Home » Otomotif » Cara Ganti Oli Transmisi Matic Grand Livina

Cara Ganti Oli Transmisi Matic Grand Livina

Cara Ganti Oli Transmisi Matic Grand Livina – JAKARTA – Mengganti oli merupakan hal yang wajib bagi setiap pemilik mobil. Terutama mengganti oli transmisi pada mobil. Oli transmisi ini memiliki fungsi yang cukup besar, sehingga wajib untuk mengganti oli transmisi secara berkala. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak memperhatikan hal ini. Karena dianggap pengobatan yang kurang penting.

Padahal sebenarnya itu sangat salah dan bisa berakibat fatal jika dibiarkan begitu saja. Oli transmisi otomatis harus diganti setiap 40 ribu kilometer atau 60 ribu kilometer. Tujuannya untuk menempatkan komponen-komponen di dalam gearbox otomatis. Selain itu, penggantian ini juga sangat mempengaruhi kualitas kandungan oli yang mengalir ke transmisi otomatis.

Cara Ganti Oli Transmisi Matic Grand Livina

Cara Ganti Oli Transmisi Matic Grand Livina

“Untuk transmisi matic sebaiknya diganti sesuai dengan kebiasaan dan kebiasaan pemilik mobil. Nah, biasanya pemilik ini melakukan servis berkala? Kalau jarang, masih belum bisa kontrol oli transmisinya bagus atau jelek.” Auto2000 Suparna di Jakarta Selatan, kata Kepala Bengkel Silandak, baru-baru ini.

Oli Mobil Matic Terbaik 2022

Suparna mengatakan, ada dua waktu ideal untuk mengganti oli transmisi. Yaitu setiap 40 ribu km atau setiap 60 ribu km. Alasannya sepele, karena kualitas oli transmisi matic diduga menurun akibat masa itu. “Ya dulu, idealnya setiap 40 ribu kilometer atau 60 ribu kilometer. Selain itu, tidak disarankan,” imbuhnya.

Bagi pemilik mobil bertransmisi matic yang kerap mengabaikan waktu ganti oli, bersiaplah menerima konsekuensinya. “Kalau telat ganti oli? Wah, kerusakannya sebenarnya bisa diprediksi. Kalau melebihi batas waktu yang dijadwalkan, pasti akan ada masalah ke depan. Baik tahun depan, baik bulan depan. Yang jelas akan ada jadi transmisi otomatis Ada masalah di sistemnya,’ katanya.

Jika terjadi kerusakan pada sistem transmisi Anda, bukan tidak mungkin biaya akan bertambah. Kalau sudah bengkak, pasti pemilik mobil akan mengotak-atiknya. Oleh karena itu, usahakan untuk merawat transmisi matic sesuai dengan perawatan yang telah ditentukan.

Suparna memberikan sedikit informasi mengenai oli transmisi yang disarankan untuk digunakan pada mobil. Sebagai orang Toyota, tentunya dia menyarankan agar oli transmisi yang direkomendasikan adalah merk Toyota. Toyota saat ini memiliki oli transmisi otomatis bernama Automatic Transmission Fluid World Standard (ATF WS).

Fungsi Dan Cara Kerja O/d Dalam Transmisi Otomatis

Pelumas ini sengaja diformulasikan untuk memenuhi standar baru pabrikan transmisi otomatis Toyota. Kendaraan tahun 2008 ke atas sudah menggunakan ATF WS.

Nah, untuk mobil lain, bagaimana cara menentukan oli transmisi yang tepat? Dia menyarankan agar pemilik mobil mengikuti aturan yang ditetapkan oleh manual masing-masing pabrikan. Pemilik ini diharapkan untuk membaca manual atau instruksi manual untuk penggunaan mobil yang benar. Agar Anda mengetahui terlebih dahulu fitur-fitur yang sesuai untuk kendaraan Anda.

Sedangkan untuk biaya penggantian oli transmisi matic sendiri tentunya setiap bengkel memiliki harga yang berbeda-beda. Jika Anda menggantinya di bengkel resmi, harganya lebih mahal. Namun, catatan servis dan oli transmisi yang digunakan pada mobil tersebut sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Cara Ganti Oli Transmisi Matic Grand Livina

Sedangkan bengkel umum atau bengkel spesialis lebih murah. Karena konsumen bisa memilih oli yang mereka gunakan.

