Home » Otomotif » Oli Transmisi Matic Ganti Setiap

Oli Transmisi Matic Ganti Setiap

Oli Transmisi Matic Ganti Setiap – Oli transmisi otomatis harus dirawat dan diganti secara berkala untuk menjaga kondisi dan performa mobil tetap optimal. Berikut beberapa rekomendasi produk oli transmisi otomatis yang terjangkau.

Jika berbicara tentang cairan mobil, yang paling sering terlintas dalam pikiran adalah oli mesin, cairan radiator, dan minyak rem. Selain itu, masih ada oli transmisi yang sering terlupa dan terabaikan penggantiannya.

Oli Transmisi Matic Ganti Setiap

Oli Transmisi Matic Ganti Setiap

Oli transmisi adalah cairan yang sama pentingnya dengan oli mesin. Oli transmisi berperan sebagai pelumas pada sistem transmisi mobil agar komponen girboks matic tetap awet.

Biaya Ganti Oli Mobil Di Rumah Vs Bengkel Dan Tanda Harus Ganti

Seperti komponen dan cairan mobil lainnya, oli transmisi otomatis memiliki masa pakai, sehingga perlu diganti secara berkala.

Satu hal yang jarang disadari oleh orang awam adalah banyaknya jenis oli transmisi otomatis, dan tidak semua jenis oli bisa digunakan di mobil mana pun.

Oleh karena itu, setiap pemilik mobil matic harus mengetahui jenis transmisi apa yang dipasang pada mobilnya, agar tidak salah memilih oli transmisi matic.

Oli jenis ini bisa digunakan pada mobil matic dengan transmisi konvensional selain CVT atau dual-clutch. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jumlah oli yang dibutuhkan untuk gearbox mobil. Satu mobil membutuhkan jumlah oli yang lebih banyak daripada yang lain.

Mengenal Oli Gardan Pada Motor Matic Dan Fungsinya

Jumlah oli transmisi otomatis yang dibutuhkan dapat ditemukan di manual mobil, atau diminta oleh bengkel resmi.

Jenis oli otomatis lainnya adalah oli CVT (transmisi variabel kontinu). Botol oli transmisi CVT memiliki kode CVTF atau cairan CVT.

Untuk mengetahui jenis transmisi otomatis apa saja yang dipasang pada mobil, Anda bisa melihat spesifikasinya di buku manual atau car guide.

Oli Transmisi Matic Ganti Setiap

Transmisi kopling ganda otomatis atau kopling ganda merupakan teknologi transmisi yang dapat meningkatkan kecepatan kendaraan. Jenis transmisi ini banyak ditemukan pada mobil-mobil Eropa.

Ini Waktu Yang Tepat Ganti Oli Gardan Motor Matic

Top 1 merupakan merek oli transmisi mobil matic pertama. Lihat toko resmi di pasaran, Top 1 menawarkan empat produk, salah satunya adalah Top 1 Lifetime ATF Dextron III. Oli ini dijual dengan harga Rp 82,9 ribu.

Bahan dasar oli transmisi ini adalah oli sintetik dan aditif khusus yang disesuaikan dengan spesifikasi beberapa pabrikan mobil.

Mobil yang direkomendasikan untuk menggunakan oli transmisi ini adalah Avanza, Xenia, Terios, Rush, Gran Max, CR-V, dan Land Cruiser.

Lainnya adalah Castrol, yang memiliki dua produk oli transmisi mobil matic. Salah satu produk multivehicle Castrol Transmax ATF dibandrol dengan harga Rp112.000.

Catat! Ini Waktu Yang Tepat Mengganti Oli Gardan Motor Matic

Merek mobil yang cocok menggunakan oli transmisi ini diproduksi oleh sebagian besar pabrikan Jepang dan Korea, antara lain Toyota, Nissan, Subaru, Daihatsu, Suzuki, Honda, dan Hyundai.

Total juga memiliki rangkaian produk oli transmisi otomatis. Salah satu andalannya adalah Total Fluidmatic LV MV. Oli ini dijual seharga 1 lakh 90 ribu rupiah.

Oli transmisi dari Total diformulasikan dengan teknologi full sintetik dan dikembangkan untuk melumasi girboks otomatis 6 hingga 8 kecepatan. Merk mobil yang bisa digunakan dengan oli ini antara lain Ford, Nissan dan lainnya.

Merek oli transmisi terakhir yang direkomendasikan adalah Motul. Merek ini lebih mahal dari yang disebutkan sebelumnya, mulai dari Rp 200.000 lebih.

Harga Oli Gardan Mobil Dan Kapan Anda Harus Menggantinya

Namun berdasarkan pantauan di banyak pasar, Motul merupakan satu-satunya merek yang menawarkan oli transmisi khusus untuk mobil kopling ganda. Harga produk oli transmisi DCT ini adalah Rp 225.000.

