Apa itu Tabungan Berjangka? Ini Pengertian & Kelebihannya!

apa itu tabungan berjangka
apa itu tabungan berjangka

Setiap orang pasti memiliki berbagai keperluan yang harus tercapai dalam jangka waktu tertentu, oleh karena itu kami publish artikel tentang arti tabungan berjangka beserta keuntungan dan produk simpanan berjangka terbaik di Indonesia.

Hal ini tentunya bisa segera dicapai dengan cara menabung, sehingga mengatur uang jadi lebih mudah.

Salah satu jenis tabungan yang bisa dimanfaatkan adalah tabungan berjangka yang memiliki banyak manfaat dan keuntungan.

Baca juga: Manfaat Menabung di Bank Konvensional

Namun pastikan terlebih dahulu untuk mengerti apa arti tabungan berjangka dan informasi lengkapnya agar proses menabung jadi lebih mudah dan terpercaya.

Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai pengertian tabungan berjangka, alasan memilih dan kapan waktu yang tepat untuk menabung, maka ada baiknya untuk menyimak ulasan di bawah ini.

Pengertian Tabungan Berjangka

pengertian tabungan berjangka

Tabungan berjangka adalah sebuah jenis produk tabungan simpanan yang terikat untuk nasabah yang menyetorkan sejumlah dana dalam jangka waktu tertentu yang sudah disepakati sejak awal dengan jumlah tetap.

Hal ini bisa disesuaikan berdasarkan keinginan peserta, yaitu mulai dari enam bulan hingga mencapai 20 tahun.

Nantinya tabungan akan ditarik secara langsung dan otomatis dari rekening terdaftar tiap bulannya.

Tabungan satu ini sangat cocok untuk pengumpulan dana dalam jangka pendek, yaitu dalam waktu dua hingga tiga tahun.

Tentunya pemilihan waktu yang cenderung singkat ini akan menghindarkan dari risiko dan juga lebih terjamin.

Keuntungan yang didapatkan pun cukup menjanjikan, sehingga bisa digunakan untuk keperluan dana pendidikan dana anak atau biaya lainnya.

Alasan Memilih Tabungan Berjangka

alasan memilih tabungan berjangka

Setelah mengetahui apa itu arti dan apa yang dimaksud dengan tabungan berjangka, maka ada baiknya juga mengerti beberapa alasan yang tepat untuk memilih jenis tabungan satu ini.

Berikut beberapa alasan yang perlu disimak, antara lain:

1. Suku Bunga Tinggi

Hal pertama yang menjadi salah satu alasan pemilihan tabungan berjangka untuk masa depan adalah karena suku bunga yang cukup tinggi.

Berbeda dengan jenis tabungan lainnya, tabungan berjangka ini menerapkan angka suku bunga yang tinggi dan menghasilkan keuntungan semakin meningkat.

Dengan begitu, maka semakin banyak menabung akan menghasilkan keuntungan yang makin besar pula.

Keuntungan yang dihasilkan pun bisa mencapai empat hingga lima persen tiap tahunnya lho. Hal ini bisa dibilang lebih tinggi daripada tabungan konvensional pada umumnya.

2. Uang Tabungan Aman

Selain memiliki suku bunga yang tinggi, tentunya dana atau uang yang ditabung dalam tabungan berjangka ini sudah terjamin keamanannya.

Hal ini dikarenakan setiap bank yang memiliki program tabungan satu ini merupakan peserta LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Apabila terjadi permasalahan seperti adanya likuidasi atau hal lainnya, maka LPS bisa menjamin dana tabungan akan kembali.

3. Dana Setoran Rendah

Dalam mengikuti program tabungan berjangka, maka peserta tidak perlu takut dengan setoran pertama yang menyulitkan.

Pasalnya dana setoran yang ditawarkan cukup rendah dan cenderung lebih rendah dibandingkan dengan deposito atau program tabungan lainnya.

Setoran awal yang dianjurkan yaitu sekitar Rp 100.000 hingga Rp 500.000 saja lho.

4. Mendapatkan Asuransi

Tidak hanya mengerti apa arti tabungan berjangka itu sendiri, namun peserta yang ingin menabung juga harus mengetahui apa saja fasilitas yang diberikan.

Salah satunya adalah layanan asuransi yang diberikan, mulai dari asuransi jiwa hingga jaminan penerusan setoran tabungan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Tentunya sangat aman dan menjanjikan bukan?

Baca juga:

5. Solusi Menabung Paling Tepat

Memiliki permasalahan berupa sulit untuk menabung atau menyimpan uang? maka tabungan berjangka ini bisa menjadi solusi yang paling tepat.

Tabungan satu ini menyediakan layanan transaksi auto debit yang memungkinkan uang bisa ditarik ke rekening tabungan secara otomatis.

Sehingga hal ini akan memudahkan setiap orang dalam menyisihkan uang secara tepat. Proses penarikan uang juga bisa disesuaikan sesuai keinginan.

Daftar Produk Tabungan Berjangka Terbaik di Indonesia

produk tabungan berjangka terbaik

Simpanlah uang Anda dalam jangka panjang menggunakan produk tabungan berjangka terbaik 2020 di Indonesia. Perbanyak dana tabungan milik Anda, kemudian ajukan.

Berikut ini adalah daftar bank dengan produk simpanan berjangka terbaik 2021 di Indonesia update terbaru saat ini:

  1. Tabungan Pendidikan CIMB Niaga
  2. BTPN Taseto Mapan
  3. Taka Bunga Pasti OCBC NISP
  4. Taka Bunga OCBC NISP
  5. BNI Tapenas
  6. BJB Tandamata Berjangka
  7. Tahapan Berjangka BCA
  8. Tabungan Pendidikan Bank Danamon
  9. Mega Rencana
  10. PaninBank Tabungan Rencana
  11. Mandiri Tabungan Rencana
  12. BritAma Rencana BRI

Setiap jumlah dana yang disimpan pada rekening Tabungan Berjangka akan dilindungi oleh pihak bank yang bersangkutan bersama dengan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sehingga dana di dalam Simpanan Berjangka termasuk ke dalam salah satu produk keuangan yang bebas risiko.

Baca juga: Pilihan Tabungan Rekening Mandiri Syariah

Demikian ulasan mengenai apa itu tabungan berjangka dan juga informasi lainnya.

Tentunya hal ini bisa menjadi solusi tepat bagi seseorang yang ingin menabung dan tidak merasa terbebani.

Namun pastikan terlebih dahulu untuk mengetahui informasi dan sistem yang diberlakukan dalam tabungan berjangka secara jelas. Sehingga proses menabung jadi lebih mudah dan terpercaya.

Media Online Masa Kini Seputar Gaya Hidup Terkini, Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Tips Kesehatan, Android Terbaru, Panduan Belajar SEO, Tips menjadi Blogger Sukses, Info Investasi Properti di Indonesia.