Token resmi dari salah satu bursa di Indonesia, Tokocrypto, telah resmi melantai di bursa Tokocrypto dan juga bursa Binance.

Token resmi tersebut memiliki nama Toko Token (TKO) yang terlihat mengalami apresiasi lebih dari 3.000% hanya dalam satu menit.

Saat ini banyak pihak yang tertarik untuk memiliki TKO akibat potensi keuntungannya yang diprediksi cukup besar oleh mayoritas pasar.

Namun, sebelum memulai investasi di TKO ada baiknya investor mengenal terlebih dahulu token yang naik lebih dari 3.000% ini.

Mengenal Toko Token

Toko Token (TKO) merupakan token yang diterbitkan oleh Tokocrypto, bursa crypto di Indonesia yang berdiri sejak 2018 dengan volume transaksi per hari sekitar Rp365 Miliar.

TKO ini juga merupakan token pertama yang diterbitkan oleh bursa crypto Indonesia yang akan memiliki empat kegunaan utama.

Pertama, token ini akan digunakan untuk alat tukar dalam bursa Tokocrypto dengan keuntungan pemotongan biaya dan beberapa insentif lainnya.

Kedua, token ini akan digunakan untuk pinjaman dan simpanan di Tokocrypto dengan rencana beberapa jasa seperti TKO Deposit, TKO Savings, dan TKO Cashback.

Ketiga, token ini akan digunakan untuk transaksi antar platform Decentralized Finance (DeFi) dan juga keterikatan TKO untuk farming, lending, dan lainnya di beberapa platform DeFi.  

Keempat, token ini akan menjadi jembatan Tokocrypto ke dunia Non-Fungible Token (NFT), untuk menjadi bursa NFT pertama dari Indonesia.

Baca juga: Tokocrypto Bekerja Sama dengan Certik dan SafePal

Secara keseluruhan, token ini akan menjadi alat tukar utama untuk mempermudah transaksi di ekosistem Tokocrypto dan crypto secara menyeluruh.

Total Jumlah Persediaan TKO

Secara keseluruhan hanya akan ada 500 Juta token dalam persediaan, yang membuat jumlahnya terbatas.

Dengan terbatasnya jumlah persediaan, maka terdapat kemungkinan kelangkaan yang membuat adanya potensi harga untuk naik, dengan permintaan yang naik.

Untuk meningkatkan kelangkaan ini, menurut pernyataan dari litepaper, TKO akan melakukan Token Burn yang berarti jumlahnya akan terus berkurang.

TKO akan melakukan Token Burn setiap kuartal, yang berarti tiga bulan sekali, dan Token Burn dapat mencapai 10% dari keseluruhan persediaan.

Tokocrypto telah mempublikasi alokasi dari keseluruhan persediaan token tersebut dalam sebuah tabel di litepaper.

Alokasi untuk Private Sale atau penjualan sebelum ke publik, mencapai 1% dari keseluruhan persediaan.

Baca juga: Perlindungan Pelanggan Aset Kripto di Indonesia Menurut COO Tokocrypto

Angka ini jauh lebih kecil dibandingkan penjualan untuk publik yang mencapai 15% dari keseluruhan persediaan.

Selain itu, alokasi yang diberikan untuk badan amal atau yayasan akan mencapai 20% yang akan dikeluarkan dalam waktu lima tahun secara bertahap.

Alