Home » Otomotif » Mobil Futura Pick Up

Mobil Futura Pick Up

Mobil Futura Pick Up – Memodifikasi mobil pikap Futura tidaklah terlalu sulit jika hanya sekedar ingin menonjolkan kendaraan di jalan raya. Berikut adalah beberapa tips jika Anda ingin menukar mobil Suzuki Anda yang masih berfungsi.

Suzuki Carry Futura merupakan varian generasi kesembilan dari Suzuki Carry di Indonesia. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991, Carry Futura merupakan penerus Suzuki Carry Extra. Dimensinya lebih besar dan desainnya lebih bulat. Ada yang bermesin 1.400 cc, ada yang 1.500 cc dan ada yang 1.600 cc.

Mobil Futura Pick Up

Mobil Futura Pick Up

Seperti Suzuki Carry generasi sebelumnya, Carry Futura juga hadir dalam varian van 7 penumpang dan pick-up. Untuk tipe pikap, Suzuki menggandeng Mitsubishi menciptakan pikap kembar Futura yang diberi nama Mitsubishi Colt T120SS. Mesin, platform, dan bodinya sama dengan Futura, hanya saja ada perbedaan pada desain grilnya.

Suzuki Carry Futura 1,5 Mt Bensin 2012 117942

Pada era 1990-an – 2000-an, pikap Futura selalu diandalkan sebagai kendaraan dinas. Terutama untuk kendaraan yang membawa barang di daerah terpencil atau pemukiman penduduk. Namun, tidak biasa memodifikasi mobil pick-up Futura. Dari mengganti ban dan membuatnya lebih rata, ada beberapa perubahan besar-besaran.

Menariknya, para pemilik mobil ini sangat percaya diri dengan ubahan pikap Futura yang telah diluncurkan. Bahkan terkadang mobil tampil sangat menonjol di jalan, berkat pemasangan asesoris. Namun karena keanehan tersebut maka kita akan sedikit membahas tentang modifikasi mobil pick up Futura.

Jika Anda salah satu pembaca setia kami yang mungkin juga memiliki pickup Suzuki dan ingin tampil beda, berikut beberapa tips modifikasi pickup Suzuki Futura Anda.

Pilihan pertama yang bisa dilakukan untuk memodifikasi mobil pick up Futura adalah mengganti ban standar dengan ban aftermarket atau ban OEM dari mobil lain. Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum mengganti ban Suzuki Futura adalah mengetahui spesifikasi ban standar mobil.

Suzuki Carry Laku Terjual 3.441 Unit Di September 2016

Pertama, pahami dulu PCD (Pitch Circle Diameter) ban Suzuki Futura. PCD adalah jumlah lubang dan jarak antar lubang baut roda. Untuk Futura, mobil ini memiliki lubang baut 4 roda dan jarak antar lubang 114,3 mm, sehingga PCD roda mobil adalah 4×114,3. Sedangkan ban yang digunakan pada kondisi standar pabrik berjumlah 13 ring.

Untuk mengganti ban standar dengan ban lain, sebaiknya cari juga ban dengan PCD yang sama. Rekomendasi untuk diameter velg, sebaliknya bisa menggunakan velg berukuran 14-15 inci tanpa banyak melakukan ubahan di sektor kaki-kaki. Namun, banyak juga pemilik pikap Suzuki Futura yang memasang velg ring 16 pada kendaraannya. Namun, tentu ada risiko tembok ban atau pelek ban akan membentur pelindung mobil saat kendaraan membawa beban berat.

Itu bukan hal yang sulit. Karena konstruksi dan suku cadang mobil mudah dirawat dan diperbaiki. Ini termasuk komponen suspensi seperti pegas dan shockbreaker.

Mobil Futura Pick Up

Suspensi bagian depan suzuki futura menggunakan tipe coil atau yang sering para mekanik sebut dengan coil spring. Anda memiliki dua cara untuk meratakan bagian suspensi depan ini. Dengan kata lain, memotong beberapa benang pegas dengan benar. Mungkin untuk aftermarket atau pengganti dari mobil lain. Untuk mobil lain yang bisa dipasang suspensi depan Suzuki Futura, mirip dengan suspensi Suzuki Carry 1.0. Untuk setiap “adik”, Futura akan mampu membuat suspensi Futura sebelumnya menjadi lebih ceper dari biasanya.

