13+ Aplikasi Internet Gratis di Android Terbaik Tanpa Root, Langsung Connect!

  • Bagikan

Di zaman serba digital ini, semua orang pastinya membutuhkan yang namanya kuota internet, untuk itulah banyak orang yang membutuhkan aplikasi internet gratis terbaik di Android tanpa root.

Bukan hanya untuk mengakses internet saja, namun kini kuota banyak digunakan untuk meeting daring, bermain game online, dan lainnya. Apalagi di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, tentunya harus menghemat kuota internet, bukan?

Nah, sebenarnya ada berbagai aplikasi internet gratis terbaik dan terbaru yang bisa digunakan hanya dengan bermodalkan HP Android.

Baca juga: 15 Cara Internetan Gratis Tanpa Kuota Seumur Hidup

Nantinya, dengan menggunakan aplikasi internet gratis di Android ini maka kalian akan bisa mengaksesnya untuk berbagai keperluan dalam berselancar di dunia maya dan aktivitas lainnya.

Tak perlu mengeluarkan uang, semuanya bisa dinikmati secara gratis dan unlimited semau kamu. Walaupun begitu, aplikasi-aplikasi tersebut perlu diatur dan dikonfigurasi agar bisa berjalan dengan lancar dan bisa dipakai untuk internetan secara gratis.

Baca juga: Pengertian Internet: Sejarah, Perkembangan, Istilah, Fungsi dan Manfaatnya

Aplikasi internet gratis yang penulis rangkum di  bawah ini tidak perlu akses root terlebih dahulu. Kamu hanya perlu menyiapkan perangkat Android dan menginstall beberapa aplikasi-aplikasi tersebut.

Terlebih, aplikasi internet gratis di Android ini tidak membutuhkan kuota dan pulsa sehingga memungkinkanmu untuk mengakses internet tanpa perlu merogoh kocek untuk beli kuota.

Deretan Aplikasi Internet Gratis Terbaik dan Unlimited di Android

Umumnya, aplikasi-aplikasi internet gratis ini bisa digunakan untuk berbagai provider internet termasuk Telkomsel, 3 (Three), Indosat, Smartfren, Axis, dan masih banyak lagi.

Nah, tentunya kamu penasaran aplikasi apa saja yang bisa dibuat untuk internetan gratis di Android, bukan? Yuk, simak terus artikel ini sampai habis agar tidak melewatkan informasi menariknya.

1. HTTP Injector

aplikasi internet gratis terbaik di android tanpa root

Aplikasi internet gratis di urutan pertama adalah HTTP injector. Aplikasi VPN terbaik dan populer yang dikembangkan oleh Evozi ini menyediakan beragam fitur yang terbilang sangat lengkap.

Kalian bisa connect menggunakan tunnel types seperti SSH, Proxy, SSL (TLS), DNS tunnel, Shadowshocks, v2ray, hingga VMess.

Dengan fitur-fitur tersebut tentunya akan membuat kamu bisa menjelajahi internet secara aman dan private tanpa perlu khawatir.

Selain itu, HTTP Injector memiliki ukuran yang relatif kecil dan support Android minimal 4.0. Dan HTTP injector sendiri tidak memerlukan akses root terlebih dahulu.

Menariknya lagi, HTTP Injector menyediakan server sendiri agar kalian tak perlu repot menghubungkan SSH, VPN, atau DNS tanpa harus buat dari web penyedia layanan tersebut. Nah, aplikasi ini juga memiliki antarmuka yang simple sehingga memudahkan kamu untuk mengeksplornya.

Namun, untuk mengakses intenet gratis dari aplikasi ini maka kamu perlu membuat config sendiri yang disesuaikan dengan bug dari masing-masing provider.

Setelah itu, kalian bisa meracik bug tersebut lewat payload generator dengan menyesuaikan tunnel typenya seperti Dnsurgent, SSH, Shadowsocks, ataupun V2ray agar bisa terhubung dan nyantol.

