dimadekodemi, ilmu dimadekodemi, apa itu dimadekodemi, apa yang dimaksud dengan ilmu dimadekodemi
Apa yang dimaksud dengan ilmu DIMADEKODEMI? Apa pentingnya untuk bisnis?
Ilmu DIMADEKODEMI itu apa sih? Kok asing banget, ya bahasanya? Apakah ini ilmu optimasi pemikat wanita cantik lewat dunia bisnis digital? Bukan. Ini ilmu bisnis yang unik.

Menjadi seorang pebisnis sukses di usia muda merupakan impian banyak orang. Supaya bisa mewujudkannya maka harus memiliki modal yang cukup besar. Padahal menjadi pebisnis sukses tidak hanya membutuhkan modal dalam bentuk uang saja, tetapi ada banyak hal lainnya.

Sebut saja perlu adanya fasilitas kantor, laporan keuangan, arahan dari mentor, koneksi menuju pembiayaan, akses menuju perbankan, executive coaching dan sebagainya.

Meski semua hal tersebut sudah terpenuhi bukan berarti membangun bisnis itu tidak mudah dan tidak sulit. Namun, saat membangunnya diharuskan memiliki pengetahuan dasar yang mumpuni untuk mempercepat pertumbuhan usaha yang sedang dibangun.

Pengetahuan dasar tersebut wajib dimiliki oleh siapa saja yang ingin sukses di bidang ini meskipun memiliki banyak pesaing.

Saat membangun bisnis sebisa mungkin hindari bisnis patah sebelum berkembang. Hal ini dikarenakan akan menimbulkan sebuah kerugian. Supaya tidak salah melangkah atau mengikuti perkembangan bisnis digital, disarankan untuk menguasai ilmu DIMADEKODEMI.

Apa yang dimaksud dengan ilmu DIMADEKODEMI? Apa pengertian dari ilmu DIMADEKODEMI? Lebih jelasnya, simak uraian dibawah ini.

Apa Itu Ilmu DIMADEKODEMI?

dimadekodemi, ilmu dimadekodemi, apa itu dimadekodemi, apa yang dimaksud dengan ilmu dimadekodemi
pengertian apa itu ilmu dimadekodemi

DIMADEKODEMI berasal dari tiga singkatan yang memiliki makna berbeda. Ketiga suku kata tersebut adalah DIMA, DEKO, dan DEMI. DIMA merupakan singkatan dari Optimasi Digital Marketing, DEKO singkatan dari Digitasi Digital Ekosistem dan DEMI singkatan dari Kompetisi Digital Ekonomi.

Ilmu DIMADEKODEMI biasanya digunakan dalam mengajarkan tentang cara memiliki dan mengembangkan suatu bisnis digital menggunakan strategi digital marketing (DIMA). Penggunaan strategi ini kemudian mendorong lahirnya formulasi ilmu bisnis digital yang biasanya disebut dengan ilmu Optimasi.

Lahirnya ilmu optimasi ini kemudian mengajarkan tentang strategi Digital Ekosistem (DEKO) yang juga melahirkan formulasi ilmu Digitasi. Beberapa waktu kemudian lahirlah sebuah formulasi di dunia Digital Ekonomi (DEMI) yang disebut dengan nama Kopetisi.

Pada intinya, pengertian ilmu DIMADEKODEMI adalah sebuah silabus dan strategi membangun bisnis yang diformulasikan oleh Ali Akbar selaku Penulis 7 Buku Terkenal, Ilmuan Bisnis Digital, dan Pemilik Lisensi 84 Miliar Digitalogi dan DIMADEKODEMI untuk membantu seseorang jika ingin menjadi seorang pebisnis internet, pedagang online dan juga pengusaha informasi dalam meningkatkan trafik penjualan dan omzet bisnisnya.

