cara transfer uang lewat sms banking bri
tahapan cara transfer uang lewat sms banking bri

Pengguna layanan Bank Rakyat Indonesia pasti sudah tahu kan, bagaimana cara transfer uang lewat SMS banking BRI tanpa ribet?

Jika belum, maka sebaiknya segera cari tahu agar aktivitas pengiriman uang lebih cepat, singkat dan tanpa ribet. Oleh karena itu artikel ini akan memberitahukan cara simplenya.

Baca juga: Cara Mencairkan Deposito BRI

Saat ini sudah bukan jamannya lagi mengirim uang melalui mesin ATM, apalagi dengan antrian panjang. Tentu hal tersebut membuang banyak waktu belum lagi jika dikejar waktu untuk kepentingan lain.

Oleh karena itu BRI yang diklaim sebagai bank sejuta umat, telah menyediakan berbagai kemudahan transaksi hanya dengan sekali klik.

Salah satu layanan tersebut bernama SMS Banking. Bagaimana cara menggunakannya? Tentu saja nasabah Bank Rakyat Indonesia yang sudah mengakses SMS Banking ini tidak perlu lagi mengantri di mesin ATM.

Panduan dan Tata Cara Transfer Uang Lewat SMS Banking BRI 2020

cara transfer uang lewat sms banking bri

Lalu, bagaimana jika orang tersebut tidak mengetahui cara transfer uang lewat SMS Banking BRI? Untuk lebih jelasnya, silahkan baca ulasan di bawah ini:

1. Buka Layanan Perpesanan SMS Banking BRI

Sebelum melakukan transaksi melalui SMS Banking, nasabah yang sudah mendaftarkan layanan ini bisa langsung membuka layanan perpesanan.

Ambil gadget lalu klik icon pesan yang ada di bagian depan menu utama. Kemudian, akan muncul deretan pesan masuk lain yang sebelumnya sudah pernah mengirimi SMS.

Baca juga: Cara Menutup Kartu Kredit BRI

2. Ketik Angka 3300 di Kolom Penerima Pesan

Setelah layanan perpesanan yang ada di gadget di klik dan terbuka. Lakukan langkah ini sebagaimana hendak mengirimkan SMS ke nomer baru.

Pada kolom bagian atas bertuliskan “Penerima” ketikkan angka 3300. Untuk apakah angka itu? Perlu diketahui bahwa 3300 adalah nomor tujuan agar nasabah bisa melakukan transaksi pengiriman uang melalui SMS Banking.

Jika saat mengetikkan angkanya salah satu digit saja maka proses transfer uang melalui SMS Banking tidak akan berhasil.

Namun, jika nasabah melakukan kesalahan pada saat pengiriman maka biasanya SMS akan auto tertolak alias gagal terkirim. Sehingga tidak perlu khawatir.

Baca juga: Cara Penarikan Rekening Giro

3. Ketik Format Pengiriman Lengkap

Setelah memasukkan angka 3300 dalam kolom “Penerima”, selanjutnya nasabah yang hendak transfer uang melalui SMS Banking harus mengetikkan format pengiriman.

Cara mengetikkannya yakni pada kolom “Tulis Pesan” yang sudah disediakan pada halaman layanan perpesanan.

Bagi nasabah SMS Banking BRI yang hendak mentransfer ke sesama BRI maka format pengirimannya adalah:

TRANSFER<spasi>BRI (No Rek. Tujuan)<spasi>Nominal<spasi>PIN

Sedangkan jika hendak mengirim ke lain bank, maka formatnya:

TRANSFER<spasi>Kode Bank Tujuan+No Rekening<spasi>Nominal<spasi>PIN
Baca juga: Daftar Kode Bank

4. Klik Tanda Kirim

cara transfer uang lewat sms banking bri

Setelah menuliskan format pesan pada kolom teks dengan benar, cara transfer yang lewat SMS Banking BRI selanjutnya adalah dengan klik tanda kirim.

Sebelum melakukan tahap ini, ada baiknya jika lebih dulu mengoreksi bilamana terjadi kesalahan atau nomer rekening tujuan salah satu digit.

Usahakan semuanya benar agar jumlah uang yang hendak di transfer tidak masuk ke nomer rekening lain.

Sebab layanan SMS Banking ini tidak bisa secara otomatis memberitahu pengirim bahwa atas nama yang dimasukkan dan hendak dikirimi uang benar atau tidak. Oleh karena itu, sebaiknya berhati-hati.

Baca juga: Cara Mencairkan Deposito BNI Syariah

5. Simpan Bukti Kirim

Pasca cara dari nomor satu sampai dengan empat dilakukan dengan benar, maka akan muncul satu pesan baru dari 3300. Isinya adalah pemberitahuan bahwa transaksi sudah berhasil dilakukan. Screenshot atau simpan isi pesan masuk itu untuk digunakan sebagai bukti.

Itulah cara transfer uang lewat SMS Banking BRI. Bagaimana, tentu tidak ribet bukan? Bahkan semua nasabah yang menggunakan layanan ini bisa mengirim uang kapan dan di mana saja tanpa harus mengantri panjang di mesin ATM.

Baca juga:

Bagi yang belum bisa mendaftarnya maka bisa langsung bertanya ke customer service di kantor pusat atau menghubungi call center BRI.