tips agar naik gaji dengan cepat tanpa harus pindah kantor
tips agar naik gaji dengan cepat tanpa harus pindah kantor

Awal tahun ini, pemerintah kembali mengumumkan kenaikan Upah Minimum Provinsi atau UMP. Terlepas dari imbauan dan peraturan pemerintah soal kenaikan gaji, tentunya Anda juga ingin mendapatkannya meski saat ini gaji sudah berada di batas UMP, kan? Ada tips agar naik gaji yang bisa Anda terapkan.

Memang, untuk mendapatkan kenaikan gaji bukanlah perkara yang mudah. Anda harus bisa menunjukkan bahwa Anda layak untuk mendapatkan kelebihan intensif lebih dulu. Bukan berarti itu tidak bisa dilakukan, ya! Ini dia tips agar naik gaji yang bisa Anda terapkan!

Tips Agar Naik Gaji Tanpa Harus Pindah Kerja

cara dan tips agar naik gaji dengan cepat
cara dan tips agar naik gaji dengan cepat

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kenaikan gaji. Yuk, simak aja ulasan berikut ini.

1. Memaksimalkan Hard Skill dan Soft Skill

Saat ini, banyak sekali perusahaan yang tidak lagi mempedulikan lulusan apa Anda. Kebanyakan perusahaan tersebut akan lebih berfokus pada kemampuan pengalaman yang Anda miliki. Ini bisa Anda manfaatkan sebagai tips agar naik gaji yang cepat.

Dengan memiliki keahlian atau kemampuan teknis (hard skill), keahlisan soft skill yang mumpuni atau setidaknya cukup bagus, secara tak langsung perusahaan akan mengakui keberadaan Anda.

Baca juga: 4+ Soft Skill yang Harus Dimiliki Karyawan, Apa Saja?

Dengan banyaknya pengalaman dan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, maka Anda pun akan lebih dihargai. Kalau sudah begini, tentunya gaji Anda akan lebih mudah naik.

2. Memberikan Kontribusi Terbaik untuk Kantor

Hal lain yang harus Anda lakukan agar cepat naik gaji adalah berikan kontribusi terbaik yang bisa Anda berikan. Tunjukkan apa yang Anda kuasai soal ketepatan dan kecepatan bekerja.

Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan apa yang Anda mau dengan lebih efektif dan aman dibanding bila Anda memilih untuk mencari muka.

Bila Anda memilih hanya mencari muka, mungkin Anda bisa mendapatkan gaji besar dengan cepat. Namun, lingkungan kerja Anda akan menjadi semakin tak sehat ke depannya.

Oleh sebab itu, menunjukkan kontribusi dan konsistensi Anda pada perusahaan adalah pilihan yang tepat sebagai tips agar naik gaji yang bisa Anda terapkan.

3. Cepat Beradaptasi dengan Lingkungan dan Loyal Kepada Atasan

Setiap apa yang Anda inginkan tentunya membutuhkan pengorbanan yang tak mudah. Begitu juga bila Anda naik gaji. Mungkin Anda akan diminta untuk bekerja di lingkungan baru oleh perusahaan.

Anda tak boleh cepat menyerah atau malas dalam menghadapinya. Percepat proses beradaptasi dan sebisa mungkin tunjukkan antusias Anda serta loyal lah kepada atasan Anda.

Maksud dari loyal adalah jangan pernah perhitungan soal pekerjaan dan tanggung jawab yang ada kepada atasan dan buatlah bos menjadi lebih bahagia atas kinerja yang Anda berikan.

4. Menampilkan Kemampuan Pada Bidang Saat ini dan yang Diminati

Salah satu alasan mengapa Anda harus cepat beradaptasi dengan lingkungan baru perusahaan adalah agar Anda bisa dengan mudah bersaing secara sehat dengan rekan kerja.

Saat Anda bisa menunjukkan bahwa Anda bisa bersaing dengan sehat, maka Anda bisa menunjukkan kemampuan yang Anda miliki dan dapatkan sertifikat resmi keahlian yang Anda miliki agar diakui oleh atasan.

Baca juga: 5 Manfaat Sertifikat Brevet Pajak untuk Pekerjaan agar Naik Gaji

Dengan begitu, bukan tak mungkin gaji Anda akan lebih cepat naik. Selain itu, cobalah untuk mengikuti pelatihan atau mendapatkan sertifikat yang bisa menunjang profesi Anda.

Cobalah untuk terus menjadi karyawan yang cerdas, kritis, disiplin, taat peraturan kerja dan terus berusaha memberikan inovasi terbaik demi kesuksesan dan keberhasilan bersama.

Baca juga: Inilah 5 Skill Kerja di Era Industri 4.0 yang Paling Dibutuhkan

5. Cobalah Meminta Kenaikan Gaji Secara Halus

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan bila setelah Anda melakukan yang terbaik untuk perusahaan tapi belum naik gaji adalah mintalah kenaikan gaji. Ingat, cobalah cara ini sebagai pilihan cara terakhir bila dalam realitas Anda tak kunjung mendapatkan kenaikan gaji padahal Anda sudah menunjukkan kontribusi maksimal terhadap perusahaan.

Hal ini cukup penting sebab sebenarnya kenaikan gaji untuk karyawan teladan dan bisa memberikan contoh yang baik adalah wajar bahkan harus. Jadi, jangan ragu untuk meminta kenaikan gaji pada atasan Anda.

Cara ini biasanya cukup ampuh. Namun, tentu saja ketika menerapkan tips agar naik gaji yang satu ini, Anda juga memperhatikan kondisi perusahaan Anda.

Bila sedang baik, tak apa. Kalau sedang buruk, tentu saja pertimbangkan lagi. Salah-salah, malah Anda yang kena pecat. Mau? Tidak, kan?

Baca juga: 5 Situs Bursa Kerja Resmi dan Terpercaya di Indonesia

Nah, itulah beberapa tips agar naik gaji yang bisa Anda terapkan. Loyal dan bisa menunjukkan yang terbaik pada perusahaan adalah salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan agar cepat naik gaji.

Biasanya, perusahaan tak akan segan-segan memberikan kenaikan gaji bila pekerjaan Anda memuaskan dan juga bisa memberikan kontribusi baik.

 

5 Tips Agar Naik Gaji dengan Cepat yang Bisa Anda Terapkan Tanpa Pindah Kerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sign Up for Our Newsletters

Get notified of the best deals on our WordPress themes.