6 Keuntungan & Kekurangan Tabungan Rencana Mandiri Bagi Pekerja

  • Bagikan

Salah satu produk dari Bank Mandiri adalah tabungan berjangka Mandiri. Ada beberapa kekurangan dan keuntungan tabungan rencana Mandiri yang bisa didapatkan.

Syarat pendaftarannya juga tidak terlalu rumit. Jika ingin membuatnya, kamu hanya tinggal mendatangi kantor pusat maupun cabang.

Baca juga: Cara Membuat Tabungan Haji Mandiri Syariah

Lalu, apa itu tabungan rencana Mandiri? Apa yang dimaksud dengan tabungan rencana Mandiri? Apa saja sih kelemahan dan kelebihannya yang akan didapatkan?

Produk Tabungan Rencana Mandiri (MTR) adalah solusi tepat untuk karyawan yang sulit menabung dengan setoran bulanan dengan jangka waktu fleksibel sesuai kebutuhan nasabah dan ingin memakai fasilitas autodebet.

Sehingga nasabah dapat membantu nasabah dalam mempersiapkan dana cadangan dan mewujudkan rencana impian masa depannya yang lebih cerah.

Dibalik itu, terdapat juga beberapa kekurangan tabungan rencana Mandiri yang pasti akan dirasakan seperti tidak bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang terbaik.

Tetapi, membuat tabungan jenis ini lebih menguntungkan dibanding beberapa manfaat menabung di bank konvensional dan mempunyai jatuh tempo yang fleksibel.

Kekurangan Tabungan Berjangka Mandiri

tabungan rencana mandiri

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dibalik kelebihan tabungan rencana Mandiri, pasti ada kelemahannya yaitu tidak cocok untuk jadikan investasi jangka panjang.

Hal tersebut disebabkan karena memiliki bunga yang selalu di bawah inflasi, alhasil cenderung lebih cocok untuk jangka pendek, seperti umroh, persiapan pernikahan, traveling, tabungan untuk membeli laptop, membeli kendaraan secara cash dan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa kekurangan tabungan rencana Mandiri yang pasti akan Kamu temui ketika ingin membuatnya, yaitu:

1. Tidak Cukup Untuk Tabungan Biaya Kuliah Sambil Bekerja

Tidak sediri orang tua di Indonesia yang bekerja, khususnya di Jakarta yang membuka tabungan berjangka dengan tujuan sebagai tabungan biaya selama pendidkan.

Baca juga: Perbedaan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan

Dari hasil riset yang kami lakukan selama dua tahun ke belakang, tingkat kenaikan biaya sekolah mencapai 15%-20% per tahun.

Hal tersebut jelas tidak mencukupi bukan, kok bisa? Karena bunga tabungan berjangka ini pada umumnya tidak lebih dari 6% setiap tahunnya serta belum termasuk potongan pajak.

2. Tidak Bisa Mengubah Instrumen yang Ada

Fleksibilitas pada investasi menjadi sebuah hal yang penting, di mana keadaan selalu berubah-ubah. Inilah salah satu kekurangan tabungan rencana Mandiri yang akan ditemui.

Tetapi ketika Kamu ingin memulai berinvestasi, Kamu harus bisa menyelesaikannya dan stop dari tabungan jenis ini, lalu migrasi ke instrumen lain yang lebih baik untuk jangka panjang.

Seperti pada poin pertama tadi, bila ingin menabung untuk dana pendidikan jangka panjang, maka kamu harus mengambil instrumen yang lebih berisiko dengan return lebih tinggi.

3. Tidak Bisa Terlalu Berharap Terhadap Asuransi Jiwa

Jika Kamu sudah memiliki produk asuransi AXA Mandiri, jangan sekali-kali mengandalkan dana tersebut untuk memproteksi keluarga jangka panjang.

Hal tersebut adalah kesalahan, karena asuransi jiwa yang diberikan oleh Mandiri hanya bisa memberikan proteksi terhadap setoran tabungan rencana Mandiri, bukan untuk keperluan lainnya.

Alhasil, kamu harus memilih produk asuransi lainnya agar bisa memberikan perlindungan untuk keluarga.

4. Hanya Cocok untuk Tujuan Investasi Jangka Pendek

Sekali lagi, tabungan berjangka Bank Mandiri hanya cocok Kamu gunakan untuk investasi jangka pendek.

Alasannya karena tabungan jenis ini nilai investasinya cukup rendah dibanding instrumen investasi lainnya seperti investasi reksadana saham di Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya.

Jika tetap memaksa memilih tabungan rencana Mandiri untuk jangka panjang, justru akan menyulitkan Kamu dalam meraih tujuan masa depan indah yang telah direncanakan.

Bukan hanya itu saja, ketika Kamu membutuhkan dana darurat yang sangat penting, Kamu tidak akan bisa mencairkan uang tersebut dan akan dikenakan biaya pinalti sebesar Rp 150.000,-.

Ada satu lagi, yaitu ketika Kamu tidak membayar setoran rutin bulanan sebanyak 3 kali, maka sistem bank secara otomatis akan menutup rekening tersebut.

Oleh karena itu, tabungan berjangka Mandiri lebih pas untuk investasi jangka pendek, sehingga Kamu akan mendapatkan enam keuntungan di bawah ini.

Fitur dan Keuntungan Tabungan Rencana Bank Mandiri (MTR)

tabungan rencana mandiri

Bank Mandiri menawarkan tabungan berjangka dengan nama Mandiri Tabungan Rencana (MTR).

Ada beberapa keuntungan yang bisa Kamu dapatkan ketika membuat tabungan rencana Mandiri bagi karyawan, antara lain yaitu:

1. Menggunakan Fasilitas Autodebet

Salah satu persyaratan untuk membuka rekening tabungan ini adalah setidaknya memiliki Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro.

Baca juga: Cara Cetak Rekening Koran Mandiri

Dari tabungan utama ini nantinya nasabah bisa memanfaatkan fasilitas autodebet untuk membayar tagihan bulanan.

Artinya adalah nasabah tidak perlu repot-repot melakukan setoran secara manual karena hal seperti ini seringkali membuat beberapa orang lupa.

Nasabah bisa mengatur berapa jumlah yang ter-autodebet setiap bulannya dan tanggal berapa.

Ketika mendaftar nanti akan dibantu prosesnya oleh CS dan nasabah tinggal melakukan pengaturan sesuai dengan anjuran CS.

2. Memiliki Jangka Waktu yang Fleksibel

Keuntungan tabungan rencana Mandiri selanjutnya adalah fleksibilitas jangka waktu tabungan rencana tersebut.

Di awal akan terdapat perjanjian antara pihak bank dengan setiap nasabah. Nasabah bisa memilih rentang jangka waktu mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Apabila jangka waktu yang telah ditetapkan hendak berakhir, nasabah memiliki hak untuk memperpanjang atau mencairkan dana tabungan tersebut.

Baca juga: Cara Daftar dan Pilihan Tabungan Mandiri Syariah

Jika ingin memperpanjang, nasabah tinggal mendatangi bank dan melakukan perpanjangan seperti pada umumnya. Proses perpanjangan sebaiknya dilakukan 1 bulan sebelum jatuh tempo.

3. Mendapatkan Perlindungan Asuransi

Bank Mandiri memiliki kerjasama dengan PT AXA Mandiri Financial Services untuk memberikan perlindungan asuransi bagi setiap nasabahnya.

Baca juga: Asuransi Kesehatan untuk Orang Tua AXA Mandiri

Rentang asuransi yang diberikan bisa mencapai 5 juta atau 500 Dollar per bulan untuk setiap nasabah.

Dengan perlindungan asuransi ini tentu nasabah menjadi tenang dalam menabung di Bank Mandiri.

Jika di tengah perjalanan terjadi sesuatu pada nasabah, maka pihak asuransi yang akan meneruskan setoran rutin bulanan hingga masa berakhir.

Katakanlah nasabah tadi mengatur jangka waktunya 5 tahun, kemudian di tahun ke-3 terjadi sesuatu.

Maka 2 tahun terakhir menjadi tanggung jawab pihak asuransi untuk meneruskan setoran bulanan hingga jatuh tempo.

4. Mendapatkan Dukungan Konsultasi Gratis Dengan CS

Apabila nasabah mengalami masalah terkait fasilitas pelayanan ataupun sejenisnya, bisa menghubungi call center bank.

Dukungan konsultasi gratis ini tentu tidak boleh dilewatkan karena nasabah bisa menanyakan informasi yang dibutuhkan hingga sejelas-jelasnya.

Bisa juga dengan mendatangi bank secara langsung agar lebih cepat mendapatkan informasi.

Baca juga: Cara Cek Mutasi Rekening Mandiri

5. Bebas Dalam Mengubah Setoran Bulanan

Setoran bulanan untuk tabungan rencana Mandiri ini pada dasarnya fleksibel, yang berarti nasabah bisa mengganti sesuai kapasitasnya.

Adapun persyaratan minimal untuk setoran bulanan ini adalah Rp 100.000,- atau setara dengan $10 per bulannya.

Nasabah bisa menambah setoran bulanan dengan mudah dan praktis dengan cara menelpon call center atau mendatangi bank langsung.

Jika suatu saat ingin menurunkan setoran bulanan ke angka minimal, nasabah hanya perlu melakukan langkah yang sama seperti sebelumnya.

Penggunaan valuta setoran ini terdapat 2 macam, yaitu Rupiah dan US Dollar (USD).

Nasabah dibebaskan untuk memilih salah satunya untuk dijadikan sebagai acuan setoran bulanan.

Baca juga: Cara Mencairkan Deposito Mandiri Online

6. Memberikan Suku Bunga Cukup Tinggi

Perlu diketahui bahwa suku bunga yang didapatkan untuk tabungan rencana Mandiri ini lebih tinggi dibandingkan yang lainnya.

Artinya adalah semakin banyak setoran bulanan yang nasabah lakukan, maka semakin besar suku bunga yang akan didapatkan hingga akhir jatuh tempo.

Itulah beberapa keuntungan tabungan rencana Mandiri yang bisa nasabah dapatkan. Kemudahan dalam membuka rekening hingga fasilitas pelayanan yang diberikan ini tentu sangat cocok sebagai tabungan masa depan.

  • Bagikan