tutorial, panduan, dan cara membuat cv yang menarik, bagus, keren, baik dan benar untuk pemula yang dilirik hrd
cara membuat cv menarik untuk pemula

16+ Cara Membuat CV yang Dilirik HRD, Langsung Wawancara!

Untuk melamar pekerjaan, salah satu syarat yang harus Anda lampirkan adalah CV atau curriculum vitae. Oleh sebab itu, Anda harus tahu bagaimana cara membuat CV yang menarik, benar dan baik untuk pemula sehingga bisa dilirik HRD dan langsung wawancara. Dengan melihat CV saja, perusahaan akan bisa mengetahui apakah Anda layak untuk mengikuti interview wawancara kerja dan diterima atau tidak.

CV (Curriculum Vitae) adalah aspek penting tahap pertama yang bisa membuat surat lamaran pekerjaan terlihat menjual di mata semua HRD perusahaan. Karena selain menampilkan informasi data pribadi si pelamar kerja, CV juga menampilkan kelebihan Anda pada sisi softskill dibanding para pelamar yang lain. Di dalam artikel ini pun akan diulas lengkap seperti apa, bagaimana format, cara membuat CV bahasa inggris, dan contoh CV bahasa inggris yang benar dan menarik.

Sesuai dengan pengalaman Saya pribadi sewaktu masih bekerja di beberapa perusahaan di Jakarta, Saya begitu dekat dengan HDR dan Manager perusahaan terkait cara membuat cv yang menarik dan menjual ala Saya, mantan HRD dan Manager Saya pernah nyeletuk gini “Man, kok Kamu bisa sih membuat CV yang kreatif dan menjual? Sampai pas kamu melamar kerja di perusahaan ini hanya CV kamu yang berhasil bikin kami berdua terbius dengan hard skill dan soft skill kamu?”

Spontan saja Saya pun yang sedang santai di kantor karena kerjaan sudah selesai pun membuat Saya kaget dan Saya pun menjawab:

“Pak, perasaan CV/Resume dan surat lamaran kerja saya biasa-biasa aja, enggak ada yang spesial deh. Tapi, ya syukur alhamdulillah Saya bisa diterima di perusahaan ini pada divisi bidang yang saya inginkan. Kalau masalah tampilan CV sih, Saya membuat CV dan Lamaran kerja tersebut menggunakan Photoshop, pak. Karena Saya suka ngedesign, jadi ya Saya tuangkan saja bagaimana cara membuat cv yang kreatif, anti mainstream, menarik dan menjual supaya langsung dapet panggilan interview kerja. Disisi lain, untuk soft skill nya sendiri ya Saya pribadi selalu mengutamakan teknik public speaking, percaya diri dan attitude serta pengalaman berkomunikasi dengan baik dalam kehidupan sehari-hari aja.” Mantan HRD dan Manager Saya pun terdiam sambil tersenyum dan memberi jabat tangan selamat.

seperti apa tips, trik dan cara membuat cv yang menarik untuk pemula ala iman ridhwan syah
cara membuat cv yang menarik untuk pemula (pngtree.com)

Memang seperti apa sih contoh cv menarik dan kreatif ala Iman Ridhwan Syah? ikuti saja dulu tahap demi tahap artikel cara membuat cv yang baik dan benar ini, ya.

Seperti studi dan pengalaman Saya, para recruiter atau perekrut atau HRD hanya membutuhkan waktu sekitar 5-7 detik untuk memeriksa CV. Sedangkan, jika waktu yang diperlukan untuk memeriksa CV pelamar kerja lebih dari 7 detik, itu berarti si HRD menunjukkan ketertarikan kepada si pelamar atau job seeker walau hanya dari tampilan curriculum vitae atau CV dan surat lamaran kerja miliknya.

Entah kenapa, hingga saat ini CV selalu menjadi penentu apakah seorang pelamar kerja bisa lolos ke tahap wawancara, bisa diterima atau tidaknya lamaran kerjanya tersebut. Faktanya memang demikian adanya, semua pelamar kerja pemula wajib tahu lho bagaimana cara membuat CV baik, bagus, kreatif, menarik dan menjual. Secara tidak langsung, CV adalah cerminan Anda terlihat profesional atau tidak.

Nah, kali ini Bacalagers Media ingin berbagi panduan membuat CV untuk pemula yang bisa terbit pada hari ini berkat dorongan Bang Reza Aditya selaku senior di blogger jakarta sekaligus pemilik situs belajarterbang.com. Lanjut, bila Anda adalah pemula dan belum tahu bagaimana cara membuat CV yang benar, Anda bisa melihat di bawah ini berbagai cara membuatnya. Dengan CV yang keren dan menarik, tentunya Anda siap memenangkan persaingan kerja. Tak usah lama-lama, ini dia cara membuat cv curriculum vitae yang bagus dan bisa Anda contoh!

Cara Membuat CV yang Menarik untuk Job Seeker Pemula

bagaimana cara membuat cv yang menarik, baik dan benar untuk job seeker pemula
cara membuat cv yang baik dan benar untuk pemula (pngtree.com)

Untuk Anda yang seorang fresh graduate atau pemula dalam hal lamar melamar pekerjaan, membuat CV tentunya akan membuat Anda bingung. Tenang saja, Anda bisa menerapkan cara membuat CV untuk pelamar pemula berikut ini!

1. Cantumkan Nama, Alamat, Nomor Telepon dan Alamat Email serta Posisikan Berada di Header CV atau Bagian Atas

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika menerapkan cara membuat CV adalah mencantumkan nama dan berbagai info penting lainnya di bagian header CV. Tak harus panjang dan mendetail. Anda hanya perlu mencantumkan nama, alamat, nomor telepon hingga email saja di bagian ini.

Kenapa harus di bagian atas CV? Sebab, bagian inilah yang pertama kali akan dilihat oleh pembaca. Ketika Anda menerapkan cara membuat CV bagian ini, Anda juga harus memperhatikan font yang digunakan. Idealnya, ukuran font untuk bagian ini harus lebih besar dari teks lainnya.

Urutannya pun harus benar. Anda harus menuliskan nama pada bagian paling atas untuk informasi pribadi ini. Setelah itu, barulah Anda memasukkan alamat. Di bawahnya lagi ketika Anda menerapkan cara membuat CV, Anda harus memasukkan nomor telepon dan terakhir adalah alamat email.

2. Tuliskan CV Objective atau CV Summary dan Tempatkan di Bawah Informasi Pribadi

Setelah informasi mengenai data pribadi selesai dibuat, langkah selanjutnya dalam cara membuat CV yang benar adalah dengan meletakkan CV Objective atau CV Summary di bagian bawah informasi pribadi. Umumnya, CV objective atau CV Summary ini berisi ringkasan perjalanan karir Anda. Jika tak punya, bisa diganti ringkasan pendidikan.

Anda bisa bercerita mengenai jurusan yang diambil selama menempuh pendidikan. Sebutkan juga di dalamnya berapa lama waktu pendidikan tersebut Anda tempuh. Dalam menerapkan cara membuat CV ini, Anda juga bisa menyebutkan apa saja yang dilakukan selama menjalani pendidikan tersebut. Cukup tuliskan dalam satu paragraf. Jangan terlalu panjang.

3. Cantumkan Pengalaman Kerja

Kalau Anda sudah pernah bekerja sebelumnya, tentunya bisa mencantumkan hal ini ketika menerapkan cara membuat CV. Masalahnya, Anda adalah fresh graduate. Bagaimana dengan ini? Tenang saja, Anda bisa mencantumkan pengalaman magang atau pekerjaan lain yang masih ada hubungannya dengan pendidikan yang ditempuh. Misalnya saja seperti riwayat pengalaman kerja dibawah ini:

PerusahaanJabatanTahun MasukTahun KeluarKota
PT Daihatsu Ben Agung MotorMekanik Otomotif20122013Jakarta Timur
Hotel Indonesia Kempinsky JakartaBanquet Operation Staff20132014Jakarta Pusat
PT Neosys NusadataSystem Analyst20142015Jakarta Timur
PT Kereta Commuter IndonesiaPPK (Petugas Pelayanan KRL)20172018Bekasi Utara
PT Bacalagers Media Digital GroupOwner dan Founder2016Masih BekerjaJakarta Timur

Sebagai informasi, sebaiknya Anda meletakkan pekerjaan terakhir di bagian paling awal ketika menerapkan cara membuat CV ini. Hal ini bertujuan agar HRD bisa menilai Anda secara singkat. Buat dengan detail. Jangan sampai ada yang terlewat dalam info ini.

4. Tuliskan Pendidikan yang Sudah Dijalani

Anda juga wajib menuliskan pendidikan yang sudah dijalani dalam menerapkan cara membuat CV. Data penting yang harus Anda masukkan diantaranya adalah:

  1. Nama universitas atau sekolah terakhir
  2. Lama waktu pendidikan
  3. Jurusan atau program studi yang diambil
  4. Nilai ujian nasional (UN) dan nilai indeks prestasi kumulatif (IPK).

Dengan menuliskan riwayat pendidikan terakhir pada CV itu adalah penting. Terlebih lagi jika pendidikan terakhir Anda mencapai S2, bisa jadi si perekrut tersebut bakal bingung sendiri kenapa Anda misalnya melamar pekerjaan yang bukan sesuai bidang yang tertera pada Ijazah.

5. Masukkan Daftar Kemampuan Hard skill dan Soft skill

Anda juga wajib memasukkan info mengenai kemampuan atau skill yang dimiliki di bawah pendidikan yang telah dijalani dalam cara membuat CV. Untuk memasukkan kemampuan ini, Anda harus tahu pekerjaan apa yang diinginkan dan skill apa yang kira-kira berguna di posisi ini. Misalnya saja, bila pekerjaan yang diincar adalah desain grafis.

Namun wajib diingat, skill mempunyai dua jenis yaitu, hard skill  dan soft skill. Pengertian hard skill adalah keahlian utama yang dibutuhkan dalam sebuah pekerjaan, lebih tepatnya pada ilmu pengetahuan, teknologi, dan kemampuan teknis yang berhubungan dengan bidang keterampilan ilmunya. Sedangkan, pengertian soft skill adalah kemampuan seseorang dalam mengatur dan mengolah dirinya sendiri dan keterampilan berhubungan dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Contoh hard skill yang bisa ditampilkan didalam CV dan resume lamaran kerja, yaitu seperti berikut:

Sedangkan, contoh soft skill yang bisa ditunjukkan didalam CV dan resume yaitu, seperti dibawah ini:

  • Public speaking.
  • Berpikir kritis.
  • Kemunikasi yang baik dengan lawan bicara.
  • Rasa ingin tahu yang tinggi, kreatif, dan inovatif.
  • Kemampuan beradaptasi.
  • Kerjasama dan kolaborasi.
  • Leadership atau kepemimpinan.
  • Mengakses, menganalisis, mensintesis dan mengolah informasi dengan baik.
  • dan lain sebagainya.

Kalau contoh hard skill untuk CV pekerjaan lainnya, Anda harus memasukkan info berupa mampu menguasai software Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw dan masih banyak lagi. Hindari juga memasukkan skill yang semua orang bisa semisal mampu menggunakan Ms. Word ketika menerapkan cara membuat CV yang keren dan kreatif.

6. Kalau Perlu, Masukkan Info Tambahan Berupa Minat, Prestasi, atau Pengalaman Berorganisasi

Bila Anda merasa perlu, tak ada salahnya Anda memasukkan info tambahan berupa minat, prestasi dan atau pengalaman berorganisasi di komunitas yang Anda tergabung di dalam nya dan sudah Anda miliki. Meski tak semua perekrut mempertimbangkan hal ini, tak ada salahnya Anda memasukkannya ketika menerapkan cara membuat CV yang kreatif karena ada saja yang tetap memperhatikannya.

Kalau berbicara soal pengalaman berorganisasi buat CV untuk melamar pekerjaan, Saya jadi ingat dengan quote salah satu anggota dan senior di komunitas blogger jakarta, pemilik situs kanaljogja.id sekaligus seorang HRD di perusahaan asuransi di Jakarta, nama beliau yaitu Joko Yugianto, begini quote nya:

“Sekarang, perusahaan itu lebih suka kompetensi daripada 1 lembar ijasah.”

Makna yang terkandung di dalam quote tersebut sangatlah banyak dan penting saat mau menerapkan semua jenis dan cara membuat CV yang menjual untuk melamar pekerjaan di perusahaan manapun. Namun, coba kita fokus pada kalimat “suka kompetensi”. Kalimat tersebut mempunyai makna pada sisi hard skill, soft skill termasuk juga attitude, pengalaman kerja dan pengalaman berorganisasi. Contoh pengalaman berorganisasi yang bisa Anda masukkan ke dalam CV profesional milik Anda supaya langsung lolos ke tahap wawancara kerja, yaitu seperti dibawah ini:

Nama OrganisasiJabatanTahunKota
Karang Taruna RTKetua2008-2009DKI Jakarta
OSIS SMK Angkasa 1 Halim PKKetua2011-2012DKI Jakarta
TOMC (Technical Otomotif Motor Community)Sekretaris & Swiper Block2012-2013DKI Jakarta
Komunitas Blogger JakartaKaDiv. Event & Community2018-2019Jabodetabek

Nah, kurang lebih riwayat pengalaman berorganisasi yang bisa dimasukkan ke dalam CV milik Anda untuk melamar pekerjaan dan sensus demokrasi pemilihan ketua organisasi agar terlihat menarik dan menjual supaya lolos ke tahap interview kerja dan interview pemilihan ketua organisasi yang Anda lamar serta seperti itulah salah satu aspek penting saat Anda membaca dan menerapkan berbagai cara membuat CV yang bagus, baik dan benar.

Cara Membuat CV yang Menarik di Microsoft Word

panduan dan tutorial cara membuat cv yang menarik di microsoft word
cara membuat cv yang menarik di microsoft word

1. Isi CV Header dengan Data Pribadi

Agar berbeda dari CV milik orang lain, Anda bisa menerapkan cara membuat CV header dengan mengisinya menggunakan data pribadi. Informasi pribadi yang dimaksudkan adalah nama lengkap, alamat rumah, nomor telepon, email dan lainnya. Alasan kenapa hal ini harus diletakkan di atas adalah karena inilah yang pertama kali dilirik HRD.

2. Cantumkan CV Objektif

Anda juga harus mencantumkan CV Objective ketika menerapkan cara membuat CV ini. Bagian ini berisi informasi pendidikan dan karir yang diceritakan secara singkat namun jelas mengenai pengalaman kerja terakhir atau yang berkaitan dengan posisis yang sedang dilamar saat ini.

3. Cantumkan Pengalaman Kerja

Ketika Anda menerapkan cara membuat CV di Word, Anda juga harus mencantumkan pengalaman kerja yang dimiliki. Bila Anda adalah lulusan baru, masukkan saja pengalaman magang yang sudah pernah dilakukan. Setelah itu, jelaskan secara singkat mengenai apa saja tanggung jawab Anda selama menangani pekerjaan tersebut.

4. Cantumkan Informasi Pendidikan

Anda juga wajib mencantumkan informasi pendidikan ketika menerapkan cara membuat CV di Word. Untuk perguruan tinggi, Anda bisa menempatkannya pada posisi utama. Hal yang harus Anda cantumkan di dalamnya adalah mengenai nama universitas dan sekolah, durasi pendidikan, jurusan hingga IPK dan nilai UN.

5. Langkah-langkah Membuat CV di Word

desain format contoh cv dan langkah serta cara membuat cv yang menarik di microsoft word
contoh cv dan cara membuat cv yang menarik di miscrosoft word (presapp.me)

Jika Anda sudah memahami bagaimana cara membuat CV yang benar dengan penempatan informasi yang sesuai, maka saatnya membuat CV. Untuk membuat CV di Word sebenarnya sangat mudah. Seperti ini langkah cara membuat CV yang menarik di Word:

  1. Silakan open microsoft word di pc atau laptop.
  2. Setelah itu, pilih menu File.
  3. Lanjutkan dengan memilih New dan cari template resumes and cover letter.
  4. Pilih salah satu template CV yang Anda inginkan atau sukai.
  5. Jika sudah mendapatkannya, klik Create dan template yang diinginkan akan terpilih.
  6. Kemudian, tinggal isikan saja informasi yang dibutuhkan dan sesuaikan dengan template yang ada.
contoh cv sederhana di microsoft word
contoh cv sederhana di microsoft word

Untuk cara membuat Cv di Word yang menarik, Anda harus menyesuaikan posisi jarak antar sub judul, atur sesuai dengan kebutuhan dan samakan jaraknya. Untuk ukuran font, pastikan untuk nama dan data pribadi lebih besar dari yang lainnya seperti gambar diatas yaitu contoh membuat cv menarik di word dan contoh cv sederhana di microsoft word pada gambar diatas.

