arvahub virtual office jakarta
produk software erp dan jenis jenis sistem erp terbaru secara umum beserta kegunaannya
jenis jenis sistem erp terbaru secara umum beserta kegunaannya

6+ Jenis Sistem ERP Terbaru dan Kegunaannya

Jangankan memahami jenis-jenis sistem ERP, istilah software ERP pun masih terdengar asing bagi sebagian besar masyarakat, termasuk para pelaku bisnis. Padahal fungsi sistem ERP sangat besar dalam mendukung tumbuh kembangnya perusahaan.

Besarnya kegunaan sistem ERP itulah yang membuat hampir semua perusahaan besar menerapkan konsep ini dalam menjalankan roda perusahaan, baik dengan mengadopsi jenis sistem ERP terbaru maupun yang sudah lama dikembangkan dan dipraktikkan di banyak perusahaan.

Lantas apa yang dimaksud dengan sistem ERP, apa saja jenis sistem ERP yang ada serta apa keuntungan yang diperoleh perusahaan jika menerapkan sistem tersebut? Berikut penjelasan singkatnya.

Mengenal Apa itu Sistem ERP Secara Umum

pengertian dan jenis jenis sistem erp terbaru secara umum beserta kegunaannya
pengertian dan jenis sistem erp terbaru untuk perusahaan

Pengertian Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan konsep yang dipakai untuk merencanakan serta mengelola sumber daya yang dimiliki sebuah perusahaan, mulai dari anggaran, material, waktu dan sebagainya yang bertujuan untuk mengoptimalkan sumber daya tersebut agar dapat menyejahterakan semua pihak.

Dengan sistem ini, perusahaan akan dapat mengotomasi dan mengintegrasikan proses bisnis, baik yang berhubungan dengan aspek produksi, operasi maupun distribusi. Tentu saja, sukses tidaknya penerapan sistem ini tergantung dari ketersediaan teknologi baik software (perangkat lunak) maupun hardware (perangkat keras) yang dimiliki perusahaan.

Ketersediaan teknologi menjadi kunci sukses penerapan sistem ini, karena ERP dijalankan dalam bentuk aplikasi yang memuat modul kerja. Aplikasi itulah yang akan diberdayakan oleh perusahaan dalam mengelola database dengan tujuan utama mengintegrasikan data dan proses pada seluruh divisi yang ada.

Dengan terintegrasikannya data dan proses pada seluruh divisi akan membuat perusahaan lebih mudah dalam mengatur alur kerja atau proses bisnis, sehingga kinerja perusahaan dapat lebih optimal.

Jenis sistem ERP secara umum dan ideal pada umumnya terdiri dari beberapa modul fungsi yang saling terintegrasi. Modul-modul fungsi yang mewakili setiap divisi tersebut diantaranya adalah manufaktur, finansial, human resource, manajemen supply chain, project, manajemen customer relationship dan data warehouse.

Jenis-jenis Sistem ERP Terbaru

solusi software erp dan pengertian dan jenis jenis sistem erp terbaru secara umum beserta kegunaannya
solusi cloud erp dari jenis erp terbaru yang super canggih

Agar perusahaan dapat lebih produktif dengan meminimalisir hambatan, beberapa jenis sistem ERP telah dikembangkan dan digunakan sejak lama oleh sejumlah perusahaan, baik di dalam maupun di luar negeri.

Jenis-jenis sistem ERP terbaru tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Odoo ERP

Sistem ERP ini dikembangkan untuk pertama kalinya oleh salah satu perusahaan di Amerika Serikat sebelum akhirnya berkembang dan digunakan oleh lebih dari 100.000 customer dengan pengguna mencapai 2 juta.

Perangkat lunak open source ini merupakan jenis sistem ERP dengan pengguna terbanyak berkat inovasi yang terus dilakukan oleh peengembangnya, baik dari sisi konektivitas, pemeliharaan berkala maupun penambahan perangkat MPR terpadu untuk PLM (Product Life-cycle Management).

