kredit usaha rakyat
pengertian & cara mengajukan pinjaman kredit usaha rakyat (KUR)

Apa yang dimaksud dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR)? Inilah pengertian, tujuan, fungsi, persyaratan pengajuan dan langkah-langkah cara mengajukan KUR.

Setiap orang pasti ingin mempunyai usaha sendiri yang sukses dan untung besar. Untuk mendapatkan semua itu tentunya harus disertai dengan niat dan juga modal yang mencukupi.

Sebagai penunjang, pemerintah pun ikut andil untuk memfasilitasi para pengusaha dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Pinjaman dana ini diberikan untuk memudahkan pengusaha mengembangkan bisnisnya serta membantu meningkatkan perekonomian nasional.

KUR diharapkan dapat membantu pemilik UMKMK dan menciptakan lapangan kerja baru. Agar bisa mendapatkan pinjaman modal ini pengusaha perlu mempersiapkan beberapa persyaratan tertentu.

Setelah itu, pengusaha pun bisa mengajukan KUR ke sejumlah bank yang sudah berafiliasi dengan pemerintah.

Supaya lebih paham, inilah informasi penting mengenai KUR dan bagaimana cara mengajukannya yang perlu diketahui.

Pengertian dan Tujuan KUR

kredit usaha rakyat

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah salah satu layanan pembiayaan dari pemerintah untuk Usaha Mikro Kecil Menengah, dan Koperasi (UMKMK) atau bisnis yang layak disalurkan melalui bank.

Hal ini agar usaha tersebut memiliki prospek yang bagus serta bisa mengembalikan pinjaman yang telah diberikan.

Kredit ini terdiri dari berbagai usaha, seperti perindustrian, kehutanan, pertanian, jasa simpan pinjam, serta perikanan dan kelautan.

Dengan begitu, usaha tersebut dapat memberikan manfaat dan kemudahan bagi masyarakat.

Tujuan KUR pada umumnya untuk membantu UMKMK, mengurangi dan menuntaskan kemiskinan, serta menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat.

Oleh karena itu, pemerintah mulai menerapkan sejumlah kebijakan dalam pemberdayaan dan pengembangan yang dapat meningkatkan sektor UMKMK dan riil.

Panduan dan Tata Cara Mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR)

kredit usaha rakyat

Apabila sudah mengetahui apa itu Kredit Usaha Rakyat (KUR), ada baiknya untuk memahami prosedur untuk mendapatkan pinjaman dana dari bank.

Pengusaha yang ingin mendapatkan modal dari KUR perlu menyiapkan persyaratan tertentu. Berikut ini cara untuk mengajukan KUR yang penting untuk dicatat.

1. Usaha yang Produktif

Sebelum mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pastikan usaha yang sedang dijalankan tersebut cukup produktif.

Usaha tersebut diharapkan dapat membantu peningkatan kreativitas dan aktivitas terutama di daerah yang tertinggal.

Jenis usaha produktif ini bisa berupa peternakan, kerajinan tangan, produk olahan hasil bumi, pembibitan, dan lain sebagainya.

2. Menyiapkan Berkas yang Dibutuhkan

Langkah selanjutnya yaitu pengusaha perlu menyiapkan berbagai macam dokumen atau berkas yang diperlukan.

Dokumen untuk mengajukan KUR terdiri dari Kartu Keluarga, KTP, Keterangan Domisili, laporan keuangan, proposal, legalitas, serta surat izin usaha (SIUP dan TDP).

Selain itu, pengusaha juga perlu menyiapkan sejumlah persyaratan yang diajukan oleh pihak bank. Pastikan untuk mengecek ulang dokumen sebelum diserahkan untuk mendaftar KUR.

3. Mendatangi Bank Terdekat

Jika sudah menyiapkan dokumen penting tersebut, pengusaha bisa langsung mendatangi bank terdekat yang menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Ada beberapa bank yang ditentukan oleh pemerintah untuk menyalurkan dana kredit tersebut seperti BRI, BTN, BNI, Bukopin, Mandiri, BNI Syariah, dan Mandiri Syariah.

Di bank tersebut pengusaha dapat meminta informasi lebih lanjut serta bagaimana cara untuk mendapat penyaluran pinjaman KUR nantinya.

4. Menyerahkan Dokumen kepada Bank

Setelah mendapatkan informasi tentang KUR, maka pengusaha perlu mengikuti prosedur untuk mendapatkan kredit tersebut.

Untuk mengajukan KUR pada pihak yang dituju, pengusaha perlu menyerahkan surat permohonan Kredit Usaha Rakyat dan dokumen-dokumen penting yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

5. Survei Usaha

Terakhir, apabila dokumen sudah diterima selanjutnya pihak bank akan melakukan survei usaha.

Survei ini dilakukan untuk menyeleksi bahwa usaha tersebut layak diberikan KUR serta menghindari penyelewengan dana.

Pinjaman yang sudah diajukan akan segera diproses dan dicairkan apabila telah memenuhi syarat.

Itulah ulasan mengenai Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan cara pengajuan yang tepat. Dengan adanya KUR ini, pemilik UMKMK pun bisa lebih terbantu dari segi modal untuk mengembangkan usahanya.

Pengusaha dapat mengajukan KUR dengan menyiapkan beberapa dokumen penting untuk diserahkan pada bank yang dituju.

Selanjutnya, bank akan melakukan survei untuk mengetahui jika usaha tersebut layak atau tidak mendapatkan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR).