daftar rekomendasi objek destinasi dan tempat wisata di semarang paling populer tahun 2020
rekomendasi tempat wisata di semarang paling populer 2020

Beberapa orang ketika memikirkan kota Semarang di Jawa Tengah yang terlintas di pikiran adalah lumpia yang terkenal. Namun, selain makanan Semarang juga memiliki banyak tempat wisata menarik dan di bawah ini adalah 7 tempat wisata di Semarang yang harus dikunjungi saat berada di Semarang.

Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Paling Populer

Semarang selain terkenal dengan kuliner, juga terkenal dengan objek, destinasi wisata romantis di Semarang dan wisata alam nya memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan.

Saat mengunjungi Semarang sempatkan mampir ke tempat-tempat wisata di Semarang yang fenomenal di bawah ini, Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Kuil Sam Poo Kong

tempat wisata di semarang klenteng kuil sam poo kong
tempat wisata di semarang klenteng kuil sam poo kong

Ini merupakan kuil tertua dari lima kuil lainnya di Kompleks Sam Poo Kong. Klenteng Sam Poo Kong Semarang membentang lebih dari 3,2 hektar tanah yang memiliki perpaduan arsitektur rumit budaya Cina dan Jawa di abad 14. Kuil ini terletak di Jalan Simongan 3 km Barat Daya dari Simpang Lam, perkiraan 20 menit berkendara dari pusat kota.

Kuil ini memiliki atap pagoda berlapis tiga dengan gaya Asia Timur dan seluruh candi dicat dengan warna merah. Pondasi kuil diletakkan oleh seorang penjelajah muslim dari Cina Daratan bernama Laksamana Cheng Ho, atau dikenal sebagai Laksamana Cheng Ho. Kuil ini pernah terkena musibah tanah longsor pada tahun 1704 tapi telah direnovasi.

Kuil ini merupakan sebuah ruang spiritual dan keagamaan dan juga untuk mengenang masyarakat Cheng Ho. Kuil ini buka sepanjang hari dalam seminggu dan untuk semua jam sehari, tempat wisata di Semarang ini juga sering dikunjungi oleh rombongan tour pariwisata, mayoritas rombongan tersebut menggunakan bus pariwisata dari pusat sewa bus semarang yang terkenal di kota Semarang seperti Ranggawarsita Tour.

2. Gunung Ungaran

tempat wisata di semarang gunung ungaran
tempat wisata di semarang gunung ungaran

Gunung Ungaran terletak di ketinggian 2050 m di daerah kabupaten Semarang Indonesia. Gunung ini pada dasarnya adalah stratovolcano dari zaman batu Holocene, dengan dua fumarole aktif di sisi selatannya. Gunung ini berada ada di antara dua kota yaitu Kota Ambarawa di ujung selatan sedangkan Kota Ungaran di sisi Timur.

Saat liburan ke wisata Semarang Ungaran ini kamu juga bisa pergi ke tempat-tempat wisata yang berada dekat dengan gunung ini. Kamu bisa mengunjungi Candi Gedong Songo dan Danau Rawa Pening. Gunung ini terletak sekitar 45 km dari kota Semarang dan menawarkan panorama indah sepanjang perjalanan.

Jalur pendakian gunung ini cukup sulit untuk pemula. Jadi jika kamu ingin menghabiskan liburan dengan mendaki gunung ini pastikan segala peralatan pendakian lengkap. Di gunung ini memiliki beberapa mata air hangat yang cocok untuk melepas lelah.

3. Danau Rawa Pening

tempat wisata di semarang danau rawa pening
tempat wisata di semarang danau rawa pening

Danau Rawa Pening terletak di daerah Ambarawa di Jawa Tengah, Indonesia. Danau ini terbentuk antara 18000 dan 13500 SM setelah periode peningkatan curah hujan yang begitu besar. Dan danau ini telah dijadikan konservasi oleh pemerintah.

Rawa Pening selain berfungsi sebagai objek wisata bagi orang-orang, juga merupakan sumber pembangkit listrik tenaga air yang terletak di sungai Tuntang dekat danau.

Saat liburan ke tempat wisata alam di Semarang yang satu ini kamu dapat mencoba memancing di danau dan sungai yang berdekatan. Tempat ini sangat fotografis dan indah.

Wisata kabupaten Semarang ini juga menyediakan rekreasi naik perahu dengan biaya sekitar Rp100.000,00. Jika setelah puas menikmati berbagai hal di sini kamu bisa memesan beberapa makanan. Makanan laut di sini adalah yang terbaik dan sangat terkenal jadi pastikan kamu mencoba menu seperti olahan udang.

4. Flying Fox Bandungan

tempat wisata di semarang flying fox sidomukti jimbaran
tempat wisata di semarang flying fox sidomukti jimbaran

Rekomendasi tempat wisata di Semarang selanjutnya yang bisa kamu datangi adalah flying fox bandungan. Saat naik flying fox Sidomukti, Jimbaran ini kamu akan dibawa pada ketinggian 2.000 meter di atas tanah dan disuguhi pemandangan lembah yang indah. Biaya untuk naik flying fox di sini adalah Rp 33.000,-.

Tempat wisata alam di Semarang ini sangat cocok untuk kamu yang suka wahana ekstrim yang memacu adrenalin. Jika kamu berminat berkunjung ke sini kamu bisa pergi ke lokasi wisata di Jimbaran, kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

5. Lawang Sewu

tempat wisata di semarang lawang sewu
tempat wisata di semarang lawang sewu

Lawang Sewu adalah salah satu lokasi yang sangat terkenal di Semarang, Jawa Tengah. Lawang Sewu cukup sering disebut sebagai salah satu tempat paling angker di Indonesia. Nama lawang Sewu memiliki arti “seribu pintu” meskipun tidak benar-benar memiliki seribu pintu.

Lawang sewu ini merupakan peninggalan pada saat zaman Belanda yang masih terpelihara dengan baik meskipun memiliki masa lalu yang menyeramkan. Tidak hanya terkenal sebagai tempat yang sangat klasik ternyata Lawang Sewu memiliki kisah tersendiri.

Beberapa cerita yang beredar di masyarakat yaitu cerita tentang siksaan yang terjadi pada tahun 1940-an oleh Pasukan Jepang di Indonesia. Orang-orang sering mengklaim telah beberapa kali melihat penampakan hantu di sini. Tempat ini cocok untuk kamu yang suka misteri dan yang tertarik dengan sejarah kolonial Belanda.

6. Masjid Agung Jawa Tengah

tempat wisata di semarang masjid agung jawa tengah
tempat wisata di semarang masjid agung jawa tengah

Masjid Agung Jawa Tengah adalah masjid yang terletak di kota Semarang di Jawa Tengah, Indonesia. Masjid ini dibangun oleh arsitek Ir. H Ahmad Fanani dan selesai di didirikan pada tahun 2006. Masjid ini membentang di area seluas 15 hektar atau 25 hektar dengan tiga bangunan pusat yang disusun bersama dalam bentuk U.

Masjid Agung Jawa Tengah dibangun dengan gaya arsitektur yang memiliki kemiripan dengan budaya Jawa. Masjid ini dapat menampung lebih dari 15000 orang sekaligus dan auditorium dapat menampung hingga 2000 orang. Pembentukan masjid dimulai pada tahun 2001 dengan inisiatif menteri agama Said Agil Husin al-Munawar.

Saat berkunjung ke kota Semarang kamu bisa berkunjung ke sini. Fasilitas lain dari masjid ini adalah perpustakaan dan payung besar nan megah yang terpasang di dalam bangunan.

7. Galeri Seni Kontemporer

tempat wisata di semarang contemporary art gallery
tempat wisata di semarang contemporary art gallery

Wisatawan yang suka dengan seni bisa mengunjungi Galeri Seni Kontemporer Semarang untuk menikmati banyak karya seni Indonesia.

Galeri ini bertempat di sebuah bangunan bersejarah yang telah direnovasi dengan indah. Di tempat ini kamu bisa menikmati karya seni, lukisan, gambar, fotografi, dan patung.

Berkunjung ke galeri ini adalah salah satu kunjungan wisata yang sempurna bagi orang-orang yang menyukai seni dan budaya. Galeri ini buka dari jam 10 pagi sampai jam 4:30 sore dan untuk bisa masuk kamu hanya perlu membayar Rp 10.000,-.

Kota Semarang Sajikan Banyak Hal Istimewa

festival dugderan warak ngendog semarang
festival dugderan warak ngendog semarang

Meskipun sebagian besar digunakan sebagai pusat bisnis, pusat transportasi, dan tujuan wisata, Semarang menawarkan lebih hal untuk dinikmati.

Saat berkunjung ke kota ini kamu bisa menikmati berbagai arsitektur bergaya kolonial yang indah, makanan lokal yang lezat, dan sejarah yang menarik.

Kota ini juga merupakan rumah bagi serangkaian festival yang akan membuat para wisatawan betah berkunjung ke sini. Pameran di Kota Semarang biasanya diadakan pada bulan Juli dan menampilkan serangkaian hiburan lokal. Festival yang biasa digelar adalah Festival Dugderan dan Wayang Orang Ngesti Pandowo.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Semarang yang populer dan selalu ramai dikunjungi oleh rombongan pengunjung yang menggunakan bus pariwisata dari biro sewa bus semarang yang terkenal seperti Ranggawarsita Tour. Kamu pernah berkunjung ke salah tempatnya? bagikan pada kolom komentar di bawah. Jika ulasan ini menarik kamu juga bisa bagikan ke berbagai sosial media. Selamat liburan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sign Up for Our Newsletters

Get notified of the best deals on our WordPress themes.