cuaca ekstrim 19-20 feb 2021 picu banjir besar jakarta
Ahmad Riza Patria

BACALAGERS MEDIA, Jakarta - Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Tim Reaksi Analisis dan Kebencanaan (TREAK), PSTA-LAPAN.

Hasil prediksi Sadewa-LAPAN yang menunjukkan bahwa akan terjadi hujan ekstrem di kawasan Jakarta sejak pukul 23.00 WIB dengan intensitas yang meluas dan memanjang hingga meliputi Bekasi, Depok, Tangerang bahkan hingga Karawang (Gambar 1).

waspada cuaca ekstrim 19-20 feb 2021 picu banjir besar dki jakarta

Hujan ekstrem tersebut diprediksi mencapai intensitas maksimum pada pukul 05.00 WIB.

Setelah itu, intensitas akan berkurang terhadap waktu namun hujan dalam skala meso atau luas akan persisten terjadi sepanjang hari hingga pukul 17.00 WIB di kawasan Jakarta dan sekitarnya.

Pada sore hari, hujan juga akan terbentuk di kawasan Bogor dan sekitarnya dan menjalar ke utara menuju Jakarta dengan peningkatan intensitas hujan akan kembali terjadi menjelang tengah malam pukul 23.00 WIB.

prediksi cuaca ekstrim 19-20 feb 2021 dari lapan picu banjir besar

Hujan di Jakarta bahkan masih akan terjadi hingga pukul 04.00 WIB pada tanggal 20 Februari 2021.

Hujan ekstrem dini hari ini sangat erat dipengaruhi oleh penguatan CENS dan angin utaraan di Laut Jawa yang bersifat sangat lembap (Gambar 2).

prediksi cuaca ekstrim 19-20 feb 2021 dari lapan picu banjir besar

Disclaimer: SADEWA merupakan produk litbang LAPAN berupa aplikasi sistem peringatan dini atmosfer ekstrem berbasis satelit dan model atmosfer yang dikembangkan untuk mendukung riset atmosfer maupun aplikasinya oleh badan operasional terkait. Informasi resmi mengenai cuaca dapat diperoleh dari BMKG.

Warga dihimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan, salah satunya dengan membaca buku "Panduan Kesiapsiagaan Menghadapi Banjir bagi Masyarakat" melalui link https://tiny.cc/bukusakusiagabanjir

Informasi terkait Tinggi Muka Air dapat dimonitor melalui: https://bpbd.jakarta.go.id/waterlevel/

Jika terjadi keadaan darurat seperti banjir, pohon tumbang, angin kencang, dan kedaruratan lainnya dapat menghubungi Call Center 112.

Laporkan bila ditemukan genangan/ banjir melalui aplikasi JAKI dan peta bencana. Selain itu, kami akan membagikan peringatan dini melalui media sosial BPBD DKI Jakarta & Aplikasi JAKI.

Selain itu, tetap lakukan prosedur kesiapsiagaan dikombinasikan dengan protokol kesehatan 3M, yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, serta Menjaga jarak.