Ikuti Panduan Melamar Pekerjaan Sebagai Guru Berikut ini

  • Bagikan

Melamar pekerjaan sebagai guru tidak ada bedanya dengan profesi lainnya. Perlu melampirkan data diri dan juga surat lamaran sesuai dengan posisi yang diminati.

Tiap persyaratan perlu diperiksa, apakah Anda memenuhi kualifikasinya atau tidak. Baru setelahnya, Anda menyusun semua dokumen yang bisa menjadi referensi untuk bisa melamar pekerjaan tersebut.

Persiapkan Hal-Hal Berikut Untuk Melamar Pekerjaan Sebagai Guru

panduan melamar pekerjaan sebagai guru

Guru atau pengajar adalah profesi yang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Diperlukan seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan posisi yang ditawarkan.

Selain keterampilan dan persyaratan, mempersiapkan surat lamaran adalah hal pertama yang harus dilakukan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin melamar pekerjaan sebagai guru.

1. KTP dan KK

Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga memberikan informasi mengenai tentang diri pelamar. Ini perlu di fotocopy dan dilampirkan pada berkas lamaran.

Kadang yang diperlukan hanya KTP saja. Beberapa institusi juga bisa menanyakan tentang kartu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Jadi kalau Anda memilikinya, siapkan juga dalam bentuk foto copy.

2. Fotokopi Ijazah

Melamar pekerjaan sebagai guru berkaitan dengan gelar sarjana atau data pendidikan terakhir yang Anda miliki.

Pada umumnya, sekolah atau kursus akan lebih memilih guru dengan pendidikan sesuai dengan posisi yang dilamar.

Misalnya guru SD diutamakan yang lulusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar). Guru Bahasa Inggris juga lebih disukai lulusan dari jurusan yang Bahasa Inggris.

Kalau sudah lulus, Anda bisa fotokopi ijazah dan melakukan legalisir. Membuat kopian dalam bentuk berwarna akan lebih mudah dibaca dan nyaman dilihat. Pertimbangkan kualitas dokumen untuk memastikan, lamaran kerja Anda dilihat dan dipertimbangkan.

3. Pas Foto Terbaru

Anda perlu melampirkan pas foto dengan latar merah untuk melamar pekerjaan. Usahakan untuk mengirimkan foto yang tampak formal dan profesional. Siapkan banyak foto untuk mengirimkan banyak berkas lamaran ke beberapa lowongan sekaligus.

Ukuran foto yang umum untuk disertakan adalah 4×6 atau 3×4 sebanyak 2 lembar. Sebagai persiapan, cetak pas foto dalam jumlah yang banyak agar lebih mudah kalau ingin mengirimkan lamaran.

Tentu, kalau mengirim lamaran secara online, Anda tidak perlu mengirim pas foto, buat versi foto digital yang profesional.

4. Akta Mengajar

Pekerjaan sebagai guru memerlukan tambahan berkas yang berbeda dengan profesi lainnya. Pengajar membutuhkan akta mengajar selain dari lampiran ijazah, CV dan surat lamaran.

Akta mengajar biasanya diberikan oleh sebagai sertifikasi setelah menyelesaikan program praktek. Beberapa sekolah, institusi atau kursus bisa tidak meminta ijazah ini.

Tapi, kalau Anda memilikinya, sebaiknya dilampirkan bersamaan dengan lamaran yang dikirimkan.

5. Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja adalah hal pertama yang dibaca oleh pihak sekolah yang membuka lowongan guru.

Pastikan Anda membuat surat lamaran dengan bentuk dan format yang profesional. Kini ada banyak contoh surat lamaran kerja yang bisa Anda lihat dengan memakai akses internet.

Kalau ingin tampilan profesional, kini bahkan banyak jasa yang menawarkan pembuatan surat lamaran kerja yang bisa dibayar. Dengan memakai jasa profesional, Anda bisa mendapatkan tampilan yang pas sesuai dengan profesi yang diharapkan.

6. Daftar Riwayat Hidup

Lamaran sebagai guru sangat memerlukan daftar riwayat hidup yang relevan dan juga mumpuni.

Menuliskan pengalaman kerja yang minim akan dianggap baru lulus. Terlalu banyak pengalaman kerja juga bisa diartikan Anda tidak betah bekerja pada satu tempat.

Buatlah daftar riwayat hidup yang sesuai untuk calon guru untuk menarik pihak perusahaan, sekolah atau institusi untuk memanggil Anda untuk wawancara.

Buat riwayat hidup dengan baik dengan menyertakan nomor referensi yang bisa dipercaya. Hal ini akan menambah kredibilitas Anda sebagai calon guru.

7. Mengirim Surat Lamaran

Anda sudah menyiapkan semua berkas dan persyaratan yang mungkin diminta untuk memenuhi lowongan kerja sebagai guru. Langkah selanjutnya adalah mengirimkan lamaran.

Lowongan kerja sebagai guru sebaiknya dikirimkan pada sekolah-sekolah terdekat dengan rumah Anda terlebih dahulu. Menerima guru yang rumahnya dekat dengan sekolah selalu menjadi prioritas untuk sekolah pada umumnya.

Jadi, kirimkan lamaran untuk profesi guru baik saat ada lowongan atau tidak. Dengan demikian, sekolah bisa langsung menghubungi Anda ketika ada posisi yang sesuai dengan kualifikasi Anda.

Jangan menunggu ada lowongan baru mengirim lamaran, targetkan untuk mengirim lamaran sebanyak-banyaknya pada beberapa tempat untuk meningkatkan peluang dipanggil untuk wawancara dalam waktu dekat.

Demikianlah panduan melamar pekerjaan sebagai guru yang bisa Anda ikuti kalau berminat dengan posisi tersebut. Gunakan tips membuat resume guru di atas untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Siapkan surat lamaran dan persyaratan lainnya untuk bisa melamar pekerjaan sesuai profesi guru yang Anda inginkan.

  • Bagikan