pengertian jaringan komputer menurut para ahli beserta fungsi komponen jenis dan topologinya
pengertian jaringan komputer menurut para ahli beserta fungsi komponen jenis dan topologinya

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda ingin membeli komputer baru komponen yang berhubungan dengan jaringan komputer pada umumnya yang terkoneksi dengan perangkat koneksi internet.

Tak hanya spesifikasi dan harganya saja, Anda juga harus mengetahui seluk beluk komputer agar tidak salah pilih membeli komputer atau laptop.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian jaringan komputer, fungsi, jenis, hingga komponennya yang harus Anda ketahui sedini mungkin.

Disisi lain, tujuan jaringan komputer adalah berbagi sumber daya (data, printer, harddisk), berkomunikasi (email, chatting), dan untuk akses informasi (web browsing).

Arti Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan jaringan komunikasi yang menghubungkan antar komputer sehingga bisa digunakan untuk berkomunikasi dan bertukar data.

Jaringan komputer terbuat dari dua kombinasi hardware dan software.

Ketika dua buah komputer atau lebih saling berkomunikasi atau bertukar data, terdapat bagian jaringan yang berperan sebagai penerima data yang dikenal dengan sebutan client.

Sedangkan pihak yang mengirimkan data disebut sever. Dalam jaringan komputer, terdapat fungsi, jenis, komponen hingga topologi jaringan yang perlu Anda ketahui.

Mari kita mulai bahas satu-persatu.

Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

pengertian jaringan komputer menurut para ahli pakar dan media

Definisi jaringan komputer secara umum adalah dua atau lebih komputer yang terhubung sehingga dapat saling berkomunikasi untuk memberi dan mendapatkan informasi.

Bisa juga untuk bertukar data untuk dapat menggunakan sumber daya secara bersama-sama.

Berikut ini merupakan daftar definisi dan pengertian jaringan komputer menurut para ahli dan beberapa media belajar computer networks untuk pemula:

1. Melwin Syafrizal (AMIKOM Yogyakarta)

Jaringan Komputer yaitu himpunan interkoneksi antara dua komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).

2. Izaas El Said

Pengertian jaringan Komputer adalah Sebuah sistem di mana komputer yang terhubung untuk berbagi informasi dan sumber daya.

3. Madcoms

Jaringan Komputer merupakan kumpulan dari beberapa komputer dan peralatan penunjang lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan dan saling terkoneksi.

4. Techi Wire House

Pengertian Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang terhubung.

5. Kamus Besar dan Pakar

Pengertian Jaringan komputer merupakan sekelompok dari dua atau lebih sistem komputer yang dihubungkan bersama-sama.

6. Wikipedia

Menurut Wikipedia, jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data.

Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya yaitu setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

7. Ensiklopedia

Pengertian jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi, dan dapat mengakses informasi secara bersama.

8. Engineer Garage

EngineersGarage mengatakan bahwa tidak ada definisi yang baku untuk jaringan komputer bahwa tidak membatasi diri untuk setiap definisi tertentu.

Namun, secara umum jaringan komputer dapat didefinisikan sebagai kabel atau nirkabel yang saling berkomunikasi yang bertujuan untuk mengirimkan informasi.

9. Kamus Oxford

Menurut kamus Oxford, jaringan komputer adalah sebuah interkoneksi yang menyediakan berbagai fasilitas informasi dan komunikasi, yang terdiri dari jaringan interkoneksi menggunakan protokol komunikasi standar seperti TCP/IP.

10. Yayasan Sandhykara

Menurut Yayasan Sandhykara, definisi jaringan komputer adalah suatu hubungan dua atau lebih sistem komputer yang terpisah melalui suatu media komunikasi untuk melakukan sebuah hubungan / konektivitas / saling menghubungkan data satu dengan yang lainnya.

Gunanya yaitu untuk berbagai sumber daya (resource) dari komputer satu dengan komputer lainnya.

11. Jafar Noor Yudianto (2007)

Menurut Jafar Noor Yudianto tahun 2007, jaringan komputer merupakan suatu sistem yang terdiri atas sebuah komputer yang didesain untuk bisa berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan bisa mengakses informasi melalui internet (web browser / peramban web).

12. Umi Proboyekti

Menurut Umi Proboyekti bahwa pengertian jaringan komputer adalah suatu kumpulan komputer yang berjumlah banyak dan terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya.

Contohnya dua buah komputer dikatakan terkoneksi jika keduanya bisa saling berbagi atau bertukar informasi, data, dan lainnya.

Bentuk suatu koneksi bisa melalui kawat tembaga, serat optik, gelombang mikro, satelit komunikasi, internet, aplikasi, software dan lainnya.

13. Abdul Kadil (2003)

Menurut Abdul Kadil, jaringan komputer adalah suatu hubungan dua atau lebih banyak komputer yang memiliki tujuan utama untuk pertukaran data dan informasi lainnya.

14. Tanaenbaum (2002)

Menurut Tanaenbaum, arti jaringan komputer ialah suatu kumpulan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) di dalam sebuah sistem komputer yang mempunyai aturan tertentu untuk mengatur semua anggotanya dalam melakukan aktivitas komunikasi.

Contohnya seperti satu komputer yang terkoneksi ke jaringan menjadi satu node dari jaringan tersebut.

Sedangkan pada host, secara umum dapat diartikan sebagai komputer yang terkoneksi ke suatu jaringan yang bisa memberikan layanan jaringan dan berbagai data, informasi, dan lainnya.

15. Kristanto (2003)

Menurut Kristanto, jaringan komputer adalah sekelompok otonom yang saling terhubung dari satu komputer ke komputer lain dengan menggunakan satu protokol komunikasi.

Sehingga semua komputer yang saling terhubung/terkoneksi tersebut bisa berbagai informasi, program, data, software, sumber daya dan juga bisa saling memakai perangkat keras (hardware) lain secara bersamaan seperti printer, harddisk, dan lainnya.

16. Budhi Irawan (2005)

Menurut Budhi Irawan, pengertian jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

Fungsi Jaringan Komputer

fungsi jaringan komputer secara umum

Selain sebagai alat komunikasi dan berkirim data, jaringan komputer juga memiliki beberapa fungsi lain yang berguna dalam banyak hal menyangkut komunikasi manusia dan penyimpanan data Anda. Berikut ini beberapa fungsinya:

1. Sumber Daya

Jaringan komputer berfungsi untuk membagi sumber daya. Dalam hal ini sumber daya tersebut berupa software.

Misalnya, tanpa adanya jaringan komputer, printer hanya bisa digunakan oleh satu komputer.

Namun, setelah adanya jaringan komputer, printer bisa digunakan oleh lebih dari satu komputer di dalam satu ruangan. Sehingga lebih efisien dan mempermudah pekerjaan Anda.

2. Punya Reabilitas Tinggi

Jaringan komputer juga memungkinkan Anda untuk menyalin data-data dan mengirimkannya ke dua atau lebih komputer.

Hal ini berguna ketika salah satu komputer Anda rusak, maka Anda tak perlu mengkhawatirkan data-data di dalamnya hilang, karena data-data tersebut masih tersimpan di memori komputer lainnya.

3. Sebagai Sarana Komunikasi

Jaringan komputer tentu bisa dijadikan sebagai sarana komunikasi. Salah satu di antaranya ialah memberikan pengumuman atau broadcast ke komputer lainnya yang terhubung.

Misalnya, di perusahaan Anda, akan diadakan rapat besok pagi. Anda tak perlu mengirimkan broadcast melalui perangkat lain atau menuliskan pengumuman di papan.

Anda hanya perlu mengirimkan pengumuman itu melalui jaringan komputer Anda.

4. Melindungi Informasi

Selain itu, jaringan komputer juga berguna untuk melindungi informasi data Anda agar tetap aman.

Hal ini karena data-data pribadi Anda akan disimpan dalam sistem penyimpanan data yang terpusat dan dikelola dengan baik oleh server komputer.

Sehingga, banyak pengguna lain yang juga menggunakan server komputer untuk menyimpan data.

Namun, server tersebut akan membatasi pengguna lain yang ingin mengakses data pribadi Anda sehingga terjamin keamanannya.

5. Mempercepat Pengiriman Data

Terbukti, dalam mengirim data dengan ukuran besar jaringan komputer adalah media yang paling cepat dibandingkan media komunikasi lainnya sehingga bermanfaat untuk Anda ketika sedang membutuhkan transfer data yang cepat.

Itulah kenapa jaringan komputer sangat diperlukan. Selain itu, jaringan data juga memungkinkan Anda memperoleh informasi dengan cepat dan mudah.

Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang fungsi jaringan komputer, disarankan untuk mengunduh manfaat jaringan komputer pdf agar lebih lengkap dan menyeluruh.

Selain manfaat dan pengertian jaringan komputer, Anda juga perlu mengetahui komponen apa saja yang ada dalam jaringan tersebut.

Komponen Jaringan Komputer

komponen jaringan komputer secara umum menurut para ahli

Komponen jaringan komputer merupakan bagian terpenting yang berguna membangun jaringan pada komputer.

Berikut ini beberapa komponen penting yang wajib ada pada jaringan komputer:

1. NIC (Network Interface Card)

Network Interface Card (NIC) merupakan hardware (perangkat jaringan komputer keras) yang digunakan untuk menghubungan antara komputer satu dengan komputer lainnya ke sebuah jaringan.

Network Interface Card memiliki kecepatan yang berbeda tergantung dengan kebutuhan komputer Anda.

Namun biasanya Network Interface Card ini tersedia mulai dari 10Mbps, 100Mbps, dan 1.000Mbps bahkan lebih.

Kecepatan Network Interface Card juga harus disesuaikan dengan kecepatan LAN pada jaringan komputer Anda. Umumnya, Network Interface Card memiliki dua jenis yakni:

Wired

Wired merupakan Network Interface Card kabel yang terdapat di dalam motherland. Dalam mentransfer data, kabel dihubungkan dengan konektor pada kabel Network Interface Card.

Wireles

Wireless ialah kabel yang terkoneksi dengan antena sehingga untuk mendapatkan koneksi harus melalui jaringan nirkabel. Dalam hal ini contohnya ialah laptop dengan Network Interface Card.

2. HUB

HUB adalah komponen yang digunakan ketika jaringan komputer akan mengirimkan informasi. Hub akan memberikan sinyal ke seluruh jaringan sebelum informasi dikirim.

Kemudian, perangkat yang menerima sinyal tersebut akan memeriksa apakah permintaan pengiriman informasi itu merupakan informasi milik mereka atau bukan.

Apabila bukan, maka permintaan akan dibatalkan secara otomatis. Dalam prosesnya, Hub mengonsumsi lebih banyak bandwidth namun membatasi jumlah komunikasi yang diterima.

Meski begitu, kini sudah jarang perangkat komputer yang menggunakan Hub dan digantikan oleh komponen jaringan lainnya yang lebih canggih seperti Switch dan Router.

3. Switch

Switch merupakan versi terbaru dari Hub yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Switch menggunakan alamat perangkat fisik pada setiap pesan yang akan dikirim sehingga bisa mengirimkan pesan tepat sasaran dan sesuai tujuan.

4. Router

Router adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan LAN dengan koneksi internet.

Komponen ini berfungsi ketika Anda memiliki dua jaringan internet yang berbeda dan ingin membagi salah satu jaringan tersebut ke komputer lainnya, maka harus menggunakan Router.

Router juga digunakan sebagai hardware yang mengkoneksikan LAN ke jaringan internet.

Komponen ini berguna untuk menerima, menganalisis lalu meneruskan pesan atau informasi ke jaringan lainnya.

Jenis Jaringan Komputer

jenis jaringan komputer secara umum menurut fungsi dan area jangkauan

Nah, selain fungsi, komponen, dan pengertian jaringan komputer.

Berikut ini adalah macam-macam atau jenis jaringan komputer berdasarkan fungsi dan area jangkauannya:

1. Jenis Jaringan Komputer Menurut Fungsinya

Setiap jenis jaringan komputer memiliki peran atau fungsinya masing-masing. Berdasarkan fungsinya, jaringan komputer terbagi menjadi dua yakni:

Client Server

Client Server merupakan jaringan komputer yang diperuntukkan bagi server. Fungsi client server ini adalah sebagai layanan yang digunakan oleh lebih dari satu komputer.

Contohnya, Anda memiliki satu domain yang digunakan oleh dua atau lebih komputer di dalam ruangan.

Nantinya, Anda juga bisa memanfaatkan client server ini untuk layanan lain.

Peer to Peer

Jenis jaringan komputer yang satu memungkinkan host komputer Anda menjadi client atau server secara bersama-sama.

Contohnya, ketika Anda mengirimkan file dari satu komputer ke komputer lainnya, maka jaringan windows bisa digunakan oleh 5 atau lebih komputer.

Sehingga memungkinkan Anda untuk membagikan kelima komputer sekaligus saat mengirimkan file.

2. Jenis Jaringan Komputer Menurut Areanya

Jaringan komputer juga dikelompokkan berdasarkan wilayahnya berdasarkan luasan jangkauan. Umumnya, jaringan komputer memiliki tiga jaringan yakni:

Local Area Network (LAN)

Jenis jaringan yang satu ini sering digunakan di area-area kecil, misalnya di dalam rumah, ruangan perkantoran, kampus, sekolah (Laboratorium), warnet, dan lainnya.

Kebanyakan LAN ini berbasis IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s.

Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, teknologi Ethernet kini telah berkembang menjadi teknologi 802.11b atau sering disebut Wi-fi. Tempat-tempat yang menyediakan jaringan LAN atau Wi-Fi biasa disebut Hotspot.

Ciri-ciri Jaringan LAN
  • Meliputi wilayah yang sempit/kecil.
  • Transfer data lebih cepat.
  • Berbagi perangkat keras (hardware).
  • Berbagi perangkat lunak (software).
  • Sharing sangat mudah.
  • Memudahkan komunikasi antar user.
  • Jarak jangkau hingga 1 Km (menurut Cisco)

Metropolitan Area Network (MAN)

Sedangkan jenis jaringan yang satu ni kerap digunakan pada area yang lebih luas, contohnya untuk antar kota namun masih dalam 1 provinsi.

Jaringan MAN merupakan jaringan LAN yang berukuran besar yang menggunakan teknologi yang sama dengan LAN.

MAN diimplementasikan oleh sebuah perusahaan sebagai fasilitas publik, namun digunakan oleh individu maupun organisasi.

Tingkat error dan delay pada jaringan MAN lebih tinggi daripada jaringan LAN, oleh karena itu MAN menghubungkan berbagai macam LAN dengan topologi yang berbeda.

MAN hanya menggunakan satu atau dua buah kabel dan tidak mempunyai elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui kabel output.

MAN dipisah dari kategori khusus karena ada standarisasi dari IEEE untuk MAN yaitu DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau lebih dikenal dengan sebutan 802.6.

Ciri-ciri Jaringan MAN
  • Lingkup koneksi antar kota.
  • Menghubungkan banyak jaringan LAN.
  • Kecepatan koneksinya antara 10 Mbps-100 Mbps.
  • Lewat jaringan umum seperti satelit, telkom, ataupun gelombang radio

Wide Area Network (WAN)

Jaringan komputer yang satu ini adalah yang terbesar karena dalam praktiknya sudah menggunakan satelit, fiber optik, hingga wireless. Sehingga bisa mencakup hingga ke lintas negara.

Jaringan WAN ini bukan hanya terdiri dari media transmisi namun juga sejumlah router yang saling interkoneksi. WAN biasanya digunakan oleh perusahaan yang memiliki banyak cabang di berbagai tempat.

WAN pada umumnya telah menggunakan satelit maupun kabel bawah laut. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan menjalankan program-program (aplikasi) pemakai/user.