Ilmu yang diajarkan ini berisi mengenai pengetahuan dan pendidikan bisnis digital. Seperti yang diketahui jika bisnis digital saat ini sedang sangat digemari karena sebagai salah satu bentuk memanfaatkan keberadaan internet dan teknologi yang canggih.

Konsep dasar ilmu DIMADEKODEMI secara sederhana yaitu menyatukan berbagai jenis strategi pemasaran bisnis baik offline maupun online menjadi sebuah cara membangun bisnis dengan mudah yang terstrukur setiap tahap demi tahap.

Daftar Jenis-jenis Ilmu DIMADEKODEMI

jenis ilmu dimadekodemi

Ilmu DIMADEKODEMI sangat dibutuhkan oleh siapa saja yang sedang menggeluti dunia bisnis online. Kenapa demikian?

Karena ilmu ini bisa membantu pelaku bisnis untuk membangun dan mengembangkan bisnis yang dijalankan. Jika ilmu ini benar-benar diterapkan maka akan mencapai kesuksesan yang ditandai dengan banyaknya profit yang didapatkan.

Seperti yang diketahui jika kesuksesan bisa diperoleh setelah melewati proses yang panjang. Proses yang dilalui terkadang juga penuh rintangan. Salah satu proses yang harus dipelajari dan dipahami adalah ilmu DIMADEKODEMI.

Pelaku bisnis harus paham betul mengenai ilmu ini beserta jenis-jenisnya. Lalu apa saja jenis-jenis ilmu DIMADEKODEMI? Simak pembahasannya dibawah ini.

Ilmu Optimasi Digital Marketing (DIMA)

pengertian ilmu optimasi digital marketing (dima)

Jenis ilmu DIMADEKODEMI yang pertama adalah Ilmu Optimasi Digital Marketing (DIMA). Ilmu Optimasi Digital Marketing (DIMA) dibagi menjadi 6 jenis, berikut keenam jenis DIMA beserta pengertiannya.

1. Optimasi Mesin Pencari

Jenis Ilmu Optimasi Digital Marketing (DIMA) yang pertama yaitu Optimasi Mesin Pencari. Optimasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) merupakan upaya mengoptimasi website supaya mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian.

Apabila mendapatkan rangking tinggi di hasil pencarian maka traffic organik akan meningkat secara bertahap.

Keberadaan SEO juga membantu supaya bisa mendapatkan traffic yang tepat. Jadi, pemilik website tidak hanya berfokus pada traffic yang tinggi saja, tetapi juga traffic yang tepat sesuai dengan tujuan utama website.

Supaya bisa mendapatkannya maka diharuskan untuk mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh mesin pencari (Google). Beberapa hal yang harus dipahami, seperti cara kerja SEO, indikator utama SEO dan algoritma Google.

Bagaimana cara kerja SEO pada umumnya? Perlu diketahui jika mesin pencari itu menggunakan algoritma tertentu untuk menentukan konten mana yang layak berada atau menempati ranking teratas hasil pencarian. Hal ini berlaku untuk semua mesin pencari tanpa terkecuali, seperti Google, Bing, Yahoo! Maupun Duckduckgo.

Ada 8 indikator utama SEO yang harus diketahui dan dipahami jika ingin berada di rangking teratas mesin pencarian. Kedelapan indikator tersebut adalah struktur URL/permalink, penggunaan SSL/TLS HTTPS, topik artikel menarik, search intent, struktur konten, meta tags, backlink,mobile first indexing, kecepatan website, dan masih banyak lagi.

Search Engine Optimization (SEO) memiliki dua komponen utama, yaitu SEO Onpage dan SEO Offpage.

Beberapa alasan kenapa SEO penting untuk website, hal ini dikarenakan mesin pencari adalah sumber informasi, website bisa ditemukan melalui berbagai kata kunci, brand awareness traffic didominasi konten di halaman pertama, dan kredibilitas meningkat, dan traffic organik lebih mudah untuk dikonversi.

2. Optimasi Jejaring Sosial

Optimasi jejaring sosial atau optimasi sosial media merupakan suatu aktivitas untuk mengoptimalkan fungsi dari penggunaan sosial media yang digunakan oleh seseorang dengan tujuan tertentu.

Dengan kata lain optimasi jejaring sosial adalah media sosial digunakan sebagai penghubung untuk mengembangkan bisnis yang dikelola secara online. Platform media sosial yang biasanya digunakan yaitu Facebook, Instagram, dan Twitter.

Cara yang dilakukan untuk mengoptimasi jejaring sosial adalah menentukan strategi sosial media, melakukan riset kata kunci, optimalisasi profil media sosial, optimalisasi konten, dan optimalisasi jadwal posting. Adapun fungsi dari optimasi jejaring sosial ini adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Penjualan

Seperti yang diketahui jika keberadaan media sosial telah menjadi wadah paling subur untuk melakukan penjualan digital.

Cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan juga sangat mudah, tanpa harus pergi ke luar rumah atau memiliki produk. Asalkan optimasi media sosialnya bagus maka hasil penjualannya juga sangat banyak.

Membangun Jaringan

Keberadaan jaringan internet dan teknologi canggih membuat siapa saja bisa terhubung tanpa sekat meski berada di tempat yang jauh, bahkan berada di negara yang berbeda.

Sosial media menjadi penghubung komunikasi tersebut. Kondisi seperti ini bisa membantu siapa saja untuk membangun jaringan.

Meningkatkan Personal Branding

Personal branding merupakan aktivitas yang dilakukan oleh seseorang dalam memperkenalkan dirinya kepada orang lain.

Tentu dalam hal ini seseorang tersebut diharuskan untuk memiliki karya yang bisa ditampilkan. Pengemasan yang baik disertai optimasi sosial media bisa membuat personal branding semakin meningkat, kuat, dan terpercaya.

3. Optimasi Perangkat Bergerak

Optimasi adalah suatu proses yang dilakukan untuk mencapai hasil yang ideal (nilai efektif yang bisa dicapai). Dengan kata lain optimasi merupakan suatu bentuk mengoptimalkan suatu hal yang sudah ada atau merancang dan membuat sesuatu secara optimal.

Sedangkan, pengertian perangkat bergerak (mobile device) adalah suatu perangkat yang bisa dimana kemana-mana. Adapun macam-macam perangkat bergerak seperti Notebook PC, Handheld PC, Ultra-Mobile PC, PDA, Graphic Calculator dan Pocker Computer.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa optimasi perangkat bergerak (mobile device) merupakan suatu upaya untuk mengoptimalkan keberadaan perangkat bergerak supaya memiliki fungsi atau kegunaan yang maksimal.

Bisa dibilang keberadaan perangkat bergerak bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan bisnis online/digital yang sedang dijalankan sehingga mendapatkan banyak keuntungan.

4. Optimasi Karya Digital

Suatu perusahaan atau bisnis pasti sangat membutuhkan promosi atau marketing. Dimana promosi bisa dilakukan secara offline maupun online. Namun, saat ini kebanyakan pengusaha atau pebisnis lebih memilih untuk menggunakan promosi online.

Banyak keuntungan yang diperoleh jika menggunakan promosi ini, seperti bisa menjangkau anyak orang. Tidak membutuhkan biaya besar, mudah dilakukan, dan bisa memanfaatkan keberadaan media sosial.

Supaya promosi yang dilakukan lebih menarik maka perlu membuat konten yang menarik agar banyak yang tertarik.

Konten yang dibuat bisa dalam bentuk karya digital, seperti video, foto dan sebagainya. Penggunaan karya digital dalam bisnis cukup diminati dan disukai karena lebih optimal dalam mempromosikan suatu barang atau jasa.

5. Optimasi Kolaborasi Komunitas

Kolaborasi komunitas merupakan forum, mediator dan juga fasilitator yang menghubungkan komunitas-komunitas yang ada di dalamnya dengan semua pemangku kepentingan, seperti pemerintah, cendekiawan, ulama, masyarakat, perusahaan, perbankan dan sebagainya. Tujuan didirikannya kolaborasi komunitas adalah untuk menyelesaikan permasalahan secara bersama-sama.

Keberadaan kolaborasi komunitas perlu dimaksimalkan supaya masalah yang dihadapi bisa diselesaikan bersama-sama. Misalnya suatu komunitas mengadakan event atau acara dan memiliki masalah kurangnya kendala sehingga membutuhkan sponsor.

Kondisi ini merupakan peluang besar bagi suatu perusahaan atau pemilik bisnis untuk mempromosikan produk atau jasa dengan menjadi sponsor.

Dengan cara ini berarti perusahaan tersebut sedang memperkenalkan produk dan jasa yang ditawarkan melalui event tersebut. Efeknya cukup besar karena menjadi dikenal oleh masyarakat luas.

6. Optimasi Pemetaan Lokal

Dalam bisnis pemetaan lokasi juga sangat diperlukan supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Pemetaan lokasi yang dilakukan mencakup target pasar.

Seperti yang diketahui tidak semua tempat bisa dijadikan lokasi untuk menjual produk. Hal ini dikarenakan masyarakat ada yang memerlukan dan sebaliknya.

Setelah pemetaan lokasi sudah dilakukan maka akan ditemukan tempat atau pasar yang tepat untuk mempromosikan atau menjual produk.

Jika target pasarnya tepat maka akan dibeli oleh banyak orang. Secara otomatis tingkat penjualannya akan meningkat sehingga keuntungan yang diperoleh juga banyak.

Ilmu Digitasi Digital Ekonomi (DEKO)

pengertian ilmu optimasi digital ekonomi (deko)

Jenis ilmu DIMADEKODEMI yang kedua adalah Ilmu Digitasi Digital Ekonomi (DEKO). Digitasi itu sendiri merupakan sebuah proses konversi data analog ke dalam format digital.

Ilmu Digitasi Digital Ekonomi (DEKO) dibagi menjadi 7 jenis, berikut ketujuh jenis DEKO beserta pengertiannya.

1. Digitasi Skor Kredit

Skor kredit merupakan angka hasil algoritma matematika yang diperoleh dari berbagai aspek di dalam laporan kredit dan juga sumber informasi tambahan lainnya.

Skor kredit ini bisa digunakan sepanjang siklus peminjaman debitur, mulai dari tahap awal, tahap manajemen rekening sampai tahap koleksi.

2. Digitasi Talent Digital

Talent digital merupakan program beasiswa pelatihan intensif yang diberikan kepada masyarakat.

Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing sumber daya manusia dalam bidang teknologi informasi dan juga komunikasi. Talent digital merupakan bagian dari program pembangunan prioritas nasional.

Program pelatihan yang diberikan akan meningkatkan keterampilan, keahlian angkatan kerja muda Indonesia dan juga ASN di bidang komunikasi dan informatika sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan juga daya saing bangsa di era industri 4.0 seperti saat ini.

3. Digitasi Perusahaan Rintisan

Perusahaan rintisan atau yang lebih populer dengan nama Start Up merupakan suatu istilah yang merujuk pada seluruh perusahaan yang belum lama beroperasi.

Perusahaan-perusahaan tersebut mayoritas perusahaan yang baru saja didirikan dan sedang dalam fase pengembangan serta penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

4. Digitasi Aset Digital

Aset digital merupakan aset yang memiliki cakupan tidak hanya sebatas uang, tetapi juga bernilai emosional, bersifat pribadi dan juga rahasia. Contohnya seperti akun media sosial, domain blog serta ID untuk mengakses online games.

Keberadaan aset digital ini harus tetap dijaga meski pemiliknya sudah meninggal. Penutupan atau penghapusan aset digital hanya boleh dilakukan oleh ahli waris yang mengajukan penutupan kepada pihak yang mengelola aset tersebut.