Cara Membuat CV Online yang Menarik

cara membuat cv online yang menarik dengan novo resume builder
cara membuat cv online yang menarik dengan novo resume builder (novoresume.com)

Di zaman yang serba menggunakan teknologi daring ini. CV tak hanya dibuat dan dikirimkan dengan cara manual. Beberapa perusahaan malah ada yang menerapkan cara membuat CV online yang menarik dan harus mengirimkannya via email saja. Untuk cara membuat CV online, Anda bisa gunakan beberapa website berikut ini!

1. DoyoBuzz

Salah satu website yang bisa Anda gunakan sebagai cara membuat CV online adalah DoyoBuzz. Website ini dapat membantu Anda membuat resume secara mudah dan praktis dan dalam hitungan menit saja. Bagi pemula sekalipun, Anda bisa menggunakannya hanya dengan hitungan menit.

2. CV Maker

Bila Anda ingin menerapkan cara membuat CV yang cantik dan profesional, maka Anda bisa menggunakan website CV Maker saja. Website ini memiliki banyak template yang bisa Anda manfaatkan. Untuk membuat CV, Anda hanya perlu mengisi data lengkap dan nantinya CV akan didapat dalam bentuk HTML atau PDF.

3. Zety

Website lain yang bisa Anda manfaat sebagai cara membuat CV daring yang oke adalah Zety. Website ini memiliki banyak keunggulan yang bisa Anda manfaatkan seperti template yang beragam. Dengan template yang banyak, Anda bisa membuat cover letter yang menarik. Selain itu, Anda juga hanya butuh beberapa menit saja untuk buat CV dengan Zety.

4. Visual CV

Website lainnya yang bisa Anda gunakan sebagai cara membuat CV adalah Visual VC. Website ini menawarkan banyak kemudahan dan kenyamanan yang bisa Anda manfaatkan. Beberapa fitur keren yang ada di sini adalah adanya fitur import data dari Linkedin. Tak hanya itu, di dalamnya juga adalah ketersediaan desain dan template yang modern.

5. Resume Genius

Selanjutnya adalah Resume Genius. Website ini bisa digunakan sebagai cara membuat CV yang menarik dan hanya butuh waktu yang singkat. Anda bisa menemukan beberapa kategori CV di dalamnya yang disesuaikan dengan pekerjaan yang akan Anda ambil lalu isi dengan data diri Anda.

6. Novoresume Builder

Cara membuat CV online yang menarik selanjutnya yaitu menggunakan software atau aplikasi berbasis website seperti sebelumnya. Namun, premium dan free resume builder bernama Novoresume Builder memiliki interface dan fitur yang sangat user friendly sekalipun yang membuat cv online adalah seorang pemula.

Disisi lain, novorusume.com pun menyediakan banyak sekali resume templates, CV templates, cover letters yang sangat lengkap, menarik, kreatif dengan fitur builder yang mudah dipahami dan gunakan. Setelah Anda membuat cv menarik secara online di novoresume builder ini, Anda langsung bisa mendownload file cv, resume dan cover letter nya dengan format PDF.

Aplikasi Android Pembuat CV Gratis dan Menarik

job cv maker builder, aplikasi android pembuat cv gratis dan menarik di google playstore
aplikasi android pembuat cv gratis dan menarik

1. CV Builder App

Kalau Anda menggunakan ponsel sebagai cara membuat CV yang mudah, Anda bisa memanfaatkan aplikasi CV Builder App yang memiliki tampilan user friendly dan mudah digunakan. Anda bisa menggunakannya secara daring ataupun luring. Setelah selesai, nantinya format CV-nya adalah DOC atau PDF yang bisa dikirimkan ke email Anda.

