arvahub virtual office jakarta
inilah daftar skill kerja di era industri 4.0 yang paling dibutuhkan oleh perusahaan
inilah daftar skill kerja di era industri 4.0 yang paling dibutuhkan oleh perusahaan

Inilah 5 Skill Kerja di Era Industri 4.0 yang Paling Dibutuhkan

Sebelumnya kita sudah membahas tentang soft skill yang wajib dimiliki dan dikuasai oleh karyawan agar karir bisa cepat meningkat, kali ini kita bakal mengulas secuik informasi seputar dunia karir mengenai apa aja Skill Kerja di Era Industri 4.0 yang paling dibutuhkan oleh perusahaan di Indonesia dalam mencari dan merekrut para calon pegawai profesional yang kompeten di bidangnya dan kita membahas dua hal yaitu hard skill dan soft skill.

Laju perkembangan teknologi yang begitu pesat menciptakan perubahan yang sedemikian dahsyat, tidak terkecuali pada dunia kerja. Paradigma tentang keterampilan yang harus dikuasai agar mampu bersaing untuk bisa memperoleh lapangan kerja yang layak telah mengalami pergeseran. Sehingga jenis keterampilan yang harus dikuasai oleh calon pekerja pada generasi terdahulu menjadi berbeda dengan tuntutan skill kerja di era industri 4.0 oleh perusahaan bonafit di Indonesia.

Perubahan paradigma itulah yang harus dijawab oleh generasi sekarang dengan mengikuti laju perkembangan zaman yaitu dengan menguasai jenis keterampilan apa saja yang dibutuhkan pada saat sekarang. Karena hanya mereka yang dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman alias memiliki keterampilan yang memang dibutuhkan oleh dunia industri lah yang dapat menembus ketatnya persaingan dalam memperoleh lapangan pekerjaan.

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama, apakah Anda sebelumnya sudah mengetahui apa itu hard skill dan soft skill? seperti apa perbedaannya? apakah sudah mengetahui pengertian revolusi industri 4.0? Mari kita ulas satu persatu.

Hard Skill dan Soft Skill

pengertian hard skill dengan soft skill di era industri 4.0
pengertian dan perbedaan hard skill dengan soft skill

Hard Skill merupakan keahlian utama yang dibutuhkan oleh perusahaan pada sebuah pekerjaan. Pada umumnya, perusahaan mencantumkan persyaratan hard skill calon karyawan pada informasi lowongan kerja di website perusahaan ataupun di situs bursa kerja. Dengan memiliki hard skill yang sesuai permintaan perusahaan, maka Anda bisa mengerjakan tugas di kantor dengan baik yang berhubungan dengan hal teknis seperti pemrograman komputer, desain web, desain grafis, menulis, akunting, hukum, matematika, keuangan dan keahlian lainnya yang dibutuhkan untuk posisi pekerjaan tersebut.

Baca juga: 16+ Cara Membuat CV yang Dilirik HRD, Langsung Wawancara!

Sedangkan, soft skill adalah soft skill adalah atribut dan ciri kepribadian seseorang yang memengaruhi hubungan interpersonal di tempat kerja. Pada dunia kerja, ada yang tak kalah penting dari hard skill, yaitu soft skill. Bedanya, soft skill berfokus pada kemampuan untuk berinteraksi dengan orang (interpersonal skills) dan kemampuan untuk mengatur diri sendiri (intrapersonal skills).

Revolusi Industri 4.0

pengertian revolusi industri 4.0 dan skill kerja di era industri 4.0
pengertian revolusi industri 4.0 dan skill kerja di era industri 4.0

Sederhananya, revolusi industri 4.0 adalah perubahan besar terhadap cara manusia memproduksi barang atau produk pada sebuah perusahaan. Perubahan besar ini tercatat sudah terjadi tiga kali, dan saat ini kita sedang mengalami revolusi industri yang keempat namun pada ulasan artikel ini kita berfokus pada skill kerja di era industri 4.0. Setiap perubahan besar ini selalu diikuti oleh perubahan besar dalam bidang ekonomi, politik, bahkan militer dan budaya. Sudah pasti ada jutaan pekerjaan lama menghilang, dan jutaan pekerjaan baru yang muncul baik dunia offline maupun dunia digital.

Konsep Industri 4.0 pertama kali digunakan di publik dalam pameran industri Hannover Messe di kota Hannover, Jerman tahun 2011. Sebelum terjadinya perubahan besar ini, terlebih dahulu muncul ide Industri 2.0, Industri 3.0 yang awalnya dikenal dengan nama Revolusi Teknologi atau Revolusi Digital untuk dunia industri.

Empat Strategi Indonesia Masuk Revolusi Industri Keempat. Sektor manufaktur nasional harus siap menuju perubahan besar dalam menghadapi revolusi industri keempat atau Industri 4.0 seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa banyak pekerjaan lama hilang dan pekerjaan baru muncul sehingga perusahaan membutuhkan para pegawai profesional dan kompeten di bidangnya, kira-kira seperti itu uraian singkatnya. Kita langsung aja deh masuk ke pembahasan utama yaitu skill kerja di era industri 4.0.

Skill Kerja di Era Industri 4.0 yang Paling Dibutuhkan Perusahaan

inilah daftar skill kerja di era industri 4.0 yang paling dibutuhkan oleh perusahaan
inilah daftar skill kerja di era industri 4.0 yang paling dibutuhkan

Inilah 5 skill kerja di era industri 4.0 yang paling dibutuhkan dan wajib dikuasai agar bisa bersaing di dunia kerja:

1. Kemampuan Berbahasa Asing

Kemampuan berbahasa asing sebenarnya sudah dibutuhkan sejak dahulu. Namun dalam beberapa tahun terakhir tingkat kebutuhan tersebut semakin meningkat dan masih akan terus meningkat karena globalisasi semakin meniadakan jarakn sehingga dibutuhkan translater sebagai penghubung dalam berkomunikasi.

Itu sebabnya mereka yang menguasai bahasa asing akan lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan yang layak dan mereka yang sudah bekerja akan lebih mudah dalam menduduki jabatan penting dalam sebuah perusahaan. Karena itulah disarankan untuk tidak hanya menguasai bahasa Inggris tapi juga bahasa asing yang lain.

2. Keterampilan Menulis

Keterampilan dalam menyampaikan gagasan dengan menggunakan bahasa tulis merupakan salah satu skill kerja di era industri 4.0 yang sangat dibutuhkan, karena dihampir semua bidang pekerjaan saat ini butuh keterampilan menulis untuk membuat jurnal, menulis laporan, mencatat administrasi, menyampaikan sesuatu di hadapan publik serta yang lain dengan nama lain nya yaitu literasi digital.

Itu sebabnya dalam perekrutan tenaga kerja, banyak perusahaan yang tidak hanya melakukan tes wawancara kepada calon karyawan, tapi juga meminta mereka untuk membuat lampiran kerja yang menarik. Kemampuan menulis juga kerap dijadikan tolok ukur dalam menilai kesabaran dan semangat kerja calon karyawan, karena untuk dapat memiliki kemampuan menulis tidak bisa diperoleh secara instan, melainkan harus sering berlatih.

3. Complex Problem Solving

Maksud dari complex problem solving secara sederhana dapat diartikan: kemampuan dalam menyelesaikan masalah secara sitematis lewat proses identifikasi, menyeleksi informasi, menentukan opsi atau solusi serta mengevaluasi agar masalah tersebut dapat terselesaikan.

Kemampuan dalam menyelesaikan masalah secara sistematis ini merupakan skill kerja di era industri 4.0 yang sangat diperlukan, karena diera digital seperti sekarang ini persoalan di dunia usaha begitu kompleks, baik yang terjadi di tubuh perusahaan itu sendiri maupun yang terkait dengan persaingan bisnis.

Manakala sebuah persoalan tidak dituntaskan secara cepat dan tepat, maka tidak butuh waktu lama bagi sebuah usaha untuk gulung tikar karena ketatnya kompetisi di dunia bisnis. Itu sebabnya kemampuan complex problem solving sangat diperlukan.

4. Bekerja dalam Tim (Teamwork)

Kemampuan bekerja dalam tim merupakan tuntutan skill kerja di era industri 4.0, karena hampir semua bidang usaha saat ini digerakkan secara bersama-sama oleh sebuah tim yang bekerja dengan sistem terorganisir dan saling mendukung antara satu dengan yang lain. Manakala ada satu sektor saja yang bekerja tidak maksimal, maka kinerja tim secara keseluruhan akan berantakan.

Karena itulah otak yang brillian, potensi yang bagus dan kompetensi yang mumpuni saja masih belum cukup bagi seseorang untuk dapat diterima di dunia kerja jika tidak didukung dengan kemampuan dalam bekerja sama dengan orang lain.

Sehingga sudah saatnya bagi mereka yang memiliki sikap egois untuk belajar mengendalikan dan merendahkan egonya dengan tidak memandang remeh orang lain serta menghargai hasil kerja mereka.

5. Penguasaan Teknologi Digital

Karena saat ini kita hidup pada zaman digital maka sudah barang tentu penguasaan terhadap teknologi digital menjadi tuntutan yang tidak dapat dielakkan. Semakin kompleks kemampuan kita dalam mengoperasikan komputer, maka akan semakin mudah pula untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Itu sebabnya, asah terus kemampuan Anda dalam mengoperasikan komputer dan bekerja dengan berbagai jenis aplikasi.

Itulah 5 skill kerja di era industri 4.0 yang paling dibutuhkan dan wajib dikuasai agar bisa bersaing di dunia kerja di era saat ini hingga kedepannya yang bisa Bacalagers Media informasikan untuk Anda. Semangat dan good luck, ya!

Avatar

Bacalagers Media

Media Online Masa Kini Seputar Gaya Hidup Terkini, Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Tips Kesehatan, Android Terbaru, Panduan Belajar SEO, Tips menjadi Blogger Sukses, Info Investasi Properti di Indonesia.

Yuk diskusi

beautynesia blog bacalagers mediabeautynesia