5. Digitasi Valuasi Bisnis

Valuasi merupakan nilai ekonomi dari sebuah bisnis. Sedangkan bisnis adalah suatu usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau komunitas kepada masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan atau profit.

Keberadaan valuasi ini biasanya dijadikan acuan untuk mengatur seberapa besarnya potensi bisnis sebuah perusahaan. Valuasi ini perlu dihitung untuk menentukan persentase saham yang nantinya akan diberikan kepada investor saat terjadi pendanaan.

6. Digitasi Daya Komunitas

Daya komunitas adalah suatu program yang dibuat dengan tujuan untuk membentuk sikap dan juga perilaku individu serta masyarakat yang mandiri.

Seperti mandiri dalam berpikir, kemandirian bertindak dan memutuskan apa yang akan dilakukan. Dengan kata lain, program ini dibuat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

7. Digitasi Penyertaan Modal

Penyertaan modal merupakan sejumlah uang atau modal yang bisa dinilai dengan menggunakan uang yang ditanamkan oleh pemodal untuk menambah serta memperkuat struktur permodalan koperasi sehingga bisa meningkatkan kegiatan usahanya.

Pengertian digitasi penyertaan modal adalah suatu usaha untuk memiliki perusahaan baru atau perusahaan yang sudah berjalan dengan melakukan setoran modal ke perusahaan tertentu.

Ilmu Kopetisi Digital Marketing (DEMI)

ilmu kopetisi digital marketing (demi)

Jenis ilmu DIMADEKODEMI yang ketiga adalah Ilmu Kopetisi Digital Marketing (DEMI). Ilmu Kopetisi Digital Marketing (DEMI) dibagi menjadi 7 jenis, berikut ketujuh jenis DEMI beserta pengertiannya.

1. Kopetisi Uang Digital

Uang digital atau uang elektronik merupakan uang yang bisa digunakan dalam transaksi internet dengan cara elektronik.

Transaksi ini biasanya juga akan melibatkan penggunaan jaringan komputer, seperti internet dan sistem penyimpanan harga digital. Keberadaan uang digital berguna untuk mempermudah berbagai pembayaran yang biasanya dilakukan menggunakan uang cash.

Perlu diketahui jika mata uang digital ini tidak berwujud dan hanya bisa dimiliki atau ditransaksikan menggunakan komputer atau smartphone yang terhubung dengan internet.

Perkembangan ekonomi dan teknologi yang begitu cepat, pembayaran yang dilakukan masyarakat saat ini berpindah ke cara digital. Selain lebih mudah juga memiliki banyak keuntungan.

2. Kopetisi Token Blockchain

Token Blockchain merupakan sebuah aset crypto yang dibuat oleh developer yang nantinya dibutuhkan untuk menggunakan software berbasis blockchain yang sudah dibangun.

Dalam hal ini developer merupakan sebutan bagi orang-orang yang membuat software, aplikasi, situs website, marketplace ataupun toko online.

Contohnya, developer membangun sebuah toko online dengan menggunakan sistem token. Orang yang menggunakan token nantinya akan mendapatkan insentif, berupa gratis ongkir, diskon, cash back dan sebagainya.

Token bisa dibuat sesuai kebutuhan karena ada token yang berfungsi sebagai saham. Artinya mewakili kepemilikan dari perusahaan dan nantinya akan mendapatkan deviden atau keuntungan perusahan.

3. Kopetisi Kekayaan Intelektual

Kekayaan intelektual) merupakan hak yang diperoleh dari hasil olah pikir yang menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna untuk masyarakat.

Pada intinya kekayaan intelektual ini merupakan hak untuk menikmati hasil kreativitas intelektual secara ekonomis. Adapun objek yang diatur dalam kekayaan intelektual ini adalah karya-karya yang dihasilkan dari kemampuan intelektual manusia.

