan memulai investasi saham pada berbagai perusahaan bonafit di Indonesia? Ayolah #MudaBerinvestasi untuk masa depan yang matang, bahagia dan terjamin.

5. Investasi Fintech Peer to Peer Lending

Investasi fintech peer to peer lending adalah jenis investasi untuk milenial dan merupakan jenis investasi yang mempertemukan kreditur dan debitur untuk peminjaman uang modal yang akan dikembalikan dalam jangka waktu yang ditentukan beserta bunga dari keuntungan usaha tersebut.

Bagi generasi milenial yang mau memulai jenis investasi ini pasti membutuhkan perantara, pastikan Kamu memilih situs atau lembanga fintech peer to peer lending terpercaya dan terdaftar serta berizin di OJK (Otorisas Jasa Keuangan). Jika kamu ingin mengetahui penyelenggara apa saja yang terdaftar pada OJK, silakan cek update terbaru per 30 Oktober 2019 pada URL dibawah ini:

6. Investasi Kesehatan

Sebenarnya sih ini bisa dikatakan sebagai investasi bisa juga tidak, karena sektor nya masuk ke investasi asuransi kesehatan yang merupakan sebuah investasi jangka panjang untuk kelangsungan hidup yang terjamin.

Jenis investasi untuk milenial kelima ini berbeda jauh dengan investasi properti, emas dan deposito. Untuk menerapkan investasi kesehatan tidak melulu harus bermitra dengan pihak perusahaan asuransi hidup, tapi kita harus menjaga kesehatan dari ujung rambut hingga ujung kaki dengan cara rutin berolahraga, menerapkan pola gaya hidup sehat, dan rutin melalukan medical check up di rumah sakit agar mengetahui seperti apa kondisi kesehatan seluruh tubuh kita.

Nah, bagaimana dengan semua daftar jenis-jenis investasi untuk milenial diatas? Kamu pilih untuk memulai investasi pada sektor mana nih? Segera pikirkan deh, ya.

7. Investasi Reksadana

Pengertian investasi reksadana adalah salah satu alternatif investasi yang cocok untuk milenial dan masyarakat umum dengan modal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu serta keahlian dalam menghitung risiko atas nilai investasi mereka.

Jenis investasi untuk milenial yang pertama ini keberadaan nya sudah banyak diketahui oleh para pebisnis online dan bisa dilakukan melalui marketplace dan perusahaan fintech yang bisa menjadi wadah untuk milenial dan masyarakat untuk berinvestasi di sektor pasar keuangan yang bisa dimulai dengan modal minim dan dialokasikan ke banyak perusahaan.

Oleh karena itu, investasi reksadana ini tidak akan membuat nilai investasi kita turun karena udah ditempatkan di beberapa perusahaan lainnya oleh pihak marketplace dan perusahaan fintech tempat kita berinvestasi.

Oh iya hampir lupa, berbicara soal investasi reksadana ternyata ada penyelanggara investasi reksadana untuk milenial secara online dengan mudah, terpercaya dan terbaru di Indonesia lho. Kok bisa? Karena sudah terdaftar dan berizin di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan nama penyelanggara atau lembaganya yaitu Ajaib.co.id. Cek izin OJK nya pada URL dibawah ini:

Mungkin kalian akan bertanya-tanya apa itu Ajaib, apakah ada biaya jika berinvestasi di Ajaib, apakah aman berinvestasi di Ajaib, bagaimana cara memulai berinvestasi di Ajaib Mari kita ulas..

Sekilas tentang Ajaib Investasi

ajaib, jenis investasi untuk milenial terbaru dan terpercaya di indonesia
Ajaib, jenis investasi untuk milenial terbaru dan terpercaya di indonesia

Ajaib adalah aplikasi investasi berbasis android dan ios yang memudahkan kita untuk berinvestasi di reksadana secara online yang merupakan startup finansial dari Asia Tenggara yang menjadi bagian dari Y Combinator dan dibawah naungan PT Takjub Teknologi Indonesia yang berkantor di Soho Capital, Podomoro City Lantai 33 Unit 05A, Jl. Letjen S. Parman, KAV, 28, Grogol, Petamburan Jakarta Barat, DKI Jakarta 11470.

Ajaib memberikan rekomendasi produk investasi reksadana terbaik dan berbagai ilmu dari para ahli terkait investasi, sehingga semua orang tak terkecuali kaum milenial memiliki akses terhadap produk investasi yang aman di Indonesia.

Apakah Ada Biaya Jika Berinvestasi di Ajaib?

Ajaib tidak membebankan biaya akun, biaya pembelian dan biaya penjualan kepada Kamu. Kamu hanya akan dikenakan biaya transfer uang antar bank sebesar Rp 5.000 atau sesuai dengan ketentuan masing-masing bank jika rekening bank Kamu berbeda dengan bank kustodian.

Bank kustodian adakah bank yang membantu mengurus administrasi, mengawasi, dan menjaga aset reksadana “safe keeping” seperti BCA, Cimb Niaga, Danamon, Bank Indonesia, Mandiri, Mega, BNI, Panin, BRI, dan But Deutsche Bank Ag.

