Dua Tipe Dasar Asuransi Kendaraan yang Harus Kamu Tahu

  • Bagikan

Apa saja sih tipe-tipe asuransi kendaraan roda empat yang Kamu ketahui? Jika belum tahu, yuk simak selengkapnya pada artikel ini.

Rasanya senang sekali ketika berhasil menyisihkan uang dan bisa beli kendaraan sendiri. Bisa pergi kemana-mana dengan lebih leluasa, fleksibel, dan pastinya, bisa lebih hemat juga! Eits, tapi tunggu dulu, guys!

Baca juga: 6 Tips Memberikan Hadiah Mobil Untuk Anak yang Sudah Kuliah

Apakah kamu tahu berapa biaya turun mesin mobil? atau gimana kalau sampai ada pencuri yang mengambil motor kamu? Wah! Rasa senang ini berubah menjadi rasa khawatir hanya dalam sekejap.

Nah, supaya rasa senang kita bisa terjaga lebih lama dari rasa khawatir akibat hal-hal yang mungkin terjadi di luar kuasa kita, penting untuk kita memiliki rencana perlindungan jangka panjang. Salah satunya adalah dengan menggunakan jasa asuransi kendaraan. Punya asuransi, berarti kita punya jaminan perlindungan.

Baca juga: 6 Tata Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai Agar Mesin Tetap Prima

Untuk kamu yang tertarik memiliki asuransi kendaraan, sudah cukup banyak lho perusahaan yang menyediakan jasa asuransi ini, seperti di antaranya adalah Asuransi Mobil ACA Jakarta.

Tipe-Tipe Dasar Asuransi Kendaraan Bermotor (Mobil)

Namun, sebelum kamu mulai memilih asuransi diantara banyaknya pilihan layanan di luar sana, pastikan dulu kamu memahami dua tipe dasar asuransi kendaraan yang harus kamu tahu ini, ya!

Baca juga: 4 Cara Merawat Cat Mobil Warna Silver Agar Tetap Kinclong

1. Asuransi TLO (Total Loss Only)

Seperti kepanjangan dari namanya, Total Loss Only, tipe asuransi ini adalah produk asuransi yang akan memberikan ganti rugi kepada nasabahnya HANYA jika kendaraan tersebut rusak total atau hilang, guys. Asuransi TLO ini cocok untuk kamu yang berada di wilayah rawan pencurian atau rawan banjir.

Selain itu, asuransi TLO ini juga cocok untuk kendaraan bekas atau yang usianya berkisar mendekati 10 tahun. Meskipun terhitung sudah cukup tua, namun masih mungkin untuk diasuransikan menggunakan asuransi Total Loss Only ini.

Namun, secara keseluruhan, usia maksimal mobil yang masih diterima untuk tanggungan asuransi TLO ini adalah 20 tahun.

Jika dibandingkan dengan tipe asuransi All Risk, keunggulan asuransi TLO adalah preminya yang lebih murah. Hal ini dikarenakan risiko yang ditanggung juga tidak seluas asuransi All Risk.

Jika budget asuransi kamu sangat terbatas, asuransi TLO ini juga bisa jadi pilihan yang lebih baik untukmu saat ini, guys.

2. Asuransi All Risk

Asuransi kendaraan satu ini adalah tipe asuransi yang dapat menanggung ganti rugi segala jenis kemungkinan kerusakan, sesuai dengan namanya, All Risk.

Mulai dari yang ringan seperti baret atau penyok, hingga yang parah seperti hilang akibat pencurian. Bisa bikin hati kamu jadi lebih tenang ketika harus meninggalkan motormu di parkiran depan, kan?

Asuransi All Risk ini adalah asuransi perlindungan jangka panjang dan komprehensif meliputi banyak hal.

Jenis asuransi ini akan memberikan jaminan perlindungan yang luas, jaminan kerusakan atau kerugian terhadap kendaraan bermotor, juga hal seperti kecelakaan, perbuatan jahat, kebakaran, dan sebagainya.

Batas usia kendaraan yang bisa didaftarkan dalam asuransi All Risk adalah 10 tahun untuk mobil dan 2 tahun untuk motor.

Premi All Risk memang kerap lebih mahal daripada TLO, namun sesuai dengan perlindungan yang akan didapatkan oleh kendaraan bermotor kamu.

Jika kamu memiliki budget lebih untuk asuransi kendaraan, tidak ada salahnya untuk memilih asuransi tipe All Risk ini, karena tentu akan lebih bermanfaat untuk melindungi kendaraan baru kamu yang masih kinclong itu.

Bagaimana jika sudah terlanjur membeli asuransi TLO, namun ingin meng-upgradenya ke All Risk?

Bisa! Sebagian perusahaan jasa asuransi bisa membantu kamu untuk mengupgrade tipe asuransi kamu menjadi All Risk ketika periode asuransi TLO kamu sudah berakhir.

Jadi, pastikan kamu menghubungi jasa asuransi pilihan kamu sebelum periode asuransi TLO kamu berakhir ya, agar mereka dapat segera menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk upgrade asuransi kamu.

Nah, itulahdua tipe dasar asuransi kendaraan yang harus kamu tahu untuk perlindungan kendaraan bermotor kamu. Di antara kedua asuransi ini, mana asuransi yang lebih tepat untuk kondisi kendaraan dan situasi kamu saat ini?

Dengan keunggulannya masing-masing, pastikan tipe asuransi pilihan kamu memang adalah yang paling menguntungkan untukmu saat ini dan ke depannya hingga akhir periode asuransi kamu ya, guys!

  • Bagikan