2. SystemEver®

Perangkat lunak ini bisa dibilang merupakan Produk Software Sistem ERP Terbaik untuk Bisnis Anda. SystemEver adalah sistem aplikasi ERP yang dikhususkan untuk Small Medium Business yang merupakan bagian dari YoungLimWon 永林院 Soft Lab Co., Ltd. sebagai TOP 10 Sistem ERP di Asia yang berkantor pusat di Korea Selatan.

produk software erp terbaik dari jenis sistem erp terbaru saat ini
systemever, jenis sistem erp terbaik untuk perusahaan

SystemEver telah mendistribusikan solusi software sistem cloud ERP kepada ribuan pelanggan selama bertahun-tahun, baik dalam bidang Perdagangan dan Distribusi, Manufaktur & Industri Layanan.

SystemEver mencakup seluruh sistem aplikasi ERP mulai dari aplikasi persediaan barang (inventory), aplikasi penjualan, program akuntansi, hingga sistem manajemen. SystemEver dirancang sebagai software sistem ERP yang mudah digunakan dan disesuaikan serta dikemas dengan inovatif sehingga dapat diakses melalui desktop, laptop, tablet dan ponsel kapanpun dan dimanapun.

SystemEver sudah teruji selama lebih dari 26 tahun dan digunakan oleh ribuan pelanggan. Dengan fitur “Visual-K” yang dimilikinya, SystemEver dapat memudahkan user dalam mengoperasikannya. Fitur “Visual-K” ini merupakan metodologi milik SystemEver® yang di development Consultant-K guna memudahkan perusahaan dalam melakukan konfigurasi sistem ERP mereka.

3. SAP Business One

Dengan customer sebanyak 50.000 dan pengguna sejumlah lebih dari 1 juta orang, perangkat lunak yang dikembangkan oleh Sapphire System ini ditunjang teknologi SAP HANA yang merupakan teknologi terbaru SAP.

Itu sebabnya SAP Business One real time dan sengat mudah diterapkan. Satu lagi yang membuat pengguna aplikasi ini terus meningkat adalah karena harganya yang terjangkau.

4. NetSuite ERP

Dikembangkan oleh vendor NetSuite yang ada di Amerika Serikat, jenis sistem ERP yang dapat mendongkrak kinerja perusahaan melalui modul in-suitenya, seperti manajemen sumber daya manusia, manajemen gudang, pengadaan, manajemen supply-chain, manajemen produksi, manajemen pesanan dan keuangan.

5. Oracle’s E-Business Suite

EB Suite atau oracle’s E-Busisness Suite diperkirakan telah memiliki customer sebanyak 22.000 dengan pengguna sekitar 40.000.

Banyaknya customer dan pengguna dari perangkat lunak yang dikembangkan Oracle Corporation ini disebabkan karena kelebihannya dalam melakukan analitik SDM, perencanaan rantai nilai serta manajemen portofolio proyek yang dapat dikelola secara akurat.

6. Ecount ERP

Karena menyediakan hosting khusus yang dapat dijalankan melalui cloud oleh customer dan penggunanya, menjadikan pemakaian Ecount ERP tidak butuh pengaturan dan pemeliharaan yang rumit.

Hal itulah yang menjadi kelebihan dari perangkat lunak ini, disamping kelebihannya yang lain yaitu efektif dan efisien dalam pengelolaan transaksi serta dilengkapi dengan banyak fitur penting, seperti inventaris, manufaktur, pembelian, penjualan, akuntansi dan bisnis.

Tidak heran jika aplikasi yang dikembangkan oleh Ecount, vendor asal Korea Selatan ini jumlah customernya sebanyak 22.000 dengan pengguna mencapai 200.000 dan masih akan terus bertambah. Jenis sistem ERP yang satu ini memiliki kemampuan dalam melakukan pengelolaan terhadap pembelian, persediaan, produksi, penjualan, akuntansi serta penggajian.

Nah, itulah jenis-jenis sistem ERP yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Selain jenis-jenis software ERP yang telah disebutkan di atas tadi, tidak menutup kemungkinan akan muncul produk ERP berbasis cloud sejenis lainnya yang berfungsi untuk membantu meningkatkan kinerja perusahaan seperti software sistem erp systemever indonesia.

Avatar

Bacalagers Media

Media Online Masa Kini Seputar Gaya Hidup Terkini, Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Tips Kesehatan, Android Terbaru, Panduan Belajar SEO, Tips menjadi Blogger Sukses, Info Investasi Properti di Indonesia.

Yuk diskusi

beautynesia blog bacalagers mediabeautynesia