Jangan Salah Pilih! Ini Ukuran Lemari Dapur yang Ideal

  • Bagikan

Kamu punya rencana membuat kitchen costum? Ada baiknya memperhitungkan dahulu ukuran lemari dapur yang ideal. Simak selengkapnya di artikel ini.

Salah satu furnitur yang wajib ada di dalam area masak adalah lemari dapur. Tidak hanya berfungsi untuk menyimpan perlengkapan masak dan peralatan makan, lemari ini juga bisa membuat dapur terlihat lebih rapi.

Tidak heran bila lemari dapur hadir dalam berbagai ukuran. Untuk itulah, dalam memilih lemari dapur, kita pun tidak boleh sembarangan. Bila salah ukuran, bisa-bisa lemari tersebut tidak dapat kita gunakan secara maksimal.

Baca juga: Kulkas Panasonic NR-199AN-SS: Harga, Spesifikasi, Kelebihan & Kekurangan

Baca juga: Kulkas AQUA AQR-D191: Harga, Spesifikasi, Kelebihan & Kekurangan

Lalu, seperti apa ukuran lemari dapur yang ideal? Simak berikut ini, yuk!

1. Ukuran Lemari Dapur Bagian Bawah

Kabinet dapur bagian bawah biasanya paling sering digunakan sebagai tempat untuk menyimpan peralatan masak dan dilengkapi dengan meja untuk menyiapkan bahan makanan.

Untuk itu, pastikan tinggi lemari dapur bagian bawah berkisar sekitar 85-91 cm dari lantai atau setinggi bagian pinggul Anda saat berdiri di dekat meja dapur. Jadinya, aktivitas masak Anda di dapur pun lebih nyaman, tanpa harus membungkuk.

Sedangkan untuk kedalaman lemari dapur, sebaiknya berkisar antara 53-60 cm agar Anda bisa menyimpan lebih banyak barang di dalamnya.

Perhatikan juga lebar kabinet bawah, yang idealnya memiliki panjang sekitar 60-150 cm (untuk kabinet dua pintu) dengan tinggi 70-85 cm.

Baca juga: Kulkas Midea HS-65L Mini Portable: Harga, Spesifikasi, Kelebihan & Kekurangan

Baca juga: Kulkas AQUA AQR-D181: Harga, Spesifikasi, Kelebihan & Kekurangan

2. Ukuran Lemari Atas

Umumnya, ketinggian lemari atas bisa disesuaikan dengan luas ruangan di rumah. Namun, pastikan jarak antara lemari atas dan meja dapur sekitar 45-50 cm agar terlihat lebih luas.

Berikut ukuran ideal kabinet dapur bagian atas:

  • Ketinggian standar lemari dapur atas umumnya berkisar 76-106 cm. Namun, Anda bisa menyesuaikan dengan ketinggian platfon di rumah agar tidak terasa sempit.
  • Kedalaman standar kabinet dapur dengan satu pintu memiliki panjang sekitar 40-60 cm dan tinggi kabinet berkisar 36-100 cm. Namun, pastikan Anda sesuaikan dengan fungsi tempat penyimpanan tersebut, baik sebagai rak piring ataupun tempat menaruh perlengkapan masak.
  • Lebar standar kabinet dapur berkisar 35 cm dengan memakai dua pintu yang berukuran 70-150 cm.

Ukuran ini bisa saja berbeda-beda pada setiap dapur. Untuk itu, pastikan Anda mengukur luas dapur secara akurat, sebelum membeli furnitur untuk dapur di rumah.

Baca juga: Kulkas Changhong CBC-100 Mini Portable: Harga, Spesifikasi, Kelebihan & Kekurangan

3. Ukuran Lemari Sudut

Untuk dapur dengan bentuk L atau U, biasanya memiliki sudut yang sering terbuang karena sulit dijangkau. Namun, Anda bisa memaksimalkannya dengan memakai lemari sudut sebagai tempat penyimpanan.

Umumnya, lemari ini terdiri dari dua pintu lemari, yang berada di bagian sudut dengan bentuk berengsel dobel atau hanya satu engsel sehingga bisa dibuka selebar-lebarnya.

Berikut ini ukuran standar lemari sudut yang biasa digunakan:

  • Tinggi lemari berkisar dari 85-90 cm, yang bisa Anda sesuaikan dengan lemari kabinet bawah.
  • Kedalaman lemari berkisar 50-65 cm, yang bisa disesuaikan dengan sisa ukuran sudut.
  • Lebar sisi berkisar 85-100 cm.

Baca juga: Kulkas AQUA Japan AQR-D50F: Harga, Spesifikasi, Kelebihan & Kekurangan

Nah, itu dia beberapa ukuran lemari yang ideal untuk dapur di rumah. Dengan mengetahui ukuran lemari standar ini, Anda pun akan lebih mudah memilih kitchen set yang tepat untuk hunian.

Hal yang paling penting adalah perhatikan kualitas produk yang akan dibeli. Apalagi, saat ini sudah semakin banyak lemari dapur dengan harga murah, tetapi kualitasnya tidak terjamin.

Nah, Anda bisa menemukan berbagai kebutuhan rumah tangga, termasuk lemari dapur, yang berkualitas hanya di Ruparupa.com.

Situs e-commerce satu ini menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga dan furnitur terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE Hardware, dan Toys Kingdom. Yuk, belanja sekarang juga!

  • Bagikan