Carry: Jual Mobil Pick Up 1.5 Fd

Sedangkan untuk suspensi belakang, Futura menggunakan satu tipe per daun. Mengganti suspensi belakang ceper pikap Futura juga tidak sulit dan tidak membutuhkan banyak biaya. Cukup dengan menekan atau menggulung lembaran setiap daun agar rata. Kalaupun ingin merobohkan suspensi, posisi pegas dibalik, lalu bushing dinaikkan agar tetap ada kelonggaran pada suspensi.

Tata cara modifikasi mobil pick up suzuki futura anda selanjutnya adalah memasang stiker trim. Untuk proses ini, Anda bebas memasang sticker tema apapun. Untuk itu para pemilik Suzuki Carry Futura biasanya menerapkan tema yang sangat meriah pada stiker yang ditempelkan pada kendaraannya.

Misalnya stiker animasi dengan tema, pahlawan super, atau grafik lainnya. Pilihan warnanya juga bisa berupa warna-warna cerah agar lebih menarik. Posisi pemasangan juga dapat diatur sesuai keinginan Anda. Bisa di ujung, depan mobil atau bahkan seluruh bodi mobil.

Langkah selanjutnya jika anda memang ingin merubah mobil pick up Futura anda adalah memasang car audio system. Instalasi audio mobil ini pun beragam, mulai dari yang sederhana hanya dengan hadirnya perangkat hiburan saat beraktivitas dengan mobil hingga tampilan sound system yang bertenaga.

Harga Mobil Pick Up Bekas 20 Jutaan

Secara umum perubahan audio bagi penggemar dan pengguna Suzuki Carry Futura mengikuti konsep SPL (Sound Pressure Level). Secara khusus, untuk menyediakan sistem audio dengan sistem suara bass tinggi. Namun ada juga yang menambahkan sistem hiburan audio-video pada mobil ini sekaligus. Persis, display monitor, lengkap dengan peralatan karaoke.

Semuanya, tentu saja, kembali ke apa yang Anda inginkan. Jika Anda ingin suara audio Suzuki Carry Futuran Anda mengganggu jalan, Anda cukup memasang head unit, speaker, dan subwoofer. Anda dapat memilih unit single din jika Anda tidak ingin menghabiskan anggaran terlalu banyak, tetapi Anda harus memilih unit yang sudah memiliki pemutar DVD, MP3 dan slot AUX In dan USB.

Sedangkan untuk perangkat output suara, Anda bisa memilih speaker coaxial atau yang memiliki sistem 3 arah. Speaker ini bisa dipasang di pintu, dan jika ada tweeter tambahan bisa dipasang di atas dashboard atau di atas pilar A. Lalu tambahkan juga subwoofer aktif yang bisa diletakkan di kaki penumpang. Jika Anda ingin memasang monitor, Anda bisa memasang monitor berukuran 8-10 inci kemudian letakkan di tengah atas dashboard. Dengan beberapa perangkat tersebut saja, dijamin suara di dalam mobil akan lebih hidup.

Mobil Futura Pick Up

Itulah beberapa trik saat ingin mengganti mobil pick up Futura. Dengan budget yang tidak terlalu besar, Anda sudah bisa mendapatkan mobil yang stand out on the road.

Jual Suzuki Carry 1.5 Futura Pickup Mt 2021 Hitam Di Seller Carro Automall

Modifikasi mobil merubah kondisi mobil standar dari pabrikan dengan memasang part aftermarket atau part dari mobil lain di dalam kendaraan.

Jika modifikasi dilakukan di luar bengkel resmi dan suku cadang atau aksesori yang disediakan oleh bengkel atau dealer resmi tidak digunakan, maka garansi kendaraan akan hangus.

Telah menulis untuk media online sejak 2009, Pras memiliki pengalaman luas di industri otomotif. Penggila mobil modifikasi ini sudah mencicipi banyak tipe mobil, mulai dari LCGC hingga Hypercar. Pras telah menjadi anggota redaksi sejak 2019.

Harga mobil pick up futura, mobil pick up futura, futura pick up 2020, mobil pick up carry futura, futura 1.5 pick up, suzuki futura pick up, carry futura pick up, futura pick up 2019, mobil suzuki futura pick up, harga futura pick up, mobil futura pick up bekas, futura pick up

Bagikan Artikel: