Home » Travel » Bukan Cuma Uang, 8 Tips Traveling Aman, Nyaman dan Memuaskan ini Wajib Kamu Ketahui

Bukan Cuma Uang, 8 Tips Traveling Aman, Nyaman dan Memuaskan ini Wajib Kamu Ketahui

Tak terasa, saat ini kita sudah memasuki tahun baru 2019. Pasti banyak sekali aktivitas yang telah Kamu lakukan ketika menyambut Tahun Baru 2019 lalu, di mana biasanya Kamu mendapatkan waktu cuti yang cukup panjang. Salah satu aktivitas favorit orang-orang menjelang dan saat Tahun Baru tentu saja adalah menikmati traveling ke berbagai tempat wisata menarik di indonesia hingga ke negeri orang.

Meskipun berisiko mendapatkan harga akomodasi yang lebih tinggi karena sedang high season, tetap saja banyak orang masih memilih Tahun Baru sebagai waktu traveling favorit. Nah, bagaimana dengan Kamu? Apakah Kamu sudah siap berlibur dan traveling bersama teman, sahabat, atau pasangan ke tempat wisata romantis dan menarik pada waktu libur kamu?

Eits, tunggu dulu. Walaupun judulnya liburan, tetap saja ada hal-hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu.

Tips Persiapan untuk Traveling yang Nyaman, Aman, Menyenangkan dan Memuaskan

Pexels.com

Bagi Kamu yang masih belum berpengalaman dalam traveling dan masih bingung bagaimana cara merencanakan liburan yang sempurna baik sendiri ataupun bersama teman dan keluarga, beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu Kamu menyusun rencana tersebut.

1. Jangan sampe Salah arah Kerumah Mantan. Tentukan Tujuan Travelingmu, ya!

Pexels.com

Destinasi liburan adalah hal utama yang harus dipikirkan secara matang. Salah memilih destinasi wisata liburan bisa mengakibatkan liburan Kamu berakhir sebelum dimulai. Dalam memilih destinasi liburan, ada baiknya disesuaikan dengan suasana yang Kamu inginkan, seperti memilih untuk menikmati tempat wisata unik, ngehits dan kekinian, liburan mu bakal puas banget deh.

Contoh kedua, apabila Kamu ingin liburan yang tenang, daerah pegunungan mungkin bisa menjadi pilihan tempat wisata alam yang bakal bikin liburan mu menyatu dengan alam, Bila Kamu ingin liburan yang nggak jauh dari keramaian, daerah pusat kota bisa menjadi pilihan.

2. Cari Informasi, Biar tau segala Kondisi dan Keadaan Tujuan Destinasinya

Pexels.com

Kamu mungkin mendapatkan rekomendasi tentang destinasi liburan dari orang lain, tapi Kamu tetap harus melakukan riset dan mencari tahu sebanyak mungkin informasi tentang destinasi liburan tersebut.

Untungnya, mencari informasi tentang suatu tempat sekarang bukanlah hal yang sulit lagi, terutama dengan kehadiran internet. Kamu bahkan bisa saja mendapat inspirasi tentang destinasi wisata unik untuk liburan lainnya selagi mencari informasi sebanyak-banyaknya.

3. Wajib nih, Persiapkan Tiket Perjalanan Wisata. Masa iya Mau Traveling tapi nggak Punya Tiket Perjalanan dan Destinasinya

Pexels.com

Setelah menentukan destinasi liburan, hal penting selanjutnya yang juga perlu Kamu siapkan adalah transportasi. Bila akan menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan tersebut berada dalam kondisi prima agar Kamu dapat melakukan perjalanan dengan lebih tenang.

Lakukan servis berkala menjelang keberangkatan untuk memastikan nggak ada masalah pada kendaraan Kamu. Bila Kamu akan menggunakan transportasi umum, sebaiknya segera pesan tiket perjalanan Kamu beberapa minggu atau bulan sebelum waktu liburan, Jika kamu memilih untuk menggunakan paket wisata, maka pilihlah paket wisata murah dan terpercaya.

Selain harga yang lebih murah, memesan tiket dari jauh hari juga akan membuat Kamu semakin leluasa merencanakan itinerary perjalanan selama menjalani liburan Kamu. Memesan tiket dari jauh hari juga bisa menghindarkan Kamu dari risiko kehabisan tiket, terutama bila Kamu bepergian pada high atau peak season.

4. Mau Nginep dimana? makanya Gali informasi dan Cari Penginapan yang Aman dan Nyaman

Proexito.co

Akomodasi atau penginapan adalah hal berikutnya yang juga harus Kamu perhatikan setelah memutuskan destinasi liburan. Pilihlah lokasi yang strategis dan memberikan banyak penawaran yang menguntungkan. Sesuaikan pula lokasi penginapan dengan rencana perjalanan Kamu agar waktu liburan Kamu bisa lebih efisien.

Hindari penginapan yang berada terlalu jauh dari objek wisata tujuan Kamu seperti objek wisata alam misalnya, meskipun menawarkan harga yang lebih murah. Kamu tentu nggak ingin menghabiskan waktu liburan Kamu di perjalanan semata bukan?

