Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools adalah salah satu keinginan yang Sudah menjadi harapan semua blogger jika blog atau situs yang dibangun menjadi terkenal dan memiliki reputasi baik dimata Google.

Dari berbagai tips dan trik SEO yang ada, salah satu diantarnya yaitu Mengoptimasi Blog dengan Google Webmaster Tools (sekarang disebut Google Search Console).

Nah, pada artikel berikut saya akan membahas bagaimana Cara Mendaftarkan dan Verifikasi Blog ke Google Webmaster Tools/Search Console Terbaru.

Sekilas mengenai Google Search Console

Google Search Cosole adalah layanan yang disedialan oleh Google sebagai alat optimasi dan peninjauan struktur situs/blog di mesin pencari Google. Adapun Search Console merupakan versi terbaru dari Google Webmaster Tool.

Search Console menjadi senjata wajib para blogger senior dalam menangani praktik SEO. Google Search Cosole dibutuhkan baik bagi yang telah lama berkecimpung atau pertama kali ngeblog.

Adapun fungsi Google Search Console antara lain memantau kinerja situs, melihat jumlah pengunjung perhari dan melihat posisi blog kita di mesin pencari.

Google Search Console juga dapat mendeteksi kesalahan di dalam blog misalnya link rusak, link tidak ditemukan, atau kesalahan index Google (deindex).

Langkah-langkah mendaftarkan blog ke Webmaster Tools/Google Seach Console Terbaru

  • Lalu pada kolom pendaftaran, masukan alamat situs/blog anda dengan diawali dengan http atau https, kemudian klik selesai.
  • Sampai disini blog anda telah terdaftar Google Search Console.
  • Berikutnya, Submit Peta Situs (Sitemap). Sitemap merupakan komponen yang sangat penting, sitemap gunanya mempermudah Google bot merayapi setiap ada konten terbaru dari blog anda.
  • isi url sitemap pada kolom yang tersedia. Anda bisa memilih salah satu peta situs dibawah ini. Hal ini bersifat opsional bisa pilih salah satu atau keduanya.
  1. sitemap.xml
  2. feed/post/default/
  • Selanjutnya adalah melakukan verifikasi tambahan. Biasanya blog yang terdaftar dengan satu akun Google secara langsung terverifikasi dengan Google Search Console secara otomatis. Namun langah verifikasi tambahan juga diperlukan untuk memperkuat kredibilitas situs.
  • Ada banyak metode verifikasi. Namun menurut saya metode yang paling mudah yaitu verifikasi dengan meta tag (opsional).

Pada Meta Tag:

  • Salin kode html yang tersedia.
  • Kemudian buka tab baru dan kunjungi Blogger (dalam hal ini saya mencontohkan dengan platform blogger, adapun untuk wordpress atau platform lainnya yang interfacenya mungkin beda tapi langkahnya tetap sama).
  • Lalu pada dashboard Blog anda, klik Tema dan Edit HTML.
  • Pada kotak HTML ini paste-kan kode meta tag yang didapat dari Google Search Console. Kemudian Letakkan tepat dibawah <head> atau tepat diatas kode </head> lalu simpan.
  • Selanjutnya kembali ke tab web master kemudian klik Verify.
  • Jika terdapat tanda centang itu menandakan situs berhasil diverifikasi.

Seharusnya Sampai disini, lengkap sudah Tutorial Submit Blog ke Google Wesbmaster Search Console yang membuat blog anda semakin optimal pada mesin pencari google.

Dengan menggunakan Google Webmaster Search Console, anda bisa memantau kinerja blog anda di search console seperti melihat jumlah pengunjung perhari, mengecek posisi blog di search engine Google, jumlah klik per tayangan dan banyak fitur lainnya.

Jangan lupa juga Baca: Cara Mendapatkan ide Postingan yang Ampuh untuk Blog

Tips Google Search Console

Sejatinya setiap ada update dari blog secara otomatis akan terindex Google dikarenakan sitemap yang Anda Submit di awal tadi.

Namun jika ada postingan dirasa belum terindex juga, anda bisa submit artikel secara manual di Inspeksi URL.

Demikian Ulasan kali ini tentang Tips dan Cara Mendaftarkan & Verifikasi Blog ke Google Webmaster Tools (Google Search Console) Terbaru dan dimana artikel ini diharapkan dapat memberi manfaat kepada anda para pembaca yang sedang membutuhkan tutorial lengkap submit blog ke webmaster tools.

Dan berikutnya dapat menuntun kita semua menjadi salah satu dari Daftar Blogger Profesional yang Sukses melalui Industri Digital. Terima kasih dan Semoga Bermanfaat!

DISCLAIMER!
Artikel Tutorial Blog ini merupakan Guest Post dari Wak Jamal.
You May Also Like

Daftar HPK (High Paying Keywords) Google AdSense Terbaru 2018

Bagi semua pemain/pelaku bisnis online yang khususnya adalah Publisher Google Adsense. Tips…

6 Tips Ngeblog untuk Anak Sekolah dan Mahasiswa

Ngeblog atau blogging adalah sebuah aktivitas yang siapa saja bisa melakukannya dimana…

7 Cara Menghasilkan Uang dari Internet untuk Pemula

Ada beberapa alasan mengapa orang ingin tahu tentang cara mendapatkan uang dari…
hal yang harus dipersiapkan untuk membuat website

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Membuat Website

Bagi sebagian orang yang mempunyai bisnis online atau orang-orang yang ingin mengembangkan…