6 Tata Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai Agar Mesin Tetap Prima

  • Bagikan
tips dan cara merawat mobil yang jarang dipakai agar mesin tetap prima
cara merawat mobil yang jarang dipakai agar mesin selalu prima (foto: freepik)

Service mobil merupakan salah satu kegiatan untuk merawat mobil yang jarang dipakai agar tetap dalam kondisi prima. Karena meskipun kendaraan tersebut jarang dipakai, namun kamu sebagai pemilik wajib merawatnya dengan benar. Jika tidak, biar pun mobil jarang dipakai tetap saja bisa berpotensi mengalami kerusakan.

Terlebih di masa pandemi seperti ini, banyak orang yang takut untuk bepergian. Efeknya kendaraan menjadi tidak diperhatikan karena jarangnya menggunakan kendaraan tersebut.

Bagi kamu yang mempunyai solusi mengenai cara merawat kendaraan yang jarang dipakai, kamu bisa mencoba membagi ilmu dalam bentuk tulisan.

Baca juga: 4 Cara Merawat Cat Mobil Warna Silver Agar Tetap Kinclong

Bagaimana Merawat Mobil yang Jarang Dipakai Agar Kendaraan Tidak Cepat Rusak?

tips dan cara merawat mobil yang jarang dipakai agar mesin tetap prima

Baca juga: 5 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas, Jangan Sampai Salah Pilih!

Dengan adanya himbauan untuk melakukan social distancing, menjadikan mobil sering terparkir di garasi karena jarang melakukan kegiatan di luar.

Mobil yang jarang terpakai inilah yang justru memerlukan perawatan ekstra. Hal ini karena pada dasarnya mobil memang dirancang untuk terus beroperasi.

Namun rupanya masih banyak orang yang belum mengetahui potensi kerusakan yang mengintai kendaraan tersebut. Kamu wajib tahu apa saja yang perlu dilakukan untuk mencegah agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Berikut ini akan kami bagikan tips dalam merawat mobil yang jarang dipakai agar kondisinya selalu prima.

1. Panaskan Mobil Secara Berkala

tips dan cara merawat mobil yang jarang dipakai agar mesin tetap prima

Memanaskan kendaraan secara berkala terjadi sering dilupakan oleh pemiliknya, padahal hal sepele ini sangat perlu dilakukan. Karena mobil yang jarang dipakai atau terlalu lama diam justru akan berpotensi menjadi mogok. Jika tidak rutin menggunakan mobil untuk beroperasi, setidaknya panaskan mobil secara berkala.

Tidak perlu terlalu sering, cukup 4-5 kali dalam seminggu. Ketika melakukan kegiatan ini, usahakan sambil memainkan seluruh panel instrumen yang terdapat dalam kabin. Seperti lampu utama, klakson, power window, lampu sein, atau sekedar memaju-mundurkan kendaraan di garasi.

Tapi akan lebih baik lagi jika digunakan untuk berkendara walau jarak dekat. Seperti memutari kompleks atau sekedar untuk mengisi bahan bakar. Hal ini agar alternator bekerja secara optimal dalam pengisian aki, sehingga komponen kelistrikan tidak tekor.

Baca juga: 4 Alasan Cowok Lebih Pilih Mobil Manual Dibanding Mobil Matik

2. Gunakan Sarung Mobil dan Parkir di Tempat Teduh

tips dan cara merawat mobil yang jarang dipakai agar mesin tetap prima

Merawat kendaraan menggunakan cover mobil sangat perlu terlebih pada mobil yang jarang dipakai atau didiamkan terlalu lama. Dengan melakukan hal ini, maka kendaraan akan terhindar dari debu dan kotoran. Sehingga kebersihan mobil tetap terjaga dengan baik.

Selain itu, usahakan untuk memarkirkan kendaraan yang aman dari paparan sinar matahari dan hujan agar tidak menimbulkan kerugian. Dalam menutupi kendaraan menggunakan cover, usahakan untuk membuka sedikit jendela agar ada sirkulasi udara pada kabin.

Dengan begitu, udara panas dalam mobil bisa keluar. Karena ada beberapa kasus saat udara panas tertutup cover, interior mobil menjadi berjamur. Seperti pada bagian jok, kisi AC, setir, dasbor, bahkan karpet.