Waktu yang tepat untuk mengganti oli transmisi otomatis bervariasi tergantung pada merek dan model mobil serta cara penggunaannya. Biasanya oli transmisi otomatis diganti saat angka odometer mobil menunjukkan 40 ribu km atau 60 ribu km.

Namun perlu diingat bahwa tidak setiap mobil matic perlu mengganti oli transmisi dalam rentang pemakaian, kembali pakai.

Penggantian oli transmisi otomatis harus dilakukan tepat waktu. Jika terlambat menggantinya, kemungkinan ada masalah atau kerusakan pada sistem transmisi. Berikut beberapa hal yang mengindikasikan adanya masalah pada transmisi otomatis.

Ganti Oli Transmisi Mobil Manual, Kapan Waktu Yang Tepat?

Gejala ini biasanya ditemukan pada mobil matic yang sudah berumur lebih tua atau lebih dari 10 tahun. Hal ini biasanya disebabkan oleh perawatan yang ceroboh, misalnya penggantian oli transmisi yang terlambat.

Oleh karena itu, pemilik mobil matic harus lebih memperhatikan kondisi transmisinya agar hal tersebut tidak terjadi.

Bunyi aneh ini terdengar saat transmisi digeser dari P ke D atau dari D ke R. Sistem transmisi yang baik harus tidak bersuara.

Oli Transmisi Matic Ganti Setiap

Jika terdengar suara berisik saat perpindahan gigi, apalagi keras, sebaiknya mobil dibawa ke bengkel dan diperiksa lebih lanjut.

Oli Gardan Motor Matic Sama Pentingnya Dengan Oli Mesin

Saat menginjak pedal gas saat gigi berada di posisi D, mesin akan terasa sedikit lebih keras, namun pergerakan mobil terasa kurang dari biasanya.

Lambatnya respon dari mesin mobil matic juga bisa menjadi pertanda adanya kerusakan pada sistem transmisi. Lebih detailnya, komponen di transmisi mungkin bermasalah, seperti plat kopling yang aus atau badan klep yang kotor.

Jika penggantian oli otomatis dilakukan di bengkel resmi, maka harganya akan lebih mahal. Namun perawatan di bengkel resmi akan tercatat di service record, dan oli transmisi yang digunakan akan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Penggantian oli bisa dilakukan di bengkel umum atau bengkel spesialis tanpa mengeluarkan banyak biaya. Ini karena pemilik mobil dapat memilih oli yang diinginkan, serta cara mengganti oli.

Ketahui Waktu Ganti Oli Gardan Motor Matic Dengan Tepat

Ada dua cara penggantian oli transmisi, yaitu penggantian oli rutin dan pembilasan oli (flushing). Keduanya berbeda berdasarkan jumlah minyak esensial.

Jika Anda mengganti oli transmisi dengan cara biasa, jumlah oli yang dibutuhkan lebih sedikit, sekitar 4 atau 5 liter. Dari situ, biaya per liter oli bisa dihitung. Biaya penggantian oli transmisi berkisar antara Rs.700.000 hingga Rs.900.000 tergantung kapasitas oli transmisi di dalam mobil.

Sebaliknya, menguras dan mengganti oli transmisi membutuhkan oli lebih banyak, hingga 8 liter. Karena volume ini, harganya bisa tinggi, mencapai Rp 1 juta. Sekali lagi, jumlah oli yang digunakan didasarkan pada kapasitas oli transmisi mobil.

Oli Transmisi Matic Ganti Setiap

Jika ingin lebih irit, pemilik mobil bisa mengganti oli transmisi sendiri. Oleh karena itu, tidak ada tambahan biaya servis, namun yang terpenting adalah bagaimana cara mengganti dan merawat peralatan tersebut. [abp/sesi]

Hal Penting Seputar Penggantian Oli Mesin Pada Motor

Berita Berita Oli Transmisi Otomatis Oli Transmisi Otomatis Perbaikan Mobil Otomatis Perbaikan Transmisi Otomatis Harga Oli Transmisi Otomatis Harga Oli Transmisi Otomatis Oli Transmisi Otomatis

Penulis/penerjemah bahasa Inggris. Memulai karir sebagai content writer di Gozek (2017-2019), kemudian bergabung pada Desember 2021.

Harga Mitsubishi Xpander Cross (on the road Jabodetabek Agustus 2022): – New Xpander Cross M/T Rp 309.950.000 – New Xpander Cross Premium CVT Rp …

JAKARTA – Kebijakan ganjil genap direkomendasikan untuk memperluas teknologi mobil listrik gratis.

Cek Oli Gardan Mobil Matic Kamu Saat Kondisi Ini

JAKARTA – Chery meluncurkan tiga mobil baru yang siap dipasarkan di Indonesia pada 2023. Keduanya memiliki teknologi elektrifikasi. merek…

Jakarta – Meski telah meluncurkan Genix, Toyota masih merasa perlu menjual Kizang Innova generasi lama, bermesin bensin dan diesel. Namun… Cara Mengatasi Baterai Mati Xiaomi Cara Factory Reset HP Infinix Cara Reset Samsung A22 5G Cara Screenshot Cara Main Exy Infiniti

Berapa biaya ganti oli transmisi otomatis saat ini? Pertanyaan ini sering didiskusikan oleh banyak orang yang memiliki mobil bertransmisi otomatis, maupun siapa saja yang ingin membeli mobil bertransmisi otomatis.

Oli Transmisi Matic Ganti Setiap

Tidak dapat dipungkiri bahwa mengganti oli kendaraan adalah suatu keharusan yang harus dilakukan oleh semua pemilik kendaraan. Anda harus melakukannya secara teratur, baik itu hanya mengganti mesin atau oli transmisi, semuanya harus dijaga.

Oli Gardan Transmisi/persenaling Mobil Matic ,oli Power Steering Fluid Atf Dextron Iii H Full Syn 1 Liter

Seperti yang sudah kita ketahui, oli transmisi berperan penting seperti oli mesin karena selalu mendukung keamanan dan kenyamanan berkendara jarak dekat maupun jauh.

Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk mengganti oli transmisi secara berkala di bengkel resmi atau umum terdekat. Kami yakin para pemilik kendaraan roda empat tidak perlu merogoh kocek karena setiap bengkel selalu menawarkan harga yang kompetitif.

Ternyata masih ada sebagian orang yang lalai untuk mengganti oli transmisi matic karena dianggap tidak penting. Padahal, seperti yang Anda ketahui, oli transmisi merupakan penyumbang utama performa komponen kendaraan mobil kesayangan Anda.

Jika Anda mengabaikannya dalam waktu lama, itu akan berdampak buruk pada kendaraan Anda. Yang terbaik adalah mengganti oli transmisi otomatis Anda dengan mencari sumber terpercaya kapan harus mengganti oli.

Beda Oli Transmisi Mobil Manual Dengan Matic, Oli Mesin Dan Oli Gardan

Jika anda rutin mengganti oli transmisi matic diharapkan dapat menjaga komponen-komponen yang ada pada gir matic tersebut. Tak hanya itu, penggantian oli berdampak besar pada kualitas kandungan oli yang mengalir melalui transmisi, seperti yang Anda ketahui.

Jangan berasumsi bahwa oli transmisi otomatis dapat diganti kapan saja, karena penundaan dapat merusak komponen kendaraan Anda.

Saat membeli mobil baru, Anda akan mendapat informasi dari pabrikan berupa petunjuk penggantian oli transmisi. Anda diarahkan untuk mengubah pada waktu-waktu tertentu, termasuk jarak tempuh yang Anda tempuh selama menggunakan kendaraan.

Oli Transmisi Matic Ganti Setiap

Oleh karena itu, jika jarak tempuh terlampaui, oli transmisi mungkin perlu diganti dengan meminta bantuan mekanik berpengalaman.

Penyebab Oli Matic Bocor

Jawab: Hal utama yang harus diperhatikan selain biaya penggantian oli transmisi otomatis adalah kapan Anda perlu menggantinya. Pasalnya, tidak semua orang mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti oli transmisi otomatis melalui bengkel resmi atau umum terdekat.

Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengubahnya karena kebanyakan bengkel hanya meminta waktu pengerjaan beberapa menit saja. Anda akan menemukan ulasan seperti:

Secara umum, setiap pemilik kendaraan harus mengetahui biaya penggantian oli transmisi otomatis. Tujuannya tidak hanya untuk menambah ilmu, tapi juga untuk menganggarkan biaya ganti oli di bengkel.

Namun, anggaran yang harus Anda siapkan memiliki nilai yang berbeda, seperti yang Anda ketahui. Itu semua tergantung bengkel dan merek pelumas yang akan digunakan pada kendaraan kesayangan Anda agar dapat dikendarai dengan aman dan nyaman.

Ganti Oli Gardan Vario 125 Dan Vario 150, Kenali Efek Oli Gardan Yang Habis

Jika Anda mengganti oli transmisi otomatis di bengkel resmi, Anda dapat menghabiskan lebih banyak uang. Namun catatan servis dan oli transmisi yang digunakan pada mobil tersebut sudah sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Saat mengganti oli transmisi melalui

Oli matic ganti setiap, biaya ganti oli transmisi matic agya, ganti oli transmisi mobil matic tiap berapa km, ganti oli transmisi matic calya, biaya ganti oli transmisi matic honda jazz, harga ganti oli transmisi matic, biaya ganti oli transmisi matic, biaya ganti oli transmisi matic innova, ganti oli transmisi matic, jadwal ganti oli transmisi mobil matic, waktu ganti oli transmisi mobil matic, berapa km ganti oli transmisi matic

Bagikan Artikel: