daftar pilihan plugin seo terbaik untuk kebutuhan optimasi blog wordpress paling populer
daftar pilihan plugin seo terbaik untuk optimasi seo onpage wordpress

Optimasi SEO tentu diperlukan untuk menaikkan page rank website menjadi paling atas di mesin pencarian. Untuk kamu yang mengandalkan WordPress tentu harus paham apa saja plugin SEO untuk meningkatkan kualitas SEO sebuah situs blog/website. Ada beberapa plugin SEO terbaik WordPress yang penting untuk diketahui dan dipelajari.

Sebenarnya artikel ini bukan membahas khusus plugin SEO WordPress. Tapi, artikel ini membahas daftar pilihan plugin untuk kebutuhan optimasi SEO blog WordPress.

Pilihan Plugin SEO Terbaik WordPress yang Menjadi Andalan

daftar pilihan plugin seo terbaik untuk kebutuhan optimasi blog wordpress paling populer
daftar pilihan plugin seo terbaik untuk optimasi seo onpage wordpress

WordPress memang dirancang khusus agar SEO ramah terhadap search engine. Untuk kamu pemula, sangat baik jika menambah ilmu untuk mengetahui beberapa plugin SEO terbaik yang menjadi andalan.

Fungsi utama plugin SEO adalah untuk meningkatkan performa SEO. Simak penjelasannya berikut ini jangan sampai ada yang terlewatkan.

1. Yoast SEO

Plugin Yoast SEO WordPress menjadi yang paling teratas dibicarakan banyak orang karena merupakan plugin SEO terbaik yang dipakai banyak orang. Plugin satu ini banyak menangani aspek-aspek dari SEO situ WordPress milik kamu. Ada banyak yang bisa dilakukan dari plugin Yoast SEO ini.

Kamu bisa menetapkan kata kunci utama dan mengoptimalkan SEO untuk halaman website. Pengoptimalan media sosial seperti judul, deskripsi, dan gambar juga bisa dilakukan melalui plugin ini. Penambahan meta tag ke beranda, postingan, dan kontrol index pada blog kamu.

Selain itu masih ada beberapa lagi yang bisa dilakukan plugin ini seperti integrasi Google Search Console, membuat file sitemap, dan edit robots.txt dan .htaccess. Plugin ini tersedia gratisan dan juga berbayar.

2. Rank Math SEO WordPress

Kamu bisa menggunakan plugin SEO terbaik WordPress karena memang cukup handal untuk melakukan optimasi SEO WordPress.

Ada banyak sekali fitur di dalamnya yang memiliki tujuan untuk optimasi SEO On Page. Rank Math SEO WordPress ini bisa digunakan secara gratis dan sangat mudah dalam pengoptimalan SEO WordPress di mesin pencari google, bing, yandex, dll.

Juga terdapat fitur rich snippet untuk bermacam-macam situs seperti blog, review, video, profile, toko online, bisnis lokal, dan event. Yang Saya tahu, plugin Yoast SEO ini adalah plugin SEO yang paling banyak digunakan oleh para Jasa SEO di Indonesia.

Yang paling spesial dari plugin SEO terbaik WordPress adalah Rank Math SEO menjadi alternatif Plugin Yoast SEO dan All in One SEO Pack terbaik, paling rekomended saat ini, gratis dan punya fitur premium.

3. All In One One SEO Pack

All In One SEO Pack menjadi salah satu plugin terbaik yang juga bisa dijadikan andalan. Cukup banyak pengguna aktif dari plugin ini. Ada beberapa fitur yang diunggulkan dari plugin satu ini. Bisa membantu kamu untuk menghindari konten duplikasi yang bisa berpengaruh negatif ke peringkat di search engine.

Salah satu SEO terbaik ini juga mampu mengoptimasi judul untuk semua mesin pencarian. Mampu membuat meta tag otomatis dan terdapat dukungan Google Analytics serta XML Sitemap.

4. WP Super Cache

Plugin WordPress gratis WP Super Cache ini cukup disukai dan memiliki banyak sekali pengguna aktif yang menembus angka hingga 1 juta. Plugin satu ini membantu membuat file html status untuk keperluan website wordpress. Selain itu, yang unggul dari plugin ini adalah membuat loading website kamu lebih cepat.

Jika kecepatan website meningkat tentu orang-orang akan lebih lama betah di website milik kamu. Tentu juga akan berpengaruh pada meningkatnya page rank di mesin pencarian. Website ini memang sudah terbukti meningkatkan performa pada WordPress, belum lagi WP Super Cache adalah plugin gratis.

Plugin ini mampu memantau link yang ada di website jika terjadi kerusakan kamu bisa segera mengetahui dan memperbaikinya. Misalnya link yang ada pada postingan, komentar, dan halaman. Perbaikan bisa langsung dilakukan pada menu yang terdapat pada plugin.

Ini cukup praktis mengingat kamu tidak perlu lagi memperbaiki postingan secara manual. Kamu juga diberi pilihan jika ada link rusak maka notifikasi bisa dikirim melalui email atau langsung di dashboard WordPress.