Baca juga: 9 Cara Memilih Mobil Bekas yang Berkualitas Harga Terjangkau

3. Menggunakan Ganjal Ban (Wheel Stopper)

tips dan cara merawat mobil yang jarang dipakai agar mesin tetap prima

Cara merawat mobil yang jarang dipakai selanjutnya dengan menggunakan pengganjal pada bagian ban. Hal ini bertujuan untuk menahan mobil agar tidak menggunakan rem tangan.

Hindari menggunakan rem tangan pada mobil yang jarang dipakai dalam waktu lama agar rem tidak berkarat.

Karena saat rem tangan didiamkan terlalu lama akan berpotensi menjadi lengket dan berkarat. Jika memang mobil akan didiamkan dalam waktu yang lama, kamu bisa menggunakan jack stand.

Gunakan alat ini pada keempat roda, sehingga mobil yang jarang dipakai dalam kondisi tergantung.

Baca juga: 8 Mobil Sport Murah Terbaik yang Cocok Jadi Aset Investasi

4. Memeriksa Tekanan Ban

tips dan cara merawat mobil yang jarang dipakai agar mesin tetap prima

Tekanan udara pada ban mobil yang jarang dipakai biasanya akan berkurang sedikit demi sedikit sehingga butuh ketelitian dalam merawatnya. Kamu sangat perlu memeriksa tekanan angin agar ban tidak kempes.

Karena tekanan angin yang berkurang ini lama-kelamaan akan berpotensi merusak ban. Periksa tekanan ban setidaknya satu minggu sekali pada mobil yang jarang dipakai tersebut.

Ban merupakan bagian dari kendaraan yang berfungsi untuk menopang bodi mobil dalam waktu lama. Ketika angin berkurang, maka ban mendapatkan tekanan yang sangat besar dari beban mobil. Sehingga bisa menimbulkan kerusakan atau penyok pada bagian velg.

Baca juga: 5 Mobil Listrik Murah di Indonesia yang Tak Boleh Dilewatkan

5. Jaga Kebersihan Eksterior dan Interior

tips dan cara merawat mobil yang jarang dipakai agar mesin tetap prima

Kamu bisa merawat mobil yang jarang dipakai dengan menjaga kebersihan pada bagian eksteriornya. Usahakan mobil selalu dalam keadaan bersih agar terhindar dari korosi dan gangguan pada cat seperti watermark atau jamur di kaca.

Selain itu, menjaga kebersihan interior juga menjadi hal yang tidak kalah penting. Meskipun mobil jarang dipakai, pastikan mobil bebas dari sisa makanan, sisa karcis parkir atau barang-barang sepele yang tidak terpakai.

Selain bisa mencegah kabin mobil dari aroma tidak sedap, kebersihan juga baik bagi kesehatan pengendara.

6. Memeriksa Mesin

tips dan cara merawat mobil yang jarang dipakai agar mesin tetap prima

Merawat mobil yang jarang dipakai memang harus mendetail, karena biasanya kerusakan mesin bisa terdeteksi saat menggunakannya.

Namun pada kasus ini, kamu perlu melakukan lebih teliti lagi. Misalkan pemilik mobil sudah mendiamkan kendaraan terlalu lama, sebaiknya jangan sampai lupa memeriksa kondisi mesin.

Lakukan perawatan dengan cara melihat kondisi oli, membersihkan ruang mesin, melihat kondisi aki, dan air radiator. Untuk melihat kondisi aki, sebaiknya gunakan alat pengukur seperti multitester. Apabila kendaraan menggunakan aki basah, periksa juga kondisi air akinya.

Jika air pada aki berkurang, tambahkan air aki atau bisa dicas setelahnya. Agar lebih maksimal, kamu bisa mengunjungi Otoklix.

Di sana kamu bisa mendapatkan bengkel terpercaya untuk merawat kendaraan. Merawat mobil yang jarang dipakai dalam hal mesinnya merupakan hal yang paling penting.

Lomba Blog dari Otoklix

Kamu bisa menyalurkan hobi menulis dalam Blog Competition by Otoklix. Tidak perlu ragu, karena kamu berpeluang mendapatkan hadiah total puluhan juta rupiah atau voucher jajan dan service dari Otoklix.

Adapun tema penulisan Otoklix sebagai partner servis dan perawatan mobil terpercaya. Periode lomba diperpanjang hingga 30 Juni 2021 dan pemenang akan diumumkan pada 14 Juli 2021.

  • Bagikan