3 Prosedur Cek Mutasi Rekening BNI, Wajib Dilengkapi!

  • Bagikan

Regulasi atau prosedur cek mutasi rekening BNI merupakan suatu upaya yang dilakukan salah satu nasabah dalam mengelola tabungannya pada Bank BNI.

Prosedur buku tabungan yang melibatkan interaksi nasabah dengan teller atau nasabah dengan customer service pada Bank yang bersangkutan.

Dimana Prosedur ini melibatkan regulasi perbankan yang diatur UU Perbankan dan wajib dipenuhi Bank BNI dan nasabahnya yang bersangkutan sebagai syarat utama.

Prosedur cek mutasi rekening BNI pada dunia perbankan ini dibuat dalam rangka membantu para nasabah mengetahui posisi keuangannya.

Baca juga: Cara Cetak Rekening Koran BNI

Para nasabah berhak dan wajib meninjau rincian pengeluaran dan pemasukkan atas inisiatifnya.

Tabungan merupakan salah satu produk perbankan yang dilindungi Pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Meskipun dijamin pemerintah bukan berarti regulasi cek mutasi rekening Bank BNI terhadap produk tersebut menjadi kendor atau longgar.

Regulasi perbankan ini didesain untuk melindungi kedua belah pihak, yakni perbankan dan nasabah.

Bank memiliki bukti dana nasabah yang keluar masuk identik dengan tabungan nasabahnya. Apabila nasabah menarik dana dengan kisaran tertentu via ATM asing, record databases dikirimkan ke pihak Bank yang bersangkutan.

Daftar Prosedur Cek Mutasi Rekening BNI dan Persyaratannya

prosedur cek mutasi rekening bni
prosedur cek mutasi rekening bni

UU Perbankan mensyaratkan pihak terkait memiliki bukti perbankan secara otentik. Berikut ini disajikan persyaratan dan prosedur cek mutasi rekening BNI sebagai berikut:

1. Wajib Membawa Identitas Diri (KTP)

Bawalah kartu tanda penduduk atau KTP sebagai identitas diri. Regulasi perbankan mewajibkan cek mutasi rekening BNI dengan membawa perangkat identitas diri.

Perspektif ini terjadi karena nama dan KTP bersifat unik dan harus sama dengan nasabah yang bersangkutan. Patut dicermati bahwa regulasi tidak bisa diwakilkan kepada orang lain.

Customer service atau teller Bank terkait melakukan pemeriksaan identitas nasabah tersebut dengan identitas buku tabungannya.

Apabila keduanya tidak ditemukan aspek yang berbeda, maka proses cek mutasi rekening Bank bisa dilanjutkan. Tapi apabila berbeda, maka proses cetak buku tabungan bisa tertunda atau batal.

Baca juga: Cara Mencairkan Deposito BNI Syariah

2. Membawa Perangkat Tabungan (Tabungan/ATM/Token)

prosedur cek mutasi rekening bni

Semua komponen tabungan wajib dibawa saat akan mencetak buku tabungan baik dengan teller atau customer service.

Komponen tersebut akan diperiksa ulang berdasarkan identitas diri dan tanda tangan.

Perspektif ini terjadi karena pihak Bank tidak ingin menyalahi prosedur cek mutasi rekening nasabah sesuai amanat UU Perbankan dan SOPnya.

Patut dicermati bahwa nasabah wajib mengingat nomor PIN pada atm Bank yang dimiliki plus kartu ATM nya tidak boleh mengalami kerusakan.

Perspektif ini terjadi karena kartu atm Bank akan digesek dan disesuaikan dengan data nasabah yang bersangkutan. Apabila sesuai dan cocok, barulah proses cetak buku tabungan bisa dilanjutkan.

Baca juga: Cara Cek Mutasi Rekening BRI

3. Cetak/Print Buku Tabungan

Apabila sudah memenuhi semua persyaratan, barulah buku tabungan nasabahnya segera dicetak sesuai kebutuhan nasabah.

Apabila ditemukan data nasabah berbeda alias tidak identik, semua komponen tabungan akan dikembalikkan kepada nasabahnya.

Patut dicermati bahwa SOP Perbankan hadir karena merupakan amanat UU Perbankan.

Apabila rutin melakukan cek mutasi rekening, proses cetak akan tertulis secara terpisah dan berurutan.

Apabila tidak rutin, maka cetak buku tabungan pun bisa mengalami GTU atau gabungan transaksi unit.

Untuk penyelesaian GTU membutuhkan proses yang membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan biaya.

Baca juga:

Inilah artikel perbankan yang bertajuk prosedur cek mutasi rekening BNI untuk semua nasabah yang dapat dijadikan referensi.

Kami berharap artikel regulasi cek mutasi rekening BNI ini bisa didayagunakan secara maksimal buat masyarakat luas, yakni tepat guna dan tepat waktu.

Menyadari dan menyikapi bahwa prosedur perbankan merupakan produk yang berhubungan dengan bisnis kepercayaan. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan