kunci sukses cara mengatur keuangan keluarga
cara mengatur keuangan keluarga (foto: pexels.com)

Bagi masyarakat yang sudah berkeluarga, seringkali hal yang menjadi permasalahan serius adalah masalah ekonomi. Hal ini wajar memang karena mengatur keuangan keluarga agar tidak boros dan menyesuaikannya dengan pendapatan serta pengeluaran lumayan sulit.

Oleh sebab itu, setiap kepala keluarga dan ibu rumah tangga wajib mengerti bagaimana kunci sukses dalam mengatur keuangan keluarga.

Semua harus dilakukan dengan serba teliti dan hati-hati agar kebutuhan rumah tangga tetap terpenuhi dengan baik.

Ini penting dilakukan karena jika keuangan sampai minus dan keluarga mempunyai banyak hutang, maka kesejahteraan tidak akan terjamin kembali.

Dalam hal ini, menghindari perilaku konsumtif sangat dianjurkan agar tidak terjadi "lebih besar pasak daripada tiang".

Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga dengan Baik

kunci sukses cara mengatur keuangan keluarga

Inilah beberapa cara sukses yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan keluarga agar bisa menabung dan semakin berkembang pesat:

1. Terbuka dengan Pasangan dalam Mengelola Keuangan

Salah satu kunci sukses dalam mengelola keuangan keluarga khususnya bagi pasangan muda yakni adanya transparansi antara suami dan istri.

Setiap pasangan harus terbuka berapa besaran pendapatan mereka dan seberapa besaran pengeluaran mereka setiap bulannya. Jika transparansi antara pasangan suami istri ini tidak ada, keuangan keluarga bisa jadi carut-marut.

Di samping itu, bukan tidak mungkin jika akan terjadi salah paham satu sama lain. Dengan adanya pondasi yang kuat mengenai transparansi ini, proses mengatur keuangan bisa menjadi lebih mudah dan terbuka.

2. Memiliki Asuransi yang Tepat

Asuransi bisa menjadi alternatif terbaik bagi keluarga dalam mengelola keuangan mereka.

Sebab, dengan adanya asuransi semua kebutuhan bisa tercover sehingga tidak perlu lagi memikirkan biaya kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, AXA Mandiri dengan berbagai produk asuransi yang direkomendasikan bisa menjadi alternatif terbaik untuk dipilih.

Asuransi tersebut misalkan dana pendidikan, kesehatan, kendaraan, asuransi jiwa, jaminan hari tua, dan lain-lain semacamnya.

3. Memiliki Dana Darurat

kunci sukses cara mengatur keuangan keluarga

Setiap keluarga dianjurkan untuk memiliki dana darurat dalam bentuk tabungan sebagai ikhtiar untuk berjaga-jaga terhadap berbagai macam kebutuhan mendesak.

Dana darurat ini sebaiknya jangan diambil jika memang belum begitu membutuhkan. Sisihkan pendapatan sebanyak 5-10% dan tabungkanlah sebagai dana darurat setiap bulannya.

Dengan begini, jika keuangan sedang tidak lancar dan ada kebutuhan mendesak, keluarga pun masih bisa memenuhinya.

4. Disiplin dalam Mencatat Keuangan Keluarga

Jangan pernah menganggap remeh catatan keuangan baik itu pemasukan dan pengeluaran dalam keluarga.

Walaupun terlihat sepele, hal ini akan memberikan manfaat yang banyak bagi keberlangsungan kesejahteraan keluarga.

Ketika keuangan keluarga dicatat dengan rapi, masing-masing anggota akan mengetahui progress keuangan mereka setiap bulannya.

Dengan begitu, keluarga bisa melakukan evaluasi dan memperbaiki pola hidup yang diterapkan supaya keuangan tetap stabil.

5. Memiliki Rencana Keuangan yang Tertata

Tips terakhir untuk pengelolaan keuangan yang sukses yakni setiap keluarga wajib mempunyai rencana keuangannya masing-masing baik itu dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Hal tersebut dijadikan sebagai acuan dalam menggunakan pendapatan keluarga selama kurun waktu tertentu.

Dengan adanya rencana keuangan itu, maka anggaran belanja keluarga akan lebih mudah untuk dikendalikan.

Perilaku konsumtif pun dapat dihindari secara perlahan-lahan. Dengan begitu pengelolaan keuangan keluarga bisa menjadi lebih matang dan tertata.

Demikianlah pembahasan yang dapat diulas secara gamblang tentang kunci sukses dalam mengatur keuangan keluarga.

Masyarakat juga perlu menerapkan sistem asuransi terhadap semua aset yang mereka miliki agar kehidupan tetap terjamin di masa yang akan datang. Dengan begitu, keuangan keluarga bisa terjaga dengan baik.