4. Kopetisi Kearifan Lokal

Kearifan lokal merupakan bagian dari budaya masyarakat yang tidak bisa dipisahkan dari bahasa masyarakat tersebut. Keberadaannya biasanya diwariskan secara turun temurun dari generasi satu ke generasi selanjutnya. Pewarisan ini dilakukan melalui cerita dari mulut ke mulut.

Kearifan lokal juga bisa diartikan sebagai suatu pengetahuan yang ditemukan oleh masyarakat lokal melalui pengalaman dama mencoba dan diintegrasikan dengan pemahaman budaya dan keadaan alam suatu tempat.

5. Kopetisi Energi Terbarukan

Energi terbarukan merupakan energi yang dihasilkan oleh sumber alami yang tidak akan habis. Pengertian lainnya yaitu energi yang berasal dari proses alam yang berkelanjutan.

Beberapa contohnya, yaitu tenaga surya, energi biomassa, energi pasang surut, energi ombak, energi panas laut, panas bumi, tenaga angin dan sebagainya.

6. Kopetisi Data Analisis

Data analisis merupakan proses pengolahan data menjadi informasi baru supaya data menjadi lebih mudah untuk dimengerti.

Data analisis yang dilakukan berguna sebagai solusi suatu permasalahan, khususnya yang berkaitan dengan penelitian.

Pengertian lainnya yaitu suatu kegiatan yang dilakukan untuk merubah data hasil penelitian menjadi sebuah informasi baru yang bisa digunakan untuk membuat kesimpulan.

7. Kopetisi Profesi Digital

Profesi digital merupakan suatu pekerjaan yang bergelut di dunia digital. Ada banyak contoh profesi digital yang ada di sekitar kita, seperti manager SEO, jasa SEO Indonesia, spesialis content marketing, manager sosial media, dan koordinator otomasi pemasaran bisnis.

Perlu diketahui jika profesi digital saat ini sangat dibutuhkan untuk kemajuan dan kesuksesan bisnis online. Terlebih profesi-profesi tersebut memiliki tugas atau peran yang sangat penting.

Peran Pentingnya Ilmu DIMADEKODEMI Untuk Bisnis

peran pentingnya ilmu dimadekodemi untuk bisnis
peran pentingnya ilmu dimadekodemi untuk bisnis

1. Meningkatkan Motivasi Pengembangan Bisnis

Ilmu DIMADEKODEMI bisa berguna untuk melihat peluang dengan cara berbeda. Hal ini dikarenakan peluang tidak selalu berasal dari permintaan pasar, tetapi juga diciptakan sendiri oleh pebisnis atau pelaku usaha.

Caranya dengan menggunakan strategi pemasaran yang efektif sehingga bisa menggebrak pasar menggunakan inovasi baru.

2. Membuat Koordinasi Tim Menjadi Lebih Efektif

Kehadiran strategi marketing dalam ilmu DIMADEKODEMI bisa membuat koordinasi tim menjadi lebih efektif dan terarah sehingga bisa mencapai tujuan bersama.

Adapun fungsi dari strategi marketing ini merupakan alat untuk mengatur arah setiap divisi supaya bisa bekerja sama untuk mencapai tujuan perusahaan.

3. Mengawasi Kegiatan Pemasaran

Langkah yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pemasaran perusahaan membutuhkan pengawasan yang efektif.

Maksud pengawasan dalam hal ini merupakan perhatian yang jelas sehingga potensi dari setiap anggota bisa terdeteksi dan digunakan untuk mendukung perusahaan mencapai tujuan.

Nah itulah penjelasan mengenai Ilmu DIMADEKODEMI. Mulai dari pengertian, jenis, dan peran pentingnya untuk Bisnis. Diharapkan dengan uraian di atas, para pebisnis bisa memanfaatkan ilmu ini sebagai salah satu strategi digital marketing bisnis terbaik agar kita sebagai pebisnis menjadi semakin berkembang pesat dengan lebih baik lagi.