Jaringan 5G: Teknologi Mumpuni Bagi Dunia Industri, Ini Keunggulannya

  • Bagikan

Jaringan telekomunikasi seluler yang berkualitas seperti jaringan 5G akan mempengaruhi pengembangan dunia industri sehingga menjadi lebih produktif lagi. Dunia industri yang semakin produktif tentu akan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan keuntungan.

Jika sebelumnya menggunakan jaringan seluler 4G, beberapa waktu yang lalu pemerintah telah memperluas jaringan seluler 4G menjadi 5G. Akan tetapi, jaringan seluler 5G baru bisa digunakan di empat wilayah strategis.

Adapun yang dimaksud dengan wilayah strategis di sini adalah wilayah destinasi prioritas, wilayah yang mempunyai pertumbuhan permintaan pasar, lokasi industri manufaktur serta Ibu kota Negara Baru.

Baca juga: 13 Rekomendasi HP untuk Anak Sekolah Online Rp 1 Jutaan Terbaik

Secara bertahap nantinya layanan jaringan 5G di Indonesia akan terus diperluas, terutama untuk daerah yang termasuk wilayah strategis.

Apa itu Jaringan Seluler 5G?

apa itu jaringan 5g adalah

Pada dasarnya, jaringan 5G adalah teknologi seluler generasi kelima. Di mana teknologi ini dirancang khusus untuk meningkatkan kecepatan, fleksibilitas layanan nirkabel dan juga mengurangi latensi.

Tidak hanya itu saja, jaringan 5G juga akan berguna untuk menyederhanakan mobilitas. Ini dikarenakan jaringan 5G memiliki kemampuan rooming terbuka tanpa batas antara akses seluler dengan WiFi.

Dilansir dari The Verge, jaringan 5G adalah jaringan generasi kelima (5G) yang menawarkan kecepatan internet yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Jaringan seluler generasi kelima ini menjanjikan kecepatan yang setara antara internet seluler dengan WiFi.

Baca juga: 9 Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark Tanpa Aplikasi

Cara Kerja Jaringan 5G

apa itu jaringan 5g adalah

Baca juga: How to Create Viral Memes With Meme Generators?

Teknologi seluler generasi kelima 5G beroperasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi yang cukup tinggi (millimeter wave). Maka dari itu, jaringan 5G membutuhkan lebih banyak antena yang berukuran kecil (small cell).

Untuk mendukung kapasitas tinggi dari setiap antena berukuran kecil (small cell), operator harus merombak infrastruktur kabel optiknya.

Caranya yaitu dengan membuat beberapa tiang telepon yang lebih kecil dan diletakkan lebih dekat dari tanah untuk melakukan transmisi milimeter wave yang lebih tinggi.

Hal ini kemudian akan memungkinkan terjadinya kepadatan pengguna yang lebih tinggi. Namun, untuk implementasinya membutuhkan biaya yang tinggi. Selain itu, pengembangan ini tidak mudah dilakukan, terutama di Indonesia.

Baca juga: 5 Cara Mengganti Nama Akun dan ID TikTok dengan Mudah

Keunggulan Jaringan 5G

apa itu jaringan 5g adalah

1. Koneksi Internet Lebih Cepat

Keunggulan jaringan 5G yang pertama adalah memiliki koneksi internet yang lebih cepat. Kecepatan koneksi ini melampaui kecepatan 4G LTE.

Dibandingkan dengan sinyal 4G, jaringan 5G mengalami peningkatan hingga 100 kali yaitu hingga 10 Gbps.

Peningkatan kecepatan jaringan generasi kelima ini bisa membuat aktivitas yang dilakukan menjadi lebih cepat. Salah satunya saat mendownload film beresolusi tinggi atau bermain game.

Baca juga: Apa itu Game Online? Ini Manfaat Positif & Rekomendasi Gratis Terbaru

2. Meningkatkan Teknologi VR

Berkat kehadiran jaringan 5G, teknologi VR menjadi semakin berkembang. Ini dikarenakan jaringan 5G memiliki koneksi internet yang lebih cepat dengan latensi yang rendah sehingga akan memudahkan para gamer untuk bermain game berbasis VR.

Selain itu, dengan menggunakan jaringan ini maka pengguna akan mendapatkan kualitas video terbaik dan lebih realistis tanpa mengalami lag.

3. Menghubungkan Perangkat Lebih Banyak

Keunggulan jaringan 5G selanjutnya yaitu bisa menghubungkan perangkat lebih banyak lagi.

Di mana jumlah perangkat yang akan terhubung ke jaringan akan meningkat hingga mencapai skala jutaan kilometer persegi.

Semua perangkat yang terhubung nantinya akan memiliki akses ke koneksi instan ke internet secara real time.

Baca juga: 80+ Nama Efek IG yang Bagus Untuk Selfie Cewek & Cowok, Story Auto Kece!

4. Bisa Mengontrol PC dari Jarak Jauh

Dengan menggunakan jaringan 5G maka bisa dengan mudah mengontrol PC dan laptop dari jarak jauh.

Caranya cukup mudah yaitu dengan memanfaatkan jaringan WiFi yang terdapat pada perangkat PC maupun laptop serta smartphone.

PC atau laptop bisa menjadi CCTV dadakan asal dilengkapi dengan kamera webcam. Dengan begini maka keamanan di dalam rumah bisa terjaga meski pemilik rumah sedang berada di luar rumah.

5. Bisa Berkomunikasi Pada Sesama Kendaraan

Jaringan 5G nantinya akan disematkan pada mobil. Pengembangan jaringan ini memungkinkan pemilik mobil bisa berkomunikasi satu sama lain meski sedang berada di jalan.

Keunggulan seperti ini sangat diperlukan, terutama untuk beberapa orang yang akan melakukan konvoi.

Berkat keberadaan jaringan 5G ini maka komunikasi bisa dilakukan dengan lancar dan setiap kendaraan bisa dengan mudah terlacak.

Baca juga: 5 Mobil Listrik Murah di Indonesia yang Tak Boleh Dilewatkan

6. Berguna Dalam Pengembangan Dunia Industri

Dalam implementasinya nanti, teknologi jaringan 5G nantinya juga akan berpengaruh besar untuk pengembangan dunia industri.

Pasalnya, segala transaksi real-time dan akurasi data yang berperan besar untuk memperlancar kegiatan operasional di dunia industri bisa menjadi lebih lancar dan cepat dengan jaringan 5G. Akurasi data juga akan berjalan dengan lebih optimal tanpa adanya lag.

Itulah informasi tentang jaringan 5G yang perlu diketahui. Kecanggihan dan berbagai keunggulan yang dimiliki jaringan 5G bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan dunia industri.

  • Bagikan