Ciri-ciri Jaringan WAN
  • Jangkauan geografisnya luas (antar wilayah, negara atau benua).
  • Gabungan antara LAN dan WAN.
  • Kecepatan jaringan antara 10 Mbps-100 Mbps.
  • Melewati jaringan umum seperti satelit (VSAT), gelombang radio, dan umum

Jaringan Nirkabel (WiFi)

Jaringan nirkabel (wireless network) atau lebih modernnya disebut Wi-Fi adalah suatu jaringan lokal yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisinya.

Bukan lagi menggunakan kabel untuk memberikan sebuah koneksi internet ke seluruh pengguna dalam area sekitar.

Jarak jangkauannya tidak luas seperti contoh, dari ruangan tunggal ke seluruh kampus. Jaringan wireless network ini menggunakan frekuensi radio untuk berkomunikasi antar komputer.

Pada akhirnya titik akses yang merupakan dasar dari transiver radio dua arah yang tipikalnya bekerja di bandwith 2,4 GHz ( 802.11b, 802.11g) atau 5 GHz (802.11a).

Kebanyakan peralatan mempunyai kualifikasi Wi-Fi, IEEE 802.11b atau akomodasi IEEE 802.11g dan menawarkan beberapa level keamanan seperti WEP dan WPA.

Kekurangan dari Jaringan Nirkabel Kurangnya keamanan dari hubungan nirkabel telah menjadi topik perdebatan kita.

Sistem keamanan yang dipakai oleh WLAN awalnya adalah WEP, tetapi protokol ini hanya dapat menyediakan sistem keamanan yang minimum dikarenakan kekurangannya yang serius. Pilihan lainnya adalah WPA, SSL Certificate HTTPS, SSH, dan enkripsi piranti lunak lainnya.

Internet Network

Pengertian internet merupakan induk dari semua jaringan di seluruh dunia. Saat ini internet telah berfungsi sebagai jantung dari era informasi.

Internet disebut induk dari semua jaringan karena kata Internet adalah jaringan komputer di seluruh dunia yang menghubungkan jaringan komputer yang lebih kecil, misal jaringan pendidikan, komersial, militer, individual, dan lainnya.

Komponen dari internet adalah World Wide Web atau sering disingkat dengan (WWW). WWW sendiri adalah sister interkoneksi komputer dengan internet yang mendukung format multimedia.

Dengan kata lain WWW adalah penghubung dari server-server di dunia dengan berbagai format data yang berbeda pula.

Topologi Jaringan

topologi jaringan komputer secara umum menurut para ahli

Definisi dan pengertian topologi jaringan adalah pola hubungan komputer dalam suatu jaringan.

Ada beberapa jenis atau macam-macam topologi jaringan secara umum dan menurut para ahli jaringan komputer, yaitu:

1. Topologi Mesh

Topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan.

Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicated links).

Karakteristik Topologi Mesh

  • Topologi mesh memiliki hubungan yang berlebihan antara peralatan-peralatan yang ada.
  • Susunannya pada setiap peralatan yang ada didalam jaringan saling terhubung satu sama lain.
  • Jika jumlah peralatan yang terhubung sangat banyak, tentunya ini akan sangat sulit sekali untuk dikendalikan dibandingkan hanya sedikit peralatan saja yang terhubung.

2. Topologi Star

Topologi bintang atau yang lebih sering disebut dengan topologi star. Contoh alat yang di pakai disini adalah hub, switch, dan lainnya.

Karakteristik Topologi Star

  • Setiap node berkomunikasi langsung dengan konsentrator (HUB).
  • Bila setiap paket data yang masuk ke consentrator (HUB) kemudian di broadcast keseluruh node yang terhubung sangat banyak (contohnya memakai hub 32 port), maka kinerja jaringan akan semakin turun.
  • Sangat mudah dikembangkan.
  • Jika salah satu ethernet card rusak, atau salah satu kabel pada terminal putus, maka keseluruhhan jaringan masih tetap bisa berkomunikasi atau tidak terjadi down pada jaringan keseluruhan tersebut.
  • Tipe kabel yang digunakan biasanya jenis UTP.

3. Topologi Ring

Topologi ring digunakan dalam jaringan yang memiliki performance tinggi, jaringan yang membutuhkan bandwidth untuk fitur yang time-sensitive seperti video dan audio.

Atau ketika performance dibutuhkan saat komputer yang terhubung ke jaringan dalam jumlah yang banyak.

Karakteristik Topologi Ring

  • Node-node dihubungkan secara serial di sepanjang kabel, dengan bentuk jaringan seperti lingkaran.
  • Sangat sederhana dalam layout seperti jenis topologi bus.
  • Paket-paket data dapat mengalir dalam satu arah (kekiri atau kekanan) sehingga collision dapat dihindarkan.
  • Problem yang dihadapi sama dengan topologi bus, yaitu: jika salah satu node rusak maka seluruh node tidak bisa berkomunikasi dalam jaringan tersebut.
  • Tipe kabel yang digunakan biasanya kabel UTP atau Patch Cable (IBM tipe 6).

4. Topologi Bus

Topologi Bus adalah topologi yang awal di gunakan untuk menghubungkan komputer. Dalam topologi ini masing masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir dari kable harus di akhiri dengan satu terminator.

Topologi jaringan ini sudah sangat jarang digunakan didalam membangun jaringan komputer biasa karena memiliki beberapa kekurangan diantaranya kemungkinan terjadi nya tabrakan aliran data.

Jika salah satu perangkat putus atau terjadi kerusakan pada satu bagian komputer maka jaringan langsung tidak akan berfungsi sebelum kerusakan tersebut di atasi.

Topologi ini awalnya menggunakan kable Coaxial sebagai media pengantar data dan informasi.

Namun, pada saat ini topologi ini di dalam membangun jaringan komputer dengan menggunakan kabal serat optik (fiber optic) akan tetapi digabungkan dengan topologi jaringan yang lain untuk memaksimalkan performanya.

Karakteristik Topologi Bus

  • Node-node dihubungkan secara serial sepanjang kabel, dan pada kedua ujung kabel ditutup dengan terminator.
  • Sangat sederhana dalam instalasi.
  • Sangat ekonomis dalam biaya.
  • Paket-paket data saling bersimpangan pada suatu kabel.
  • Tidak diperlukan hub, yang banyak diperlukan adalah Tconnector pada setiap Ethernet Card.
  • Problem yang sering terjadi adalah jika salah satu node rusak, maka jaringan keseluruhan dapat down, sehingga seluruh node tidak bisa berkomunikasi dalam jaringan tersebut.

5. Topologi Pohon

Topologi Jaringan Pohon (Tree) Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat.

Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda.

Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer.

Pada jaringan pohon, terdapat beberapa tingkatan simpul (node). Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya, dapat mengatur simpul lain yang lebih rendah tingkatannya.

Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu. Misalnya untuk bergerak dari komputer dengan node-3 kekomputer node-7 seperti halnya pada gambar, data yang ada harus melewati node-3, 5 dan node-6 sebelum berakhir pada node-7.

Keunggulan jaringan model pohon seperti ini adalah, dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat.

Sebagai contoh, perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan, serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan.

Sedangkan, kelemahannya adalah apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif. Cara kerja jaringan pohon ini relatif menjadi lambat.

Kesimpulan

definisi jaringan komputer secara umum menurut para ahli

Jaringan komputer secara umum adalah interkoneksi antara dua komputer autonomous atau lebih, yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).

Dua unit komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar data/informasi, berbagi resource yang dimiliki, seperti file, printer, media penyimpanan (hardisk, floppy disk, cd-rom, flash disk), dan lainnya.

Dalam membangun sebuah jaringan komputer diperlukan pemahaman berbagai teknik yaitu dimulai dari teknik pengkabelan (straight dan Cross), teknik crimping, dan teknik pengaturan TCP/IP pada komputer yang akan digunakan.

Selain itu diperlukan pula pemahaman mengenai macam-macam jaringan komputer dan topologi jaringan apa yang akan digunakan untuk membangun sebuah jaringan komputer tersebut agar sesuai dengan yang diharapkan.

Setelah mengetahui arti, istilah, definisi, pengertian jaringan komputer menurut para ahli secara umum beserta fungsi, komponen, jenis dan topologi jaringan.

Kini Anda bisa membeli komputer yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.