kartu gpn
apa itu kartu debit gpn

Kartu debit berlogo GPN itu apa sih? Yuk kenalan sama definisi, kegunaan dan manfaatnya di sini!

Proses transaksi dengan kartu debit atau yang sering disebut dengan transaksi non-tunai kini telah menjadi hal yang umum. Gerakan cashless telah diberlakukan di hampir seluruh negara di dunia, termasuk di Indonesia.

Transaksi dengan kartu debit ini kini semakin dimudahkan dengan adanya kartu GPN yang mengintegrasikan berbagai bank di dalam negeri.

Jadi, kartu debit berlogo GPN itu apa?

Sebelumnya, untuk melakukan transaksi non-tunai, kita masih menggunakan jasa pembayaran milik asing, misalnya Visa dan MasterCard.

Namun, sekarang Indonesia telah memiliki GPN sebagai national payment gateway sendiri. Untuk itu, sebaiknya kita mengenal lebih dalam lagi tentang pengertian kartu GPN.

Baca juga: Daftar Bank Penyalur Kredit Usaha Rakyat

Mengenal Pengertian Kartu Debit GPN

kartu gpn

Kartu GPN itu apa? GPN adalah singkatan dari Gerbang Pembayaran Nasional yang merupakan sistem yang mengintegrasikan berbagai kanal pembayaran transaksi perbankan elektronik atau non-tunai.

Dengan kartu debit berlogo GPN, masyarakat bisa melakukan transaksi dari ATM bank mana saja tanpa terkena biaya administrasi karena telah terintegrasi satu sama lain.

Menggunakan kartu GPN juga menjadi salah satu bentuk dukungan masyarakat terhadap program yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

Bank Indonesia mewajibkan nasabahnya untuk memiliki minimal satu kartu GPN per 1 Januari 2022.

Adanya GPN sangat memudahkan proses transaksi secara nasional mulai dari penggunaan mesin ATM hingga online sekalipun dari bank mana saja.

GPN juga meningkatkan keamanan data setiap kali nasabah melakukan transaksi.

Manfaat Menggunakan Kartu Debit GPN

kartu gpn

Setelah mengenal apa yang dimaksud dengan kartu GPN dan secuik manfaatnya.

Masih banyak kelebihan dan keuntungan yang bisa diperoleh apabila kita menggunakan kartu GPN untuk bertransaksi secara nasional.

Penasaran apa saja? Lima manfaat kartu debit berlogo GPN di antaranya telah dirangkum di bawah ini, antara lain:

1. Kanal Pembayaran yang Saling Terkoneksi

Kini nasabah bisa melakukan transaksi di semua kanal pembayaran termasuk semua mesin EDC dan ATM di seluruh Indonesia hanya dengan menggunakan kartu dengan logo GPN.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan sistem pada GPN telah terkoneksi dengan semua bank di Indonesia. Selain itu, karena transaksi yang ditampung satu sistem membuat prosesnya lebih cepat.

2. Data Transaksi yang Aman

Dengan kartu debit berlogo GPN, nasabah tidak perlu khawatir lagi data transaksi akan gagal atau tidak aman.

Kartu GPN telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang akan melindungi data transaksi nasabah dari kejahatan perbankan seperti skimming dan lainnya.

Seluruh kartu debit GPN juga telah dipasangkan teknologi chip sebagai salah satu fitur keamanannya.

Baca juga:

3. Penurunan MDR (Merchant Discount Rate)

Manfaat dari kartu GPN yang selanjutnya adalah nilai merchant discount rate lebih rendah dibandingkan dengan nilai MDR dari perusahaan principal asing.

Hal ini dikarenakan semua proses transaksi dilakukan di dalam negeri yang mempengaruhi biaya transfer dan tarik tunai berbeda bank menjadi lebih rendah.

Baca juga: Cara Transfer Uang Di Atas 100 Juta BRI

4. Biaya Administrasi Lebih Murah

Selanjutnya dengan menggunakan kartu GPN, biaya administrasi yang harus dibayarkan setiap bulannya menjadi lebih murah karena sistem pembayaran dan seluruh proses transaksi telah terkoneksi.

Hal ini menyebabkan penyelenggara mengeluarkan biaya yang lebih rendah.

5. Gerakan Cashless Semakin Mudah Dilakukan

Tidak membawa uang tunai kini tidak menjadi masalah. Dengan membawa kartu GPN, nasabah bisa melakukan transaksi di mana saja melalui kanal pembayaran apa saja karena semua telah terkoneksi.

Nasabah bisa melakukan gerakan cashless dengan mudah dan cepat.

Baca juga:

Itu dia informasi mengenai kartu GPN itu apa serta manfaatnya yang perlu kita ketahui sebagai national payment gateway Indonesia.

Dengan berbagai manfaat di dalamnya, kartu debit GPN sangat layak untuk dimiliki. Selain dapat memudahkan proses transaksi non-tunai kita sehari-hari, kita juga mendukung program yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.