Pemerintah El Savador Bagi-bagi Bansos Bitcoin Gratis Kepada Warganya, Indonesia Kapan?

  • Bagikan

Bacalagers Media, Jakarta – Di masa pandemi COVID-19, semua negara di seluruh dunia memakai berbagai macam cara untuk mensejeterahkan warganya. Salah satunya dengan memberikan dana bansos atau bantuan sosial. Namun, berbeda dengan El Savador yang membagikan bansos untuk masyarakatnya berupa Bitcoin gratis.

Contohnya Jepang, memberikan semua warganya insentif tunai tanpa terkecuali. Baik untuk si miskin ataupun si kaya. Namun lain halnya dengan El Savador, negara ini segera menetapkan Bitcoin menjadi alat transaksi yang sah.

Mereka pun memberikan insentif dalam bentuk mata uang kripto terpopuler di dunia ini. Dikutip dari Fortune.com pada Selasa (29/06), Presiden El Savador, Nayib Bukele menyatakan setiap warganya mendapatkan Bitcoin senilai US$30 atau setara dengan Rp 436.621,50 (kurs Rp 14.554,05).

Baca juga: Sempat Meremehkan, Kini Bank-Bank Raksasa di Dunia Mulai Bidik Bitcoin Cs

Baca juga: VANCAT Token: Aset Kripto Token Utama di Dunia NFT (Non-Fungible Token)

Proses Distribusi Pembagian Bansos Free Bitcoin yang Tidak Ribet

Insentif dalam bentuk Bitcoin ini dibagikan pemerintah El Savador kepada seluruh warganya bagi golongan dewasa. Prosesnya pun tidak ribet, bagi warga negara yang memenuhi persyaratan.

Caranya pun sangat mudah dilakukan, hanya dengan mendownload dan mendaftar di aplikasi Cryptocurrency resmi milik negara, yaitu Chivo, setelah itu langsung mendapatkan Free Bitcoin $30.

Aplikasi Cryptocurrency Exchange Chivo akan menjadi E-Wallet masyarakat El Savador dan alat pembayaran yang sah pada negara tersebut. Bukan hanya itu saja, aplikasi Chivo tersebut pun juga sudah tersedia di Google Play Store maupun App Store.

Baca juga: Digital Money 2025: What You Could Spend, Where You Could Invest, and How You Could Borrow?

Sebelumnya, Presiden El Savador Nayib Bukele juga mengusulkan rancangan Undang-undang ke Kongred untuk mengesahkan penggunaan Bitcoin pada negara tersebut.

Dia melihat potensi Bitcoin menjadi alat untuk orang-orang El Savador yang tinggal di luar negeri maupun untuk mengirimkan uang ke rumah.

Baca juga: Apa itu Binance Smart Chain (BSC) dan Token BEP-20? Ini Pengertian, Cara Kerja & Marketnya!

Dikutip dari Reuters.com pada Selasa (29/06), “Dalam jangka pendek ini akan menghasilkan lapangan kerja dan membantu memberikan inklusi keuangan kepada ribuan orang di luar ekonomi formal,” ujarnya Presiden El Savador.

  • Bagikan