6 Misteri Terbesar dalam Sejarah Dunia yang Tak Terpecahkan, Daftar Keenam Paling Mengerikan!

  • Bagikan

BACALAGERS MEDIA, Jakarta – Banyak misteri yang beredar di dunia, mulai dari karamnya kapal secara misterius, pembangunan candi megah, hingga hilangnya tokoh terkenal.

Nah, kali ini kami akan membahas 6 misteri terbesar dalam sejarah dunia, daftar keenam paling menakutkan lho! Ada misteri apa saja? Cek daftar pertama di bawah ini.

1. Pembangunan Piramida

misteri terbesar dalam sejarah dunia yang tak terpecahkan

Baca juga: 10 Dinosaurus yang Dikabarkan Masih Hidup di Dunia & Tersembunyi

Satu misteri yang belum terpecahkan secara pasti adalah pembangunan piramida megah di Giza, Mesir. Menurut para ahli geologi dan sejarah, piramida itu dibangun sekitar 2550 sebelum Masehi, saat zaman pemerintahan Firaun Khufu. Piramida Giza mencapai tinggi 138 meter dan menjadi salah satu keajaiban dunia.

Di dekat piramida juga ada bangunan bernama Sfinks atau Sphinx yang memiliki tinggi 3 meter dan panjang 20 meter.

Meskipun ada yang mengatakan pembangunan piramida menggunakan katrol, tapi ada juga yang berpendapat bahwa Piramida Giza dibangun alien.

2. Hilangnya Amelia Earhart

misteri terbesar dalam sejarah dunia yang tak terpecahkan

Baca juga: Kisah Nyata: Tinggal di Kos-kosan Angker Jakarta Selatan

Pilot wanita pertama di dunia, Amelia Earhart, menjadi sangat terkenal di tahun 1930-an karena sangat menginspirasi kaum hawa karena memperjuangkan hak wanita di Amerika Serikat.

Disaat masih populer dan tenar, Earhart bersama rekannya, Fred Noonan dikabarkan menghilang misterius sejak tahun 1937 saat mengudara di Samudra Pasifik, dekat Pulau Howland.

Saat itu Amelia dan Fred berangkat dari Lae dan terbang menuju Howland, namun keberadaannya hilang bersama Fred dan pesawat Lockheed Electra 10E.

Kasus hilangnya Earhart menuai misteri hingga sekarang. Hingga saat ini bermunculan berbagai teori seperti terdampar dan tewas di Nikumaroro, tenggelam di Samudra Pasifik, ditangkap Jepang, hingga menyamar jadi identitas lain.

3. Asal Mula Pembangunan Candi Borobudur

misteri terbesar dalam sejarah dunia yang tak terpecahkan

Baca juga: 4 Destinasi Epic Nan Romantis di Magelang, Kisah ‘Pre Wedding’ Menyatu dengan Alam pun Tak Terlupakan

Jika kita membahas tentang Candi Borobudur, maka yang menjadi misteri hingga saat ini adalah bagaimana cara membangunnya. Sama seperti Piramida Giza, Candi Borobudur memiliki seni arsitektur yang khas dan unik, serta dibangun secara megah dan besar. Diperkirakan, Candi Borobudur dibangun sekitar tahun 750-850 Masehi dan selesai pada tahun 1018 Masehi.

Dari hasil penelusuran di internet atau buku, belum ada bukti konkret tentang cara pembangunan Candi Borobudur. Pernah ada yang mengatakan bahwa Candi Borobudur dibangun menggunakan metode block dan tackle.

Tetapi jika dilihat dari bentuk dan konstruksi bangunan candi, maka hal itu tidak mungkin dilakukan. Sehingga wajar saja jika ada yang berspekulasi kalau itu dilakukan oleh jin.

4. Lenyapnya Kota Atlantis

misteri terbesar dalam sejarah dunia yang tak terpecahkan

Apakah Anda pernah menonton misteri Kota Atlantis? Mungkin pernah ya, soalnya misteri Kota Atlantis sangat terkenal, hingga dilakukan pencarian besar-besaran.

Namun hasilnya nihil, lokasi Atlantis belum diketahui hingga sekarang. Memangnya informasi tentang Kota Atlantis berasal dari siapa?

Jawabannya adalah dari filsuf Yunani terkenal, Plato. Dia mengisahkan ada negeri yang sangat indah dan makmur bernama Atlantis, namun penduduknya memiliki sifat yang congkak dan tamak, hingga akhirnya ada gempa dan banjir hebat sehingga menenggelamkan Atlantis dan seluruh penghuninya.

Karena tidak ditemukan hingga sekarang, banyak pihak yang mengatakan bahwa Plato hanya mengarang saja. Namun masih ada yang percaya dengan perkataan filsuf legendaris itu.

Beberapa lokasi yang diduga menjadi tempat tenggelamnya Atlantis adalah Laut Hitam, Lemuria, Bahama, dan Indonesia.

5. Misteri Segitiga Bermuda

misteri terbesar dalam sejarah dunia yang tak terpecahkan

Salah satu misteri terbesar dunia adalah kecelakaan yang sangat sering terjadi di wilayah Segitiga Bermuda.

Yups, Segitiga Bermuda adalah sebuah wilayah di bagian barat Samudra Atlantik Utara dengan titik ujung bagian utara yaitu Bermuda, titik selatan di Puerto Riko, dan titik barat di Miami. Jika titik-titik itu digabungkan, maka akan membentuk segitiga.

Wilayah Segitiga Bermuda pernah dianggap berbahaya di dunia penerbangan dan perkapalan, karena sering banget terjadi kecelakaan saat melintasi wilayah itu.

Beberapa kasus terkenal Segitiga Bermuda adalah USS Cyclops yang hilang tahun 1918, kapal Angkatan Laut AS dengan panjang 164 meter dan membawa 309 awak, dan Flight 19 yang menghilang tahun 1945.

Banyak sekali spekulasi dan dugaan tentang hilangnya kapal dan pesawat di Segitiga Bermuda.

Ada yang menyebutkan bahwa Kota Atlantis berada di wilayah tersebut dan dilindungi makhluk misterius atau alien, ada yang bilang di situ ada air mata keabadian dan dilindungi banyak makhluk astral, bahkan ada yang bilang raja iblis tinggal di situ.

Selain itu, ada pula yang menjelaskan secara ilmiah bahwa di Segitiga Bermuda sering terjadi letusan gas metana dasar laut, perubahan cuaca yang cepat dan parah, dan perairan yang dangkal.

6. Kapal S.S Ourang Medan

misteri terbesar dalam sejarah dunia yang tak terpecahkan

Kisah misterius terakhir datang dari Indonesia, yaitu misteri tragedi karamnya kapal S.S Ourang Medan, yang selanjutnya akan dikenal sebagai Kapal Hantu Ourang Medan.

Misteri ini bermula pada tahun 1940-an. Pada waktu itu, kapal tersebut terbilang misterius, pasalnya tidak ada catatan pembuatan, asal, atau tujuan kapal tersebut berlayar. Hanya ada tulisan Ourang Medan yang artinya Orang yang berasal dari Medan, Sumatra.

Waktu itu, ada gelombang radio yang diterima oleh kapal-kapal Belanda dan Inggris. Gelombang radio itu mengirim ketukan sandi morse yang berbunyi, “Saya hampir mati.” Akhirnya panggilan itu direspon oleh kapal Amerika S.S. Silver Star yang berada tidak jauh dari lokasi kapal.

Saat sampai di lokasi, ternyata seluruh kru Kapal Ourang Medan telah tewas dengan kondisi tidak biasa. Mata mereka melotot, kulit pucat, gigi rapat namun bibir terbuka, wajah ketakutan, dan tangan menjulur seperti hendak mencengkeram sesuatu.

Anjing-anjing di dek kapal juga mati membeku. Belum selesai mengevakuasi, tiba-tiba terjadi kebakaran di perut kapal dan memaksa seluruh kru kapal Amerika bergegas keluar. Ternyata beberapa menit kemudian, Kapal Ourang Medan meledak dan tenggelam di Selat Malaka.

Insiden itu sangat legendaris dan masih menjadi misteri hingga sekarang. Banyak pihak yang meluncurkan dugaan-dugaan dan spekulasi liar seperti keracunan karbon monoksida, adanya kargo berbahaya, hingga diserang makhluk halus.

Hingga saat ini, banyak pelayar yang mengaku melihat kapal hantu Ourang Medan yang tiba-tiba muncul di tengah kabut, lalu menghilang misterius. Bagaimana pendapat Anda?

Nah, itulah 6 misteri terbesar dalam sejarah dunia yang belum terpecahkan hingga sekarang, Sebenarnya masih banyak misteri menarik lainnya seperti Patung Moai di Pulau Paskah, orang-orang laut, hingga misteri Jack The Ripper.

  • Bagikan