Oli Manual Transmisi/oli Persneleng/oli Gear Box Mtf Nissan Original

Misalnya, biaya penggantian oli transmisi di bengkel umum dipilih oleh dinas. Ada dua pilihan, mengganti oli transmisi dan menguras oli transmisi. Kalau ganti oli transmisi biayanya sangat murah, karena hanya butuh 4-5 liter saja.

Harga per liter oli dari bengkel belum dihitung. Biasanya penggantian oli untuk transmisi ini adalah Rp. 700 ribu menjadi Rp. Itu sampai 900 ribu.

Sedangkan untuk melepas oli transmisi akan lebih mahal dari sekedar mengganti oli transmisi. Biasanya hingga 8 liter oli transmisi perlu dikuras. Biayanya juga akan tinggi dan tergantung jenis dan tipe mobil Rp. 1 lakh akan lebih. Karena setiap mobil memiliki kapasitas oli transmisi yang berbeda. Dan jangan lupa, setiap bengkel memiliki tarif atau service charge yang berbeda-beda juga.

Jika Anda ingin mendapatkannya dengan harga murah, Anda bisa melakukannya di rumah. Mengganti oli mesin dan oli transmisi sendiri tetap bisa dilakukan di rumah. Dan yang harus kamu ingat, kegiatan ini membuat kamu terlihat macho dan kamu paham banyak tentang mobil.

Masih Banyak Yang Bingung Bedanya Ganti Dan Kuras Oli Transmisi Matik

Gejala umum saat transmisi otomatis mulai bermasalah adalah selip kopling. Kopling selip ini menciptakan ketidakseimbangan antara kecepatan mesin dan kecepatan mobil. Bunyi mesin mobil terdengar nyaring namun kecepatan mobil tidak berubah. Gejala lainnya adalah adanya hentakan gigi saat perpindahan gigi.

Keausan normal dari penggunaan normal membutuhkan perombakan transmisi. Biayanya antara 2 lakh hingga 3 lakh rupee untuk perbaikan. Harga itu sepertinya tidak mahal. Biaya tersebut sebanding dengan kenyamanan mengendarai mobil matic hingga jarak tempuh 100.000 km. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin harus membayar lebih karena terpaksa mengganti beberapa komponen penting.

Jika ada pilihan paket perbaikan transmisi yang terjangkau, ini akan sangat direkomendasikan. Jika kendaraan telah digunakan lebih dari 8 atau 10 tahun, biaya overhaul mungkin lebih tinggi. Anda bisa mengeluarkan Rp 4 juta – Rp 5 juta untuk perawatan karena memiliki masa pakai yang lama. Namun, perkiraan tersebut tidak berlaku untuk mobil bermesin besar dan yang diperbaiki di bengkel resmi.

Cara Ganti Oli Transmisi Matic Grand Livina

Rizen Panaji menuruti hobinya di akhir pekan. Dan pastinya terpesona dengan mobil-mobil jadul, terutama model dua pintu. Oh iya, dia juga senang melihat interior mobil yang begitu bersih dan rapi, lho! Beberapa pemilik kendaraan roda empat seperti Avanza lupa mengganti oli gardan Avanza. Padahal faktor ini sangat penting. Belajarlah lagi!

Cara Ganti Oli Matic Avanza, Oli Transmisi Matic

Poros atau diferensial mobil adalah bagian penting untuk memastikan kinerja mesin. Fungsinya untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda. Sayangnya, beberapa pemilik kendaraan roda empat seperti Avanza seringkali lupa merawat bagian ini dengan lupa mengganti oli gardan Avanza. Akibatnya, mobil terasa tidak nyaman dikendarai, seperti suara getaran yang berasal dari bawah. Dengungan dan getaran berasal dari roda gigi yang tidak dilumasi dengan benar.

Pemeliharaan poros yang tertunda menyebabkan kerusakan pada titik putus. Lebih buruk lagi, biaya perawatannya sangat mahal. Kendaraan tidak dapat dikemudikan sampai perbaikan selesai. Tidak ingin hal buruk terjadi pada Avanza Anda? Tidak ada salahnya merawat kendaraan kesayangan Anda. Anda bisa memulainya dengan mengenali ciri-ciri oli gardan mobil yang perlu diganti, cara mengganti oli yang perlu dikeluarkan selama perawatan. Mari berdiskusi bersama.

Cara mengetahui oli gardan Avanza perlu diganti sangatlah sederhana. Sebagai peringatan, oli gardan memiliki karakteristik sebagai berikut yang harus diganti sesegera mungkin.

Bunyi yang berasal dari kolong mobil adalah saat oli gardan perlu diganti. Dengungan akan lebih terasa saat mobil dikemudikan lebih cepat. Tanda lainnya adalah adanya getaran pada tubuh saat berkendara di jalan raya. Demikian pula, mobil mengeluarkan suara berisik saat berbelok.

Cara Ganti Oli Transmisi Mobil Matic

Ada batasan untuk memperbaharui oli agar tampil maksimal. Sebelum mendengar dengungan dan getaran dari kolong mobil, pastikan jarak tempuh setelah penggantian oli terakhir tidak melebihi 40.000 km. Biasanya, penggantian oli gardan manual Avanza dilakukan setiap 40.000 km, sama seperti penggantian oli transmisi manual. Begitu juga dengan oli otomatis.

Ciri lainnya adalah dengan melihat warna oli gardan. Jika warna oli agak putih atau abu-abu metalik, kondisinya sudah pasti kurang baik. Anda juga bisa melihat ketebalan gemuk gardan. Jika tipis, Anda harus membeli pelumas sesegera mungkin.

Jika kendaraan Anda menunjukkan gejala tersebut, sebaiknya Anda datang ke bengkel dan segera mengganti oli gardan. Jangan menunggu rusak karena biaya perbaikan lebih mahal dari biaya perbaikan.

Cara Ganti Oli Transmisi Matic Grand Livina

As roda mobil penggerak belakang akan berfungsi dengan baik jika pelumas diganti tepat waktu. Namun, saat mengganti Anda perlu memastikan oli sesuai dengan spesifikasi mobil. Anda dapat melihat di buku Paedemon untuk informasi. metode

Cara Mengganti Oli Transmisi Manual Suzuki Ertiga

Merk pelumas untuk gardan kini sedang naik daun. Selain jenisnya, kemasannya juga bervariasi. Untuk memudahkan Anda dalam memilih oli, berikut daftar harga oli gardan mobil terbaru.

Avanza merupakan mobil paling populer di masyarakat Indonesia. Selain memiliki mesin yang handal, konsumsi bahan bakarnya juga irit. Belum lagi suku cadang tersedia dengan harga terjangkau. Namun, perawatan termasuk transmisi dan penggantian oli gardan adalah wajib.

Harga penggantian oli gardan mobil Avanza manual di bengkel berkisar antara Rp 230.000 hingga Rp 270.000. Rincian biaya tersebut berupa harga minyak Excel dan biaya penggantian. Contoh biaya ini adalah dengan spesifikasi SAE 90 Rp. 60.000 per liter untuk oli di kisaran (gunakan 2,5 liter oli gardan untuk sekali ganti). Sedangkan biaya jasa penggantian sekitar Rp. 35.000 adalah. Jika Anda mengganti oli transmisi dan harus mengganti oli gardan di bengkel, Anda bisa lebih berhemat dengan melakukan servis rutin.

Tags: Oli Gandar Tanda Oli Gandar Perlu Diganti Tips Oli Gandar Oli Gandar Cara Merubah Warna Oli Gandar

Spesifikasi Dan Harga Oli Honda Mobilio, Butuh Berapa Liter?

Harga oli gardan tergantung dari merek yang Anda beli. Dengan harga 1 liter oli ini dijual dengan harga 42 ribu rupiah.

Berasal dari Tangerang, lulusan Jurnalistik, ia memulai karirnya sebagai penulis konten tujuh tahun lalu. Hobi menonton dan surfing media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas.

Berapa Biaya Penggantian Oli Transmisi Otomatis Saat Ini? Pertanyaan ini sering didiskusikan oleh banyak orang yang memiliki mobil bertransmisi otomatis, maupun yang ingin membeli mobil bertransmisi otomatis.

Cara Ganti Oli Transmisi Matic Grand Livina

Tidak bisa dipungkiri bahwa oli kendaraan perlu diganti

Oli Transmisi Mtf / Oli Transmisi Manual Nissan

Transmisi matic grand livina, biaya ganti oli transmisi matic grand livina, cara ganti oli transmisi grand livina manual, transmisi matic grand livina 2008, oli transmisi matic grand livina, harga oli transmisi matic nissan grand livina, transmisi matic livina, ganti oli matic grand livina, ganti oli transmisi matic grand livina, cara ganti oli transmisi grand livina, ganti oli transmisi grand livina, ganti oli transmisi matic livina