5. Perlengkapan Traveling yang Wajib Kamu Bawa supaya Perjalanan Aman dan Nyaman

Idntimes.com

Yang namanya traveling atau perjalanan wisata saat liburan, tentu harus dipersiapkan. Persiapan tersebut tentu saja berkaitan erat dengan barang-barang yang akan Kamu bawa selama liburan.

Bahkan bila Kamu menjalani wisata liburan ala backpacker sekalipun, tetap penting untuk membuat sebuah daftar dan memastikan Kamu membawa semua barang penting yang berguna selama Kamu berlibur nanti. Beberapa barang berikut ini mungkin bisa membantu Kamu melengkapi daftar tersebut.

6. Uang Tunai dan Dokumen Penting. Biar aman Bro Sist

Dream.co.id

Di era digital seperti sekarang, semakin banyak orang mengurangi penggunaan uang tunai. Tapi, saat berlibur, akan lebih bijak untuk menyediakan uang tunai lebih. Di manapun Kamu berlibur, uang tunai pasti akan lebih terpakai dibanding uang digital. Bayangkan Kamu berada di pantai dan nggak membawa uang tunai. Tentu liburan Kamu akan berjalan dengan buruk. Sementara itu, untuk dokumen penting sudah tentu bukan hal yang bisa ditawar lagi.

Kartu identitas seperti KTP, paspor, maupun visa bila Kamu berlibur ke luar negeri, harus senantiasa dibawa kemanapun Kamu pergi. Gagal menunjukkan kartu identitas saat diminta bisa memberikan Kamu banyak masalah. Jangan sampai liburan Kamu berakhir seperti itu hanya karena lupa membawa kartu identitas.

Jika Kamu takut lupa, gunakan tas kecil untuk menyimpan semua dokumen tersebut. Kamu juga bisa menyimpan dokumen-dokumen tersebut dalam bentuk digital untuk berjaga-jaga semuanya, Kamu benar-benar lupa membawa dokumen asli atau dokumen Kamu hilang dalam perjalanan.

7. Nggak mungkin pake Tas Belanja kan? Siapin gih Ransel atau Tas Traveling

Pexels.com

Ketika liburan, Kamu tentu akan membawa banyak sekali barang dari rumah, mulai dari pakaian hingga kebutuhan penting lainnya. Untuk itu, Kamu harus menyediakan tas traveling yang sesuai dengan kondisi dan durasi perjalanan. Jika liburan yang Kamu lakukan hanya di satu area dengan tempat menginap yang telah ditentukan.

Kamu mungkin akan membutuhkan banyak barang sehingga mungkin tas jenis koper bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, bila barang bawaan yang Kamu bawa nggak terlalu banyak dan Kamu akan bepergian ke lebih dari satu destinasi wisata menarik dan populer yang lokasinya berjauhan, Kamu bisa memilih tas jenis backpack yang nyaman dan dapat menampung banyak barang.

8. Abadikan Momen Traveling dengan Kamera, Buat kenang-kenangan, Jejak Digital dan Cerita sama Cucu kelak

Pexels.com

Di era digital seperti ini, liburan tanpa kamera bagaikan sayur tanpa garam. Alasannya, apa lagi kalau kamera berfungsi untuk mengabadikan setiap momen berharga saat liburan yang mungkin tak akan Kamu dapatkan pada hari-hari biasa. Jadi, wajar sekali bila kita ingin mengabadikan momen-momen tersebut. Ada banyak pilihan kamera yang bisa Kamu pertimbangkan, namun tergantung pada jenis liburan yang Kamu lakukan, kamera digital atau kamera saku bisa menjadi pilihan yang lebih pas.

Walaupun mungkin kualitasnya nggak sebaik kamera DSLR, faktor utama yang membuat kamera digital jauh lebih cocok dibawa saat liburan nggak lain adalah ukurannya yang kecil dan mudah dibawa ke mana-mana. Kamu bahkan bisa mengalungkannya ke leher Kamu dan siap mengabadikan setiap momen liburanmu kapan saja.

Nah, itulah ulasan kita tentang beberapa barang yang perlu Kamu siapkan sebelum pergi berlibur untuk Traveling ke berbagai Tempat wisata keren di Indonesia maupun luar negeri. Pastikan Kamu mendapatkan semua kebutuhan liburan tersebut di iLOTTE tempat belanja online original dan pastikan juga semua barang yang Kamu perlukan selama berlibur nanti sudah dibeli beberapa hari atau minggu sebelum liburan Kamu dimulai.

Meskipun nggak semua barang tersebut akan dipakai pada akhirnya, nggak ada salahnya untuk bersiap menghadapi segala situasi dan kondisi yang mungkin saja terjadi selama liburan Kamu. Jika barang yang Kamu bawa nggak terpakai, maka nggak akan ada kerugian yang Kamu alami.

Sebaliknya, bila sesuatu terjadi selama liburan dan Kamu nggak membawa barang yang seharusnya berguna, akan tentu akan sangat menyesal, Terima kasih, Semoga bermanfaat dan Happy Traveling!