Cair Sebelum Lebaran! Begini Cara Cek Bansos di cekbansos.kemensos.go.id Terbaru Mei 2021

cara cek bansos di cekbansos.kemensos.go.id
cara cek bansos di cekbansos.kemensos.go.id

BACALAGERS MEDIA, Jakarta – Bantuan sosial atau bansos dari pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) rencananya akan dipercepat penyalurannya. Cek bansos di cekbansos.kemensos.go.id.

Bansos akan dipercepat pada Mei 2021, sehingga bisa dicairkan awal bulan atau sebelum Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Tujuannya, untuk menggenjot daya beli dan konsumsi masyarakat saat Lebaran.

“Kami mempercepat penyaluran bantuan sosial untuk PKH, BPNT, BLT Dana Desa. Kita minta untuk segera dijalankan yang bulan April dan bulan Mei agar segera diterima masyarakat,” ujar Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Kamis (22/4).

Baca juga: Cair Lagi! KLIK Eform.bri.co.id/bpum atau Banpresbpum.id, Buruan Cek Penerima BLT UMKM Rp 1,2 Juta di BNI dan BRI

Senada, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, ada kemungkinan bansos untuk Mei dan Juni akan dirapel.

“Bahkan kemungkinan akan dirapel, Mei-Juni akan diberikan sekaligus, agar kemudian bisa digunakan untuk merayakan Lebaran,” kata dia.

Baca juga: Cair Lagi! Begini Cara Cek, Syarat & Total Kuota dari Kemendikbud

Cara Cek Bansos dari Kemensos

cara cek bansos di cekbansos.kemensos.go.id

Baca juga: Duh, 10 Profesi Ini Tak Ada Libur di Hari Raya. Mudik Kampung Halaman Pun Tinggal Kenangan

Kemensos terus memperbarui data penerima bantuan sosial. Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan, data New DTKS tersebut dapat diakses oleh publik melalui aplikasi berbasis web di https://cekbansos.kemensos.go.id.

Melalui laman ini, data penerima bantuan sosial yang telah disalurkan maupun yang masih dalam proses dapat diakses oleh siapa saja.

“Melalui aplikasi ini, publik dapat memantau penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai dengan menyebutkan nama dan desa/kelurahan tempat tinggalnya,” ujarnya Mensos.

Berikut cara cek penerima bansos dari Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id, antara lain:

  1. Kunjungi cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Kemudian pilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa tempat tinggal Ketikkan nama sesuai KTP.
  3. Masukkan empat huruf kode yang tertera dalam kotak kode.
  4. Jika tidak jelas huruf kode, klik kota kode tersebut untuk mendapatkan kode baru.
  5. Lalu, klik tombol cari.
  6. Nantinya, sistem akan mencocokan Nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan wilayah yang diinput serta membandingkan dengan nama yang ada dalam database Kemensos.

Cek data penerima bisa dilakukan siapa saja melalui laman cekbansos.kemensos.go.id. Dan, Kemensos telah meningkatkan integritas Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Hal ini untuk memastikan seluruh data memiliki identitas tunggal dan Nomor Identitas Kependudukan (NIK) yang padan dengan data kependudukan yang dikelola Kementerian Dalam Negeri.

“DTKS sepanjang bulan Maret telah dipulihkan integritasnya dan ditetapkan pada 1 April 2021 melalui Kepmensos No 12/HUK/2021 sehingga menjadi New DTKS,” ujar Risma, seperti dilansir dari Setkab.go.id, Rabu (21/4).

Risma menambahkan, Kemensos telah menonaktifkan lebih kurang 21 juta data ganda. “Kita melakukan pengontrolan data. Jadi kami kemarin sudah berkomunikasi dengan BPK, BPKP, KPK, Kejaksaan Agung, dan Kepolisian, kami menidurkan 21,156 juta data,” ujarnya.

Ke depan, New DTKS akan ditetapkan sekurangnya setiap bulan guna memastikan integritasnya terus ditingkatkan sekaligus mengakomodasi dinamika sosial masyarakat.

Media Online Masa Kini Seputar Gaya Hidup Terkini, Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Tips Kesehatan, Android Terbaru, Panduan Belajar SEO, Tips menjadi Blogger Sukses, Info Investasi Properti di Indonesia.