Jasa Konsultan HKI Terdaftar Untuk Melindungi Kekayaan Intelektual

  • Bagikan

Tak jarang, beberapa pebisnis menggunakan jasa konsultan hki terdaftar untuk melindungi kekayaan intelektualnya. Untuk mengetahui peran HKI, berikut penjelasannya.

Di era yang semakin modern ini, bisnis industri kian memunculkan inovasinya.

Sebagian besar pelaku bisnis industri memunculkan inovasinya dengan perlindungan Hak Kekayaan Intelektual atau HKI.

Peran Badan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Yang Wajib Anda Ketahui

jasa konsultan hki
jasa konsultan hki terdaftar dan terpercaya

1. Memastikan Sebuah Inovasi Benar Benar Baru

Sebagai contoh, jika ada seseorang yang berhasil menemukan inovasi teknologi mesin, maka badan HKI akan memastikan bahwa teknologi tersebut benar benar baru.

Konsultan Hak Kekayaan Intelektual juga akan memastikan tidak ada pihak lain yang sudah terlebih dahulu menciptakan suatu inovasi. Kemudian, pihak biro HKI akan membantu proses pendaftaran paten.

Berbicara mengenai paten, biro HKI juga perlu melakukan FTO (Freedom To Operate).

FTO tersebut berupa pencarian penelusuran pelanggaran terkait paten paten yang sebelumnya sudah diterbitkan atau belum diterbitkan.

Sebagai informasi, FTO ini dilakukan dengan tujuan menghindarkan kesamaan hak kekayaan intelektual yang telah didaftarkan sebelumnya.

2. Memberlakukan Penelusuran Merek

Teruntuk anda pelaku bisnis yang ingin melegitimasi inovasi, pihak biro HKI akan memberikan masukan kepada anda untuk melakukan penelusuran merek.

Hal demikian dilakukan dengan tujuan agar terhindar dari kesamaan merek merek serupa yang telah terdaftar. Dengan demikian, bisnis anda akan terhindar dari plagiasi merek.

Di sini, peran biro HKI adalah mengawal seluruh proses pendaftaran merek serta menjaga masa berlaku merek tersebut.

Dengan adanya peran ini, bisnis anda akan terhindar dari gangguan penyalahgunaan merek oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Jadi, selain terhindar dari permasalahan plagiasi, anda juga akan terhindar dari penyalahgunaan merek.

Baca juga:

3. Memberikan Advis Yang Jujur

Konsultan HKI yang baik, harus bisa memberikan advis kekayaan yang jujur terkait data pemohon.

Seorang biro HKI harus memberikan penilaian apakah sebuah inovasi layak untuk diterbitkan atau tidak.

Di samping memberikan evaluasi kepada pemohon, biro HKI juga harus memberikan pendapat kepada pemohon apakah inovasi yang diajukan layak diperpanjang.

Ketika pemohon sudah melampirkan semua berkas yang dibutuhkan untuk perlindungan inovasi, pihak HKI akan memberikan pendapat tentang kemungkinan berhasilnya pendaftaran.

Berdasarkan pertimbangan yang matang, keputusan penuh akan diberikan kepada pemohon. Biro HKI juga akan berupaya untuk memberikan keputusan dalam tempo singkat.

Hal yang perlu anda ketahui, adalah sepanjang jangka waktu perlindungan inovasi diberikan maka sepanjang itu pula tanggung jawab biro HKI.

Bisa diartikan, pihak HKI akan bertanggung jawab penuh selama masa perlindungan kekayaan intelektual ditetapkan. Kecuali jika anda melakukan proses pengalihan kekuasaan.

4. Jasa Konsultan HKI Berperan Penting Dalam Penguasaan Bidang

Sebagai seorang konsultan, peran yang harus dilaksanakan ialah penguasaan berbagai bidang.

Pasalnya, mereka bertanggung jawab penuh dalam melindungi berbagai bidang seperti teknologi, seni, industri, dan kesehatan sekalipun.

Oleh sebab itu, hanya orang orang dengan basic khusus yang dapat menjadi Konsultan Hak Kekayaan Intelektual.

Persaingan bisnis yang semakin ketat, membuat para biro HKI harus berhadapan dengan pemohon yang berasal dari berbagai latar belakang.

Pada dasarnya, setiap pelaku bisnis akan berupaya untuk menunjukkan eksistensinya dengan bantuan badan hukum. Jadi, penguasaan berbagai macam bidang merupakan hal utama bagi seorang konsultan.

Hak Kekayaan Intelektual berguna untuk melindungi seriap aset yang dimiliki oleh seseorang atau kelompok.

Selama hukum perlindungan masih berlaku, kekayaan intelektual akan terlindungi dan tidak disalahgunakan.

Setelah memahami peran konsultan dalam HKI di ulasan tersebut, kini anda akan mengetahui betapa pentingnya perlindungan aset.

  • Bagikan