2. Curriculum Vitae

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Curriculum Vitae sebagai cara membuat CV via ponsel yang mudah. Aplikasi ini punya banyak template yang bisa Anda manfaatkan dan unduh secara gratis. Penggunaannya juga mudah dan user friendly untuk pemula sekalipun. Anda bisa membuat CV hanya dalam beberapa menit saja dengan ini.

3. Job CV Maker

Selanjutnya adalah Job CV Maker. Aplikasi ini bisa Anda gunakan sebagai cara membuat CV yang kreatif karena Anda bisa memodifikasi template yang sudah disediakan. Anda juga bisa membuat CV sendiri step by step via ponsel dengan aplikasi yang satu ini. Nantinya, bila sudah selesai, Anda bisa simpan dan bagikan lewat Bluetooth, WhatsApp dan lainnya.

Lalu, bagaimana cara membuat CV yang menarik ala Iman Ridhwan Syah? Sabar, jangan cemas dan tetap tenang. Mari kita ulas, dibawah ini Saya berikan contoh desain cv menarik milik Saya yang dibuat dengan Photoshop CS5.

Contoh Desain CV Menarik di Photoshop ala Iman Ridhwan Syah

contoh desain cv menarik dan cara membuat cv kreatif yang menarik di photoshop ala iman ridhwan syah
contoh cv kreatif dan menarik dengan photoshop versi lama ala iman ridhwan syah

Sewaktu Saya masih menjadi pencaker (pencari kerja) kantoran setelah lulus SMK, beberapa kali Saya melamar kerja dengan format cv sederhana menggunakan microsoft word yang Saya gunakan untuk melamar pekerjaan di beberapa perusahaan di Jakarta. Namun, Saya pun tak kunjung mendapat panggilan interview kerja dari semua perusahaan tersebut. Alhasil, Saya nggak mau menyerah begitu saja. Saya mencari cara membuat CV yang menarik, keren, menjual dan anti mainstream menggunakan photoshop walaupun minimal akan pengalaman.

Baca juga: 20 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan saat Interview Wawancara Kerja dan Jawabannya

Seminggu kemudian, setelah Saya membuat CV menarik dan lamaran kerja menggunakan photoshop, kemudian bergegas print dua dokumen tersebut, esok harinya saya langsung mengirim CV dan surat lamaran kerja tersebut ke beberapa perusahaan sebelumnya pada pagi hari. Damn, tiga perusahaan tersebut menghubungi saya hari itu juga untuk menghadiri panggilan wawancara kerja keesokan harinya dan saya menyetujuinya. Akhirnya, saya diterima kerja di perusahaan yang Saya targetkan dan dua perusahaan lain akhirnya saya Tolak karena bidang yang saya inginkan ternyata sudah terisi oleh job seeker lain.

contoh cv kreatif dan menarik versi terbaru menggunakan photoshop ala iman ridhwan syah
contoh cv kreatif dan menarik versi terbaru menggunakan photoshop ala iman ridhwan syah

Contoh CV Photoshop Versi Terbaru yang Saya buat bisa Anda lihat pada gambar diatas walaupun format kalimat bahasa inggris dan cara membuat CV bahasa inggris Saya tersebut masih bisa dikatakan belum 100% sesuai grammar. Namun, cara membuat cv yang menarik di photoshop untuk pemula memang keliatannya tidak mudah. Tapi, kalau Anda mau mau mencoba dan berusaha, pasti Anda bisa serta dijamin membuat si recruiter tertarik bertemu Anda melalui panggilan wawancara kerja secepat mungkin. Jika Anda berminat untuk mencoba cara membuat CV kreatif di photoshop, Anda bisa mendownload mockup cover letters, free resume templates dan desain template cv photoshop dan microsoft word gratis, menarik dan terbaru layout A4, silakan klik tombol download dibawah ini:

Template CV Photoshop Gratis

Template CV Microsoft Word Gratis dan Profesional

Silakan Anda pilih, download dan gunakan untuk membius mata dan pikiran HRD untuk segera menghubungi Anda untuk mengikuti panggilan interview kerja, ya! Berikutnya, saya secuik gambaran contoh CV yang baik dan benar secara sederhana dan contoh CV bahasa inggris yang benar.

