5 Rekomendasi Novel Islami Terbaik yang Wajib Dibaca

  • Bagikan

Banyak cara untuk menambah pengetahuan dan wawasan agama. Salah satunya adalah dengan membaca novel islami terbaik sepanjang masa.

Selain menambah wawasan islami, membaca novel juga akan membuat pembaca merasa terhibur dengan ceritanya yang menarik.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Drama Berdasarkan Kisah Nyata Terbaik

Baca juga: 22 Kata kata Motivasi Islami Tentang Hijrah, Wanita dan Jodoh

Daftar Pilihan Novel Islami Terbaik Sepanjang Masa yang Harus Kamu Baca

Berikut ini 5 rekomendasi novel islami terbaik yang wajib dibaca:

1. Negeri Lima Menara

Negeri Lima Menara menjadi salah satu rekomendasi novel islami yang wajib dibaca oleh anak muda. Dimana dalam novel ini diceritakan Alif yang berperan sebagai tokoh utama. Bercita cita untuk menjadi seperti BJ.Habibie. Namun ibunya menolak karena ingin Alif menjadi seperti Buya Hamka.

Singkat cerita ibunya memberikan pilihan kepada Alif untuk sekolah agama atau masuk pesantren. Alif memilih untuk masuk pesantren Madani yang berlokasi di Jawa Timur. Dengan berat hati ibu Alif mengizinkannya.

Baca juga: 15 Kata kata Cinta Islami yang Menyentuh Hati beserta Maknanya

Sesampainya di pesantren Madani, Alif kagum dengan kehidupan disana. Yang mana komentator sepak bola menggunakan bahasa Arab dan para santri yang menggunakan bahasa Inggris. Di awal masuk Alif sangat terkesima dengan sebuah kalimat yang tempampang di sana.

Kata-kata itu terus membayangi Alif. Sampai suatu ketika Alif bertemu dengan 5 orang temannya. Alif dan teman-temannya memiliki kebiasaan yaitu memandang awan yang berada di atas menara dan berimajinasi untuk pergi keluar negeri.

2. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Novel yang ditulis Buya Hamka ini menceritakan seorang tokoh bernama Zainuddin yang jatuh cinta dengan seorang gadis anak bangsawan bernama Hayati.

Zainuddin yang terlahir miskin mencoba melamar Hayati namun lamarannya ditolak oleh orang tua hayati karena perbedaan kasta sosial. Zainudin marah dan memutuskan pergi merantau ke Jawa.

Baca juga: 25 Kata kata Bijak Islami Singkat Tentang Kehidupan, Cinta dan Wanita

Setelah bertahun-tahun disana, Zainudin berhasil menjadi penulis terkenal dan kehidupannya pun berubah. Pada suatu waktu Zainudin bertemu dengan Hayati yang ditemani sang suami. Zainuddin berbincang dengannya setelah lama tidak betemu.

Setelah selesai Hayati pun pergi dengan menaiki kapal Van Der Wich. Namun tak disangka kapal yang ditumpanginya tenggelam.

3. Ayat-Ayat Cinta

rekomendasi novel islami terbaik

Novel islami terbaik ini menceritakan seorang mahasiswa bernama Fahri yang menempuh pendidikan di Mesir. Fahri Jatuh cinta dengan seorang gadis yang cantik dan rupawan bernama Aisha. Tak berselang lama keduanya pun menikah.

Namun tak disangka ternyata temannya Fahri yang bernama Maria memiliki rasa suka dan memendam perasaan dengannya.

Baca juga: 50 Kata-kata Bucin Singkat Romantis Buat Pacar dan Gebetan yang Bikin Baper

Cerita keduanya sangat menarik ketika Fahri dituduh melakukan perbuatan tidak senonoh kepada seorang gadis yang bernama Noura. Istri Fahri tidak percaya dan berusaha untuk mengumpulkan bukti-bukti agar Fahri terbebas dari penjara.

4. 29 Juz Harga Wanita

Bercerita tentang seorang pemuda yang memiliki karakter tidak baik yang sedang jatuh cinta kepada seorang santriwati.

Pemuda ini mencoba memberanikan diri untuk mengungkapkan perasaanya kepada santriwati. Namun tak disangka santriwati tersebut menolak.

Baca juga: 12 Nama Bulan Islam Pada Kalender Hijriah Terbaru Hari ini

Dan dengan buru-buru berjalan sembari memberikan Al-Quran kepada pemuda tersebut dan memintanya untuk mempelajarinya. Tak berselang lama pemuda ini berubah menjadi seorang yang taat karena jatuh cinta dengan gadis tersebut.

5. Cinta yang Tak Biasa

Kisah cinta 2 orang anak muda dipertemukan lewat media sosial. Yang mana kedua memutuskan menikah walaupun tidak pernah bertemu.

Cerita keduanya menarik karena menceritakan perjalanan dalam berumah tangga. Sangat direkomendasikan.

Baca juga: 50+ Kumpulan Twibbon Hari Raya Idul Fitri 1442 H / 2021 & Cara Pakainya [Gratis + Terlengkap + Terpopuler]

Berikut tadi rekomendasi novel islami terbaik yang akan menambah wawasan dari pembaca semua.

Masing-masing novel memiliki cerita dan pelajaran hidup yang bisa diambil. Kisah kisah yang ditulis memberikan sebuah pengetahuan baru dalam menjalani hidup ini.

  • Bagikan