daftar komponen untuk merakit pc gaming yang harus dipersiapkan
komponen penting untuk merakit pc gaming (sumber: indogamers.com)

Untuk para gamers, memiliki sebuah PC gaming merupakan salah satu impian. Saat ingin memiliki PC gaming kamu akan dipertemukan dengan dua opsi, yakni membelinya dalam bentuk jadi atau merakit sendiri PC gaming.

Jika kamu memilih untuk merakit PC gaming sendiri, maka kamu harus teliti dan nggak boleh asal-asalan lho.

Oleh sebab itu, kamu harus memperhatikan beberapa komponen ini dalam segi kondisi supaya performa bermain game nggak ada kendala saat memilih merakit PC gaming. Jika Kamu ingin membaca tentang daftar pilihan laptop gaming terbaik 2020, bisa baca di sini.

Komponen Penting untuk Merakit PC Gaming yang Gahar

Selain performa dalam bermain game, komponen ini juga dapat berpengaruh juga di performa PC gaming kamu. Apa saja sih komponennya? Yuk, langsung simak saja ulasan di bawah ini!

1. Prosesor

daftar komponen untuk merakit pc gaming yang harus dipersiapkan
sumber: katairfan.com

Prosesor menjadi inti bagi sebuah PC dan bisa dibilang juga sebagai otak komputer. Oleh sebab itu, kinerja dan performa PC yang kamu rakit nantinya ditentukan oleh komponen satu ini.

Jangan sekali-kali kamu memilih untuk membeli prosesor bekas, karena bisa saja kondisinya kurang bagus hingga bisa memperlambat kinerja komputer.

Bahkan kondisi yang paling parah kalau menggunakan prosesor bekas adalah komputer tidak bisa menyala atau lebih parahnya terjadi black screen.

2. VGA

daftar komponen untuk merakit pc gaming yang harus dipersiapkan
sumber: koneksia.com

VGA atau yang merupakan kependekan dari Video Graphic Adapter ini menjadi komponen penting selanjutnya. Perangkat keras ini berfungsi sebagai pengolah data grafis atau gambar supaya layar monitor dapat menampilkannya.

Pasalnya VGA ini digunakan untuk memainkan video game hingga memproses desain grafis dalam sebuah PC. Jika kamu membeli VGA pastikan yang baru, karena kalau memilih bekas komponen ini bisa berakibat buruk seperti munculnya artefak saat ingin membuka beberapa program.

Bahkan lebih parahnya lagi layar monitor tidak dapat menampilkan gambar apapun sama sekali.

3. Motherboard

daftar komponen untuk merakit pc gaming yang harus dipersiapkan
sumber: idntimes.com

Mainboard atau yang biasa disebut motherboard ini merupakan sebuah papan yang berada di dalam CPU. Komponen satu ini terdiri atas chip controller yang berfungsi sebagai penghubung antara hardware lainnya.

Hardware yang dihubungkan ke motherboard diantaranya seperti prosesor, VGA, RAM, PSU dan bahkan hampir semuanya terhubung ke mainboard ini.

Kalau kamu membeli komponen satu ini dalam kondisi bekas dan buruk, kerusakan seperti not responding hingga komputer tidak bisa menyala bisa saja terjadi.

4. RAM

daftar komponen untuk merakit pc gaming yang harus dipersiapkan
sumber: flashtik.com

Random Access Memory atau yang biasa kita sebut dengan RAM merupakan sebuah komponen untuk menyimpan memori dalam jangka waktu sementara.

Jika komputer dimatikan, maka data di dalam komputer akan hilang karena RAM hanya bertugas untuk menyimpan data secara sementara.

Sebenarnya boleh saja membeli RAM bekas, tetapi jangan salahkan jika performa yang dimilikinya nantinya tidak sebaik kondisi baru.

RAM kondisi buruk bisa membuat komputer menjadi lemot dalam menjalankan beberapa program, bahkan dapat berujung blue screen.

5. Harddisk

daftar komponen untuk merakit pc gaming yang harus dipersiapkan
sumber: my-best.id

Kalau RAM hanya bisa menyimpan data secara sementara, berbeda lagi dengan harddisk. Harddisk ini bisa dibilang sebagai penyempurna RAM, karena bisa menyimpan data secara permanen.

Meskipun komputer dimatikan, data di dalam PC tidak akan hilang, tapi kalau harddisk terserang virus mematikan dapat berakibat buruk. Tak hanya RAM, terjadi blue screen juga bisa diakibatkan dari harddisk yang memiliki kondisi buruk.

Selain itu kerusakan lain yang dapat ditimbulkan dari harddisk bekas yakni bisa merusak file dan performa komputer menjadi lambat.

6. Monitor

daftar komponen untuk merakit pc gaming yang harus dipersiapkan
sumber: lg.com

Selain komponen yang ada di dalam CPU, ternyata ada juga hardware penting komputer diluar CPU yakni monitor. Monitor ini bertugas sebagai penampil output gambar yang telah diproses melalui CPU.

Kamu bisa saja memilih untuk membeli monitor yang bekas, tetapi siap-siap menerima resiko layar buram, gambar agak bergoyang hingga layar nggak bisa menyala sama sekali.

7. Keyboard

daftar komponen untuk merakit pc gaming yang harus dipersiapkan
sumber: gamebrott.com

Dalam bermain game, keyboard juga memiliki peran khusus sebagai perangkat pendukung control. Belilah keyboard baru dan nggak perlu mahal-mahal.

Tetapi kalau kamu memilih untuk membeli bekas risiko seperti, tombol yang susah ditekan, tombol keras dan eror harus siap menanggungnya.

Jika kamu punya budget lebih bisa memilih wireless keyboard untuk lebih nyaman bermain game tanpa harus ribet adanya kabel.

8. Headset (Earphone)

daftar komponen untuk merakit pc gaming yang harus dipersiapkan
sumber: tek.id

Nggak afdol dong kalau bermain game tanpa headset/earphone. Kamu bisa membeli headset yang memiliki kualitas hasil suara bass dan treble seimbang. Biar nggak ribet sama kabelnya beli saja yang wireless headset.

Nah, itulah berbagai komponen yang harus kamu perhatikan kondisinya saat ingin merakit sebuah PC gaming. Jangan terburu-buru saat ingin memulainya, lebih baik menabung terlebih dahulu supaya bisa mendapatkan performa PC gaming yang memuaskan. Siap menjadi gamers pro?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.