Lebih lanjut, jangan lupa untuk mengisi SSH baik dari web penyedia layanan yang kamu buat maupun dari server yang disediakan oleh aplikasi itu sendiri.

Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga menyediakan fitur premium yang bisa dibeli secara penuh.

Manfaat yang kamu dapatkan jika kamu menguprade ke  versi pro adalah bebas dari iklan, server ssh premium khusus, Login SSH dengan ID perangkat, dan juga mendukung pengembang dan lainnya yang akan datang.

Baca juga: 4+ Cara Cek Kuota XL & Masa Aktifnya Terbaru 2021 (Internet, Telepon, SMS)

2. HTTP Custom

aplikasi internet gratis terbaik di android tanpa root

Seperti namanya, HTTP Custom adalah aplikasi VPN dengan header Custom yang memiliki banyak fitur sama dengan aplikasi sebelumnya.

Namun, aplikasi ini hanya menyediakan server VPN saja, sehingga kamu harus membuat server sendiri untuk menggunakan SSH di web penyedia layanan SSH dan VPN.

Terlebih, HTTP Custom juga memiliki antarmuka yang simple sehingga mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.

Tak hanya terdapat SSH/SSL, VPN, DNS, tetapi HTTP Custom juga mendukung v2ray dan Psiphon yang bisa digunakan di bagian plugin.

Selain itu, aplikasi yang dikemabangkan oleh ePro Dev. Team ini tidak memerlukan akses root dan support Android minimal 4.0.

Untuk menggunakannya pun kamu hanya perlu mengisi bug sesuai provider agar dapat terhubung dan memilih tunnel type yang disediakan seperti SSH/SSL, VPN, dan DNS.

Baca juga: 4 Cara Cek Kuota Internet AXIS + Masa Aktif (Internet, Telepon, SMS)

3. Shadowsocks

aplikasi internet gratis terbaik di android tanpa root

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Shadowsocks merupakan aplikasi open source cross-platform fast tunnel proxy yang membantumu untuk bypass firewall. Meskipun fiturnya tidak selengkap aplikasi HTTP Injector, namun fitur-fitur yang dihadirkan penulis rasa cukup.

Apalagi, aplikasi ini sangat ringan dan hemat baterai, sehingga sangat cocok untuk kalian yang mempunyai hape dengan spek kentang.

Selain itu, sebab aplikasi ini open source maka sudah tersedia di berbagai platform termasuk PC, MAC, Mobile (Android & iOS), dan juga Router (OpenWRT). Cara menggunakannya sebenarnya tidak mudah dan juga tidak sulit.

Pasalnya, kamu hanya perlu menginstall plugin tambahan di Play Store yang bernama Simple Obfuscation. Kemudian, buat akun Shadowsocks di web yang menyediakan layanan tersebut.

Sudah banyak kok yang menyediakan akun Shadowsocks secara gratis, kalian hanya perlu mencarinya di Google dengan keyword “Shadowsocks account”.

Setelah semua sudah ditambahkan, silakan import akun shadowsocks yang sudah kamu buat ke aplikasi tersebut.

Nantinya, kamu perlu mengatur konfigurasi sedikit di bagian plugin untuk menambahkan bug pada bagian tunnel type SSL/HTTP. Aplikasi ini juga tidak memerlukan akses root terlebih dahulu.

Baca juga: 4 Cara Cek Kuota Telkomsel & Masa Aktifnya Terbaru 2021, Gampang Banget!

4. Anonytun

aplikasi internet gratis terbaik di android tanpa root

Aplikasi internet gratis dan unlimited selanjutnya adalah Anonytun. Aplikasi vpn tunnel yang sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna ini memiliki ukuran yang ringan serta tidak memerlukan akses root.

Menariknya lagi, Anonytun telah menyediakan berbagai server VPN sehingga kamu tidak harus membuat akun SSH terlebih dahulu.

Untuk cara kerjanya sendiri, kamu hanya perlu mengatur payload dengan bug yang disesuaikan oleh provider yang dipakai.

