keuntungan dan kerugian jual rumah lewat agen properti 99.co indonesia
photo: pixabay

Untung Rugi Jual Rumah Lewat Agen Properti 99.co Indonesia

Baik agen properti di situs properti seperti 99.co Indonesia atau agen-agen properti lainnya, semuanya hadir untuk memudahkan Kamu dalam melakukan jual beli rumah.

Kendati demikian, banyak sekali orang yang masih enggan untuk melibatkan seorang agen properti dalam mengurus segala kebutuhan jual beli rumahnya.

Mengapa bisa demikian? Hal ini tak terlepas dari untung rugi yang dibawa oleh agen properti itu sendiri. Di satu sisi, kehadiran agen properti dalam urusan jual beli rumah tentu akan sangat memudahkan.

Namun, di sisi lain, menyewa jasa agen properti juga memiliki kekurangan atau kerugiannya tersendiri, yang tentu saja membuat seseorang menjadi ogah untuk menyewa jasa perantara rumah tersebut.

Lantas, apa saja sih sebenarnya keuntungan dan kerugiannya menyewa jasa agen properti dalam menjual rumah di situs properti seperti 99.co Indonesia? Berikut ulasan lengkapnya.

Keuntungan Menggunakan Agen Properti 99.co Indonesia

keuntungan jual rumah menggunakan jasa agen properti
photo: freepik

Pada dasarnya, seorang agen properti harus memiliki sifat cekatan, proaktif, serta pengetahuan yang mempuni tentang dunia properti dan teknik marketing yang baik.

Apabila Kamu mempunyai kemampuan seperti yang telah saya sebutkan di atas, maka sebenarnya Kamu juga cukup layak untuk menjual rumah tersebut secara pribadi.

Namun, apabila tidak, maka ada baiknya Kamu memanfaatkan jasa agen properti profesional, baik dari kantor broker offline maupun situs properti online seperti 99.co Indonesia.

Pasalnya, ada beberapa keuntungan yang bisa Kamu dapatkan ketika menggunakan jasa agen properti terpercaya dalam menjual rumah, di antaranya yaitu:

1. Membuat Kegiatan Jual Rumah Lebih Efektif

Penasaran bagaimana cara seorang agen properti dalam menjual rumah dalam waktu singkat? Jawabannya adalah dengan jejaring yang luas.

Ya, jaringan yang dimiliki agen properti memang cukup banyak, baik jaringan agen properti lain ataupun jaringan pelanggan-pelanggan potensial.

Seperti halnya agen properti 99.co Indonesia. agen properti mereka bukan hanya dibekali ilmu marketing yang baik, namun juga database pelanggan potensial yang bisa dimanfaatkan dalam memasarkan rumah.

Apalagi jika agen tersebut memposting rumah tersebut di situs laman properti seperti 99.co/id.

Menjual rumah lewat agen properti profesional di situs jual beli rumah dinilai lebih efektif karena rumah yang dijual dipasarkan secara masif dan mencangkup wilayah yang sangat luas.

2. Meminimalisir Waktu dan Tenaga

Keuntungan dalam menyewa agen properti ini sangat penting bagi Kamu yang ingin menjual rumah, namun tak memiliki banyak waktu untuk memasarkannya.

Secara umum, agen properti tidak hanya bertugas untuk memasarkan rumah, namun juga membantu proses negosiasi, mengurus administrasi, serta bertugas sebagai penasehat properti Kamu.

Oleh karenanya, meminta bantuan agen properti dalam memasarkan rumah sangat menghemat waktu dan tenaga Kamu, sebab segala urusan jual beli tersebut nantinya akan di-handle oleh agen properti.

Mendaftarkan listing rumah ke situs jual beli properti seperti 99.co Indonesia juga termasuk cara meminimalisir waktu dan tenaga, sebab prosesnya simple dan mudah untuk digunakan.

3. Memahami Harga Pasaran Rumah

Menetapkan harga jual rumah yang sesuai memang penting. Bahkan, di banyak artikel yang membahas soal tips menjual rumah pasti memasukkan poin “jual rumah dengan harga wajar” di dalamnya.

Akan tetapi, bagaimana sih sebenarnya menetapkan harga rumah yang wajar? Ya dengan mengetahui harga pasaran rumah di daerah tersebut.

Harga yang wajar berarti tidak jauh dari harga pasaran rumah di lokasi tersebut. Selain itu, harga yang wajar juga harus disesuaikan dengan spesifikasi bangunan yang ada.

Contohnya seperti ini, jika Kamu membuka situs 99.co Indonesia mengetik kata kunci “rumah dijual di Bandung” atau rumah dijual di Cibubur maka akan keluar beberapa listing dari hasil pencarian tersebut.

Nah, sesuaikan spesifikasi bangunan berserta lokasi rumah yang Kamu inginkan. Rata-rata, harga rumah dengan spesifikasi dan lokasi yang sama pasti tidak jauh berbeda.

Dengan pengetahuan yang dimiliki oleh agen properti, ia dapat membantu Kamu dalam menentukan harga jual rumah yang pas, sehingga rumah tersebut dapat terjual dengan cepat.

4. Transaksi Berjalan Lebih Aman

Kamu bisa saja memiliki pengetahuan tentang pasar properti atau teknik marketing yang baik, namun apakah Kamu paham bagaimana proses pengurusan dokumen dan administrasi rumah?

Tak bisa dipungkiri, bahwa prosedur pengajuan atau pengurusan dokumen legalitas rumah di Indonesia cukup ribet dan memakan waktu yang lama.

Jika Kamu tidak punya waktu untuk mengurus segala dokumen keabsahan rumah tersebut, ada baiknya Kamu menggunakan jasa angen properti saja, sebab mereka ahli dalam mengurus dokumentasi rumah.

Baik menjual rumah lewat situs properti seperti 99.co Indonesia ataupun secara offline, kelengkapan legalitas rumah harus dipersiapkan, agar transaksi jual beli rumah berjalan aman bagi kedua belah pihak.

Kekurangan Menggunakan Agen Properti

kerugian jual rumah menggunakan jasa agen properti
photo: freepik

Segala tindakan pasti ada baik dan buruknya, termasuk dalam jual rumah lewat agen properti profesional.

Baik agen properti di situs jual beli seperti 99.co Indonesia atau agen properti biasa, keduanya memiliki kekurangan yang relatif tidak jauh berbeda.

Kekurangan inilah yang sering kali menjadi halangan bagi para penjual rumah untuk memasarkan rumahnya lewat perantara agen properti, di antaranya yaitu:

1. Dikenakan Biaya Komisi atau Fee

Tentu saja, namanya juga kita menyewa jasa orang lain, pasti orang tersebut akan mengenakan biaya upah atas jasa yang telah dia keluarkan.

Sayangnya, agen properti yang tersedia di situs properti seperti 99.co Indonesia juga mengenakan sejumlah fee atau komisi atas setiap rumah yang berhasil ia jual.

Ya, hitung-hitung bagi rezeki lah, rumah Kamu terjual tentu saja mendapatkan keuntungan. Enggak ada salahnya dong berbagai rezeki tersebut dengan orang yang telah membantu menjualkan rumah Kamu?

Lagipula, komisi yang diberikan kepada agen properti tidak besar kok, minimal hanya 2 persen dari total keuntungan penjualan.

Hal ini juga tertera pada Peraturan Menteri Perdagangan RI No. 33/M-DAG/PER/8/2008 tentang Perusahaan Perantara Perdagangan Properti.

2. Kemampuan Agen yang Berbeda-Beda

Setiap agen tentu punya kompetensi dan kemampuan yang berbeda-beda dalam memasarkan sebuah hunian. Ada yang memiliki kemampuan yang baik, ada pula yang kurang cekatan.

Sulit memang mencari agen properti yang benar-benar profesional dan handal. Namun, di situs 99.co Indonesia Kamu dapat mengukur kemampuan dan rekam jejak dari tiap agen yang tersedia.

Bagaimana caranya? Dengan memperhatikan profile dari masing-masing agen properti. Agen properti yang berpengalaman tentu memiliki rekam jejak yang baik pula.

Perhatikan, apakah agen properti yang Kamu pilih memiliki riwayat penjualan yang baik, seperti berapa jumlah rumah yang berhasil dia jual, bagaimana feedback dari klien terdahulunya, dan lain-lain.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, Kamu akan menemukan agen yang profesional dan sesuai dengan klasifikasi yang Kamu butuhkan.

3. Adanya Kontrak dan Keterikatan

Kontrak memang penting, untuk menjamin kerjasama berjalan secara aman dan lancar. Namun, di sisi lain kontrak juga memiliki sifat yang mengikat di antara pembuat kontrak.

Inilah yang terjadi pada kerjasama antara penjual rumah dan agen properti. Dengan adanya kontrak tersebut Kamu tidak bisa menjual rumah tersebut kepada orang lain, selain agen yang bersangkutan.

Hal tersebut sering menjadi sandungan bagi orang yang ingin menjual rumah secara cepat. Apalagi jika agen properti yang Kamu sewa ternyata tidak kompeten dalam memasarkan rumah Kamu.

Oleh sebab itu, kuncinya ada pada bagaimana Kamu memilih agen properti yang tepat. Agar tidak salah memilih, manfaatkana situs 99.co Indonesia dalam menemukan agen properti idaman ya. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba!

Bacalagers Media

Media Online Masa Kini Seputar Gaya Hidup Terkini, Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Tips Kesehatan, Android Terbaru, Panduan Belajar SEO, Tips menjadi Blogger Sukses, Info Investasi Properti di Indonesia.

Yuk diskusi

beautynesia blog bacalagers mediabeautynesia
  • Halodoc Konsultasi Dokter