Contoh CV yang Baik dan Benar Bahasa Indonesia

contoh cv yang baik dan benar bahasa indonesia
contoh cv yang baik dan benar

Dalam membuat CV yang baik dan benar, Anda wajib menulis kalimat demi kalimat yang baku mengikuti sesuai kaidah KBBI dan PUEBI. Seperti pada gambar di atas dan di bawah ini contoh format CV nya:

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

Nama: Iman Ridhwan Syah
Agama: Islam
Tempat
Tanggal Lahir
: Jakarta, 1 Juni 1994
Alamat: Jl. Kamboja 7, RT.003, RW.10, No.16, Kel. Kebon Pala, Kec. Makasar, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13650
No. HP: 081384343115
Kebangsaan: Indonesia
Jenis Kelamin: Laki-laki
Hobi: Traveling, Blogging dan Jogging
Status: Belum Menikah
Email: iman@bacalagers.com

PENDIDIKAN FORMAL

  • SDN Kebon Pala 01 Pagi
  • SMPN 268 Jakarta
  • SMK Angkasa 1 Halim Perdanakusuma
  • UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

PENGALAMAN KERJA

  • PT Daihatsu Ben Agung Motor, Mekanik Otomotif, 2012-2013
  • Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Staff Banquet Operation, 2013-2014
  • PT Neosys Nusadata, System Analyst & Web Developer, 2014-2015
  • PT Kereta Commuter Indonesia, PPK (Petugas Pelayanan KRL), 2017-2018

KEMAMPUAN DAN KEAHLIAN

  • Mahir dalam membuat desain presentasi profesional
  • Mahir menggunakan Adobe Photoshop CS5
  • Seorang SEO Specialist di Indonesia
  • Memahami Ilmu Digital Marketing
  • Memiliki keterampilan Public Speaking yang Baik

Demikian daftar riwayat hidup ini Saya buat dengan sebenarnya dan dapat dipertanggung jawabkan.

Hormat Saya,

Iman Ridhwan Syah


Contoh CV Bahasa Inggris yang Benar

contoh cv bahasa inggris yang baik dan benar
contoh cv bahasa inggris milik orang lain (slideshare.net/stephaniejessey)

Dalam membuat cv bahasa inggris, kita diharuskan bisa berbahasa inggris dengan baik secara speaking, writing, listening, dan reading. Namun, bila kemampuan berbahasa inggris kita native pun tidak mengapa, karena kita bisa sambil terus melatih hingga semua aspek penting membuat cv bahasa inggris sempurna 100%. Contoh CV bahasa inggris yang baik dan benar bisa dilihat pada gambar di atas dan dibawah ini:

CURRICULUM VITAE

PERSONAL DETAILS

Name: Iman Ridhwan Syah
Hobby: Traveling, Blogging and Jogging
Address: Kamboja Street 7, RT.003, RW.010, No.16, Kebon Pala Village, Makasar District, East Jakarta, DKI Jakarta 13650
Place, Date of Birth: Jakarta, June 1, 1994
Gender: Male
Marital Status: Single
Nationality: Indonesia
Religion: Moslem
Cellphone: 081384343115
Email: iman@bacalagers.com

EDUCATION

  • 2005/2006 – State Elemetary School – SDN Kebon Pala 01 Pagi Jakarta
  • 2008/2009 – State Junior High School – SMPN 268 Jakarta
  • 2012/2013 – Senior High School – Automotive Mechanical – SMK Angkasa 1 Halim Perdanakusuma

PROFESSIONAL EXPRIENCE

  • 2012-2013 – Automotive Mechanical – PT Daihatsu Ben Agung Motor
  • 2013-2014 – Banquet Operation Staff – Hotel Indonesia Kempinski Jakarta
  • 2014-2015 – System Analyst & Web Developer – PT Neosys Nusadata
  • 2017-2018 – PPK (KRL Services) – PT Kereta Commuter Indonesia

PROFESSIONAL SKILLS

  • Proficient in creating professional presentation designs
  • Proficient in using Adobe Photoshop
  • An SEO Specialist in Indonesia
  • Understanding the Science of Digital Marketing
  • Have Good Public Speaking skills

LANGUAGE PROFICIECY

  • Indonesian: Good
  • English: Native

INTEREST

  • Travels to Paris, Japan, Mount Everest, China, and Europe Country
  • Make Money Online from Blog
  • Professional Bloggers with High Incomes in Indonesia
  • Successful Entrepreneurship in Indonesia
  • Jogging and Fishing
  • Professional Photography

This is to state that above information is true and provider here by me, all in good faith.