6. Google XML Sitemaps

Plugin ini tentu dapat digunakan saat pembuatan Sitemap XML yang fungsinya membantu mesin pencarian untuk mengindeks website kamu. Sitemap memiliki fungsi untuk memudahkan perayap mesin pencarian saat melakukan indeks pada struktur website. Plugin ini juga mampu memberitahu secara otomatis saat ada postingan baru dari website kamu.

Kamu bisa menggunakan plugin Google XML Sitemaps secara gratis untuk keperluan blog pribadi ataupun blog komersial.

7. AMP for WP

Plugin kebutuhan optimasi SEO WordPress selanjutnya adalah AMP (Accelerated Mobile Pages). Plugin ini sangat berguna untuk membuat tampilan website mobile. Tentu zaman sekarang cukup banyak pengunjung yang menggunakan smartphone saat mengakses website.

Dukungan AMP membantu WordPress lebih mudah di akses secara cepat dan ringan. Kecepatannya bisa meningkat hingga 10 kali saat diakses melalui mobile phone. Ini akan berpengaruh pada peringkat website di mesin pencarian.

8. W3 Total Cache

Plugin ini membantu kamu untuk meningkatkan performa website yang kamu miliki. Tentu kamu tahu kecepatan website akan mempengaruhi SEO dan peringkat website di mesin pencarian.

Jadi kamu bisa menggunakan W3 Total Cache untuk membantu website bisa diakses cepat dan lebih user friendly.

9. Redirection

Redirection mampu membantumu dalam melakukan pengaturan redirect sebuah url yang ada pada website milikmu.

Kamu bisa melakukan pemantauan saat terjadi error 404. Tentu hal ini sangat berguna ketika kamu melakukan pindah website.

Saat ada perubahan direktori instalasi pada WordPress sangat berguna saat redirect URL lama ke yang baru.

10. SEO Ultimate

Plugin satu ini memang kurang terkenal dan belum terlalu banyak pengguna aktifnya tapi patut dicoba karena berbagai macam keunggulannya.

SEO Ultimate memiliki beberapa fitur yang dikemas secara khusus dalam sebuah module. Ada 404 Monitor, Rich Snippet Generator, Plug Optimizer, Link Mask Creator, dan masih banyak lagi.

11. Scribe

Scribe adalah plugin gratisan yang bisa kamu gunakan dengan berbagai keunggulan yang dimiliki. Plugin ini memiliki fitur riset yang sangat berguna tentu saja untuk optimasi SEO. Scribe membantu kamu dalam menentukan keyword yang sangat banyak diklik pengunjung di internet.

Meski tak terlalu banyak pengguna plugin ini tapi Scribe tak bisa dianggap sepele karena fitur-fitur yang dihadirkan.

SEO Internal Links ini sangat membantu dalam membuat backlink internal tanpa harus melakukannya secara manual. Jadi kamu bisa dengan mudah membuat backlink keyword ke postingan, halaman, atau tag tertentu secara otomatis. Backlink internal adalah salah satu solusi untuk menaikkan page rank di search engine.

13. FV Simpler SEO Pack

Plugin ini memberikan tampilan yang simpel dan mudah dimengerti. Sangat cocok digunakan untuk kamu yang pemula.

Plugin FV Simpler SEO Pack memang tidak terlalu memiliki banyak pengguna aktif tapi performanya tetap harus dicoba.

14. All In One Schema.Org Rich Snippets

Plugin satu ini membantu kamu membuat tampilan website pada mesin pencarian berbentuk text snippet. Ini membantu postingan kamu bisa lebih naik peringkatnya pada mesin pencarian apa saja.

Peningkatan peringkat blog di mesin pencari google adalah salah satu hal yang memang menjadi tujuan mengapa orang-orang memasang plugin SEO terbaik untuk kebutuhan optimasi blog WordPress melalui plugin Schema Rich Snippets ini agar tampilan di SERP semakin menarik dan memancing klik dan meningkatkan CTR blog.

15. WP Rocket

Kenapa plugin kebutuhan WordPress ini ditaruh paling akhir? Salah satu cara mempercepat loading blog WordPress untuk pemula hingga expert adalah menggunakan plugin ini.

Karena Plugin WP Rocket adalah plugin caching WordPress Premium (berbayar) yang bisa membantu kamu mempercepat loading blog WordPress dengan mengurangi beban file CSS, JavaScript dan HTML blog kamu.

Disisi lain, plugin kebutuhan optimasi SEO Onpage blog WordPress ini memiliki beragam fitur lazy load gambar, video dan lainnya yang akan kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau.

Oleh karena itu, plugin WP Rocket untuk optimasi loading blog WordPress ini menjadi rekomendasi plugin kebutuhan optimasi SEO terbaik blog WordPress untuk Kamu.

Nah, itulah daftar beberapa plugin SEO terbaik WordPress untuk kebutuhan optimasi SEO Onpage di mesin pencari yang bisa kamu coba satu persatu. Tentu ketika rajin mencoba, maka akan menemukan plugin yang tepat untuk performa website kamu. Jadi tunggu apalagi, segera pasang plugin sesuai kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sign Up for Our Newsletters

Get notified of the best deals on our WordPress themes.