Selain itu, speed dari aplikasi ini hampir sama dengan speed dari jaringan 4G, lho. Bahkan, speednya bisa mencapai 2 Mbps untuk sekali unduhan atau dibuat untuk streaming.

Baca juga: 6 Cara Cek Kuota Indosat Ooredoo + Masa Aktifnya Terbaru 2021, Mudah dan Praktis!

5. Psiphon Pro

aplikasi internet gratis terbaik di android tanpa root

Aplikasi internet gratis yang tak kalah populer berikutnya adalah Psiphon pro. Sama seperti Anonytun, aplikasi ini tidak memerlukan regitstrasi. Hanya dengan mengatur sedikit konfigurasi dan tinggal menekan tombol connect, maka kamu akan langsung terhubung.

Menyediakan berbagai ribuan server, Psiphon pro tidak memerlukan akses root terlebih dahulu.

Selain itu, kamu juga bisa mengakses internet secara gratis melalui aplikasi ini walaupun tanpa pulsa dan kuota. Kamu hanya perlu untuk mengatur konfigurasinya yang terbilang agak sedikit rumit.

Meskipun pengaturan konfignya rumit, namun saat sudah bisa terhubung maka kalian bebas untuk mengakses apapun.

Termasuk internet positif dan halaman yang diblokir pemerintah. Sebab, Psiphon pro  dapat membuka akses bagi server proxy.

Namun, untuk pengguna non premium maka kecepatannya akan dibatasi sebesar 2 Mbps, sehingga kamu harus meningkatkan ke versi premium untuk mendapatkan versi speed yang diinginkan.

Baca juga: 2+ Cara Mengatasi Google Drive Minta Izin Akses (You Need Permission & Access Denied)

6. OpenVPN Connect

aplikasi internet gratis terbaik di android tanpa root

OpenVPN Connect merupakan aplikasi VPN terbaik untuk Android yang dikembangkan oleh OpenVPN, inc. Bagaimana tidak, kecepatan aplikasi ini terbilang sangat cepat saat sudah terhubung.

Cara penggunaannya sendiri adalah dengan membuat akun OpenVPN di penyedia layanan tersebut, kemudian impor akun yang sudah dibuat ke aplikasi ini.

Selain itu, untuk kamu yang ingin mengakses internet gratis dari aplikasi ini maka kamu harus mengatur konfigurasi sendiri dengan menambahkan bug.

Meskipun terbilang ribet, namun saat berhasil terhubung maka kalian bisa berinternetan gratis dengan speed yang memuaskan. Terlebih, kamu tak perlu mengisi kuota dan pulsa lagi saat sudah bisa menggunakannya.

Nah, cara kerjanya adalah dengan menyambungkan PTP yang sudah terenkripsi. Lebih lanjut, aplikasi ini akan memberikan private key dan sertifikat, dimana hal tersebut akan membuat kamu dapat mengakses internet secara gratis dan juga aman.

Baca juga: 2 Cara Mengatasi Limit Google Drive di PC & Android Terbaru 2021

7. KPN Tunnel Rev

aplikasi internet gratis terbaik di android tanpa root

Aplikasi VPN tunnel yang dikembangkan oleh dev Noobz-ID Software ini  merupakan salah satu aplikasi internet gratis terbaik. Sama seperti HTTP Injector, KPN Tunnel Rev menggunakan akun SSH agar dapat terhubung ke internet.

Untuk menggunakannya maka kamu harus meracik bug dari provider yang digunakan di payload generator pada aplikasi ini.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki segudang fitur menarik, lho. Kamu tinggal memilih mau terhubung lewat tunnel type yang mana, ada SSL/TLS, Proksi HTTP, Proksi Direct, dan Direct Proxy.

Terlebih, aplikasi vpn tunnel populer ini sudah support Android minimal 4.0 dan kamu bisa menggunakannya lewat perangkat yang sudah di root atau belum. Apalagi, aplikasi ini terbilang ringan dan hemat baterai.

Baca juga: Begini Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis 30 GB Telkomsel, Buruan Sikat!

8. VPN Client Pro

aplikasi internet gratis terbaik di android tanpa root

Seperti namanya, aplikasi ini merupakan klien VPN yang memungkinkanmu untuk terhubung ke OpenVPN, SSTP, Wireguard, dan OpenConnect. Fitur-fitur yang dihadirkan pun sangat lengkap.

Namun, kamu harus berlangganan subsription agar bisa mengakses fitur dan protokol lainnya yang lebih lengkap. Meskipun begitu, kamu tetap bisa menggunakan fitur OpenVPN basic-nya.

Untuk menggunakannya, kamu perlu mengatur konfigurasi yang lumayan tidak cukup sulit. Tinggal impor akun atau mengatur sendiri agar bisa terhubung ke internet.

Selain itu, dengan aplikasi ini maka kamu juga bisa membuka situs yang diblokir oleh pemerintah. Terlebih, aplikasi ini juga tidak memerlukan akses root.

Baca juga: 10 Dampak Positif dan Negatif Internet Bagi Dunia Pendidikan dan Siswa

9. Wireguard

aplikasi internet gratis terbaik di android tanpa root

Memiliki antarmuka yang sederhana dan simple, WireGuard adalah aplikasi internet gratis terbaik selanjutnya yang ringan dan hemat baterai.

Cara penggunannya adalah dengan membuat konfig di penyedia layanan akun WireGuard atau kalian juga bisa mengaturnya sendiri di aplikasi ini jika mempunyai server sendiri.

Untuk membuat konfig di layanan WireGuard, kamu juga membutuhkan bug SSL untuk dimasukkan di bagian endpoint agar dapat terhubung ke aplikasi itu sendiri.

Kamu juga harus mengatur DNS agar bisa melewati internet positif. Kecepatan dari WireGuard terbilang sangat ngacir saat sudah connect.

BONUS

Saat kamu sudah bisa menggunakan aplikasi internet gratis yang telah penulis sebutkan di atas, maka kalian pasti membutuhkan cara bagaimana menghubungkan vpn dari Android ke laptop tanpa root. Berikut selengkapnya:

10. PdaNet+

aplikasi internet gratis terbaik di android tanpa root

Aplikasi terakhir untuk internet gratis adalah PdaNet+ yang merupakan jembatan untuk menghubungkan VPN agar menjadi hotspot.

Saat sudah terhubung dengan baik di aplikasi intenet gratis dan unlimited pilihan kamu, tentunya kamu membutuhkan cara agar bisa terhubung dari VPN ke hotspot bukan?

Maka dari itu, kamu bisa menggunakan aplikasi PdaNet+ yang dapat diunduh secara grati di Play Store.

Untuk menggunakannya terbilang sangat mudah sekali. Kamu hanya perlu memilih untuk terhubung lewat mana.

Jika kamu ingin terhubung ke wifi secara langsung, maka dapat memilih bagian Wifi Direct Hotspot dan mengatur proxy di bagian client agar dapat saling terhubung.

Jika kamu ingin terhubung dari USB, maka tinggal langsung pilih USB Tether apabila tidak ingin ribet.

Ketika kamu ingin menggunakan PdaNet+ di klien seperti PC, maka kamu harus mengunduh versi PC-nya di Google.

Nah, sebenarnya untuk menghubungkan VPN ke hotspot juga bisa dari HTTP Injector, HTTP Custom, ataupun KPN Tunnel Rev. Hanya saja, hal tersebut membutuhkan ijin akses root terlebih dahulu.

Nah, itulah dia daftar aplikasi internet gratis terbaik dan populer yang sudah terbukti work. Semua aplikasi yang sudah penulis rangkum diatas tersedia di Google Play Store. Jadi, aplikasi mana nih yang bakal kamu cobain duluan?

  • Bagikan