Sincerely,

Iman Ridhwan Syah


Nah, bagaimana? Mudahkan menerapkan cara membuat CV yang menarik, baik dan benar untuk pemula ataupun untuk yang sudah berpengalaman yang sudah kita bahas diatas? Anda bisa membuat CV profesional secara online dan gratis ataupun dengan menggunakan Microsoft Word saja. Dengan menggunakan CV yang menarik dan sesuai dengan kaidah di atas, HRD atau perekrut bisa tertarik pada Anda dan bisa langsung wawancara!

Jangan lupa mampir ke artikel lain yang tak kalah menariknya dengan artikel ini lewat link dibawah ini:

Begitulah kira-kira ulasan yang bisa Saya sampaikan mengenai artikel sederet cara membuat CV yang menarik, profesional, bagus, keren, sederhana, baik dan benar. Semoga bermanfaat, ya!

Iman Ridhwan Syah

Penggemar Tahu Krispi, Doyan banget Soto Ceker, Penikmat Indomie Rebus, Hobinya Traveling yang juga menyukai aktivitas Blogging, Lagi Serius Belajar menjadi SEO Engineer, Komunitas, Jalan-jalan Jauh, dan lagi semangat banget Nabung buat Nikah!

9 comments

  • Yg terpenting. Sekece kecenya tampilan cv nya. Yang penting ttep isi didalamnya.. Wkwk..

    Deskripsi Pengalaman kerja buat yg udah kerja .

    Softskill yang diperkuat buat fresh graduate..

    *mengabaikan faktor orang dalam*

    • “Isi Di dalamnya” memang wajib berbentuk daging dengan kata lain adalah kompetensi si fresh graduate tersebut ada apa enggak. Karena, jaman sekarang bener-bener udah hampir terbalik lho, lulusan SMK malah udah punya banyak kompetensi bagus, sedangkan lulusan sarjana malah enggak punya apa-apa selain IPK.

      Padahal saat ini perusahaan di Indonesia khususnya di Jabodetabek sudah melek dan mengutaman kompetensi soft skill dan hard skill si pelamar.

  • informatif banget, buat para job seeker, apalagi fresh graduate ya. Sangat membantu nih artikelnya. Apalagi jaman sekarang, semua serba canggih-canggih tampilan desainnya. Harus banyak belajar nih biar bisa bikin desain sekece-kecenya biar HRD melek hehe

  • Kalau menurut saya pribadi sih CV itu kan sebuah karya jadi tampaknya belum bisa ada kategori baik dan benar. Pernah ikutan kelas membuat CV pas SMK dulu dan ternyata itu adalah CV yang jelek banget. Semakin ke sini akhirnya percaya bahwa desain standar saja yang penting bagaimana orang bisa tahu profil kita secara keseluruhan tanpa harus mengantuk ketika membaca hahahaa

  • Ini asli niat banget kontennya, sedikit tambahan dari pengalaman pribadi pas wawancara itu penting banget bisa menyampaikan tentang improvement apa yang pernah dilakukan di kerjaan sebelumnya dan solusi seperti apa yang pernah diberikan terhadap suatu permasalahan.

    Awesome content, well done!

  • Kayanya CV Mbak Stephanie udah universal ya, Dede liat CV Mbak Stephanie di sekolah, disini Dede liat juga hehe

  • Wah lengkap banget ulasannya. Aku juga salah satu yang kadang males banget buat update CV.

    Tapi dengan adanya banyak aplikasi CV saat ini beneran ngebantu ya. Beda sama jaman old.

    Apalagi banyak pilihan dan lebih variatif, singkat, themenya juga berwarna warni.

    Yang pasti isi dari CV yang harus dijadikan point utama seh biar bisa lolos interview

  • Untung baca ini. Lagi mentok mau bikin CV seperti apa yang menarik. Awal masuk kerja, masih pake CV zaman old soalnya.

beautynesia blog bacalagers mediabeautynesia

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.