Apakah Aman Berinvestasi Reksadana di Ajaib?

Ajaib merupakan salah satu jenis investasi untuk milenial berupa reksadana melalui aplikasi investasi terpercaya yang aman dan terdaftar serta diawasi oleh OJK dan KOMINFO.

Terlebih lagi, semua dana investasi akan dikelola langsung oleh pihak Manager Investasi yang telah ditunjuk. Kamu tidak usah khawatir untuk berinvestasi di Ajaib. Bukan hanya itu saja, kamu juga akan mendapatkan email kepemilikan reksa dana dari bank kustodian, sehingga kamu bisa mengetahui status investasi dengan mudah, akurat dan terpercaya.

Bagaimana Cara Memulai Investasi Reksadana di Ajaib?

ajaib, jenis investasi untuk milenial dan cara memulai investasi reksadana di ajaib
cara memulai investasi reksadana di ajaib

Mengutip panduan memulai berinvestasi yang Saya dapatkan dari situs Ajaib.co.id, cara memulai investasi di Ajaib yaitu sebagai berikut:

  1. Download Aplikasi Ajaib melalui Ponsel kamu di Playstore dan App Store.
  2. Daftar dan Lengkapi data diri pada aplikasi Ajaib, data ini akan digunakan untuk verifikasi wajib dari OJK demi keamanan dan kenyamanan Kamu. Proses verifikasi ini umumnya memakan waktu 3 jam (apabila data kamu lengkap dan tidak terkendala).
  3. Selagi menunggu proses verifikasi data berlangsung, Kamu sudah bisa mempelajari produk-produk reksa dana yang tersedia di Aplikasi Ajaib sebelum melakukan Transaksi.
  4. Setelah data terverifikasi, silakan kamu Cari produk reksa dana yang diminati dan langsung memulai transaksi investasinya.

Ajaib percaya semua orang termasuk generasi milenial berhak mendapat akses ke investasi yang aman dan terpercaya, terlepas dari tingkat pendapatannya. Ingatlah, investasi penting untuk masa depan kita. Baik itu untuk meringankan dampak inflasi, meningkatkan jumlah harta, persiapan pensiun, maupun untuk menunjang kehidupan keluarga kita di masa depan.

Kendati demikian, hanya sekitar 0,4% penduduk Indonesia yang saat ini berinvestasi. Penyebabnya beragam, terutama karena tidak punya waktu untuk belajar dan mengikuti perubahan pasar, dan tidak tahu harus meminta saran kepada siapa. Bukan hanya itu saja, kebanyakan solusi investasi jangka panjang dan jangka pendek yang ada belum terjangkau secara luas oleh masyarakat umum dan para milenial.

Ajaib hadir untuk mengatasi permasalahan investasi yang ada karena ajaib ialah salah satu jenis investasi untuk milenial yang terpercaya, berkredibilitas tinggi, aman, terdaftar dan diawasi oleh OJEK dan KOMINFO.

Misi Ajaib adalah untuk membuka pintu akses terhadap peluang dan jenis-jenis investasi untuk milenial dan masyarakat yang aman dan terpercaya di Indonesia maupun Asia Tenggara.

Jadi, kapan menggerakan #MudaBerinvestasi untuk masa depan yang bahagia dan terjamin? Kalau bukan sekarang kapan lagi? Kalau bukan kita lalu siapa lagi? Ingatlah, umur kita tidak ada yang tahu. Bahagia dan Sukses adalah kita menjalani dan memperolehnya, bukan orang lain.

Kiranya, itulah ulasan kita kali ini mengenai Pengertian Investasi, Jenis-jenis Investasi untuk Milenial yang Terbaik, Populer, Aman, Terpercaya dan Menguntungkan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Bacalagers Media

Media Online Masa Kini Seputar Gaya Hidup Terkini, Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Tips Kesehatan, Android Terbaru, Panduan Belajar SEO, Tips menjadi Blogger Sukses, Info Investasi Properti di Indonesia.

3 comments

  • Iya penting banget nih buat para millennials untuk tahu jenis-jenis investasi..

    Mumpung masih muda dan masih bisa setting mau rencanakan keuangan yang kayak apa..

    Thanks for sharing Mas…

  • Semuanya menarik nih. Bener banget, mesti dimulai dari sekarang nih belajar investasi. Untuk pilihan, saya akan baca baca ulang tulisan ini…

    Terimakasih untuk saran kerennya.

  • Dulu dan sekarang memang beda bangets…

    Di jaman millenial kini sudah gampang melakukan investasi cukup dengan menginstall aplikasi Ajaib saja..

    Melakukan pendaftaran pun bisa dilakukan sambil tiduran di kamar. Biaya investasi nya pun sangat terjangkau, yaitu mulai dari 10rb Rupiah. Benar-benar gebrakan ter-eksaitit di dunia perinvestasian.

beautynesia blog bacalagers mediabeautynesia
  • Halodoc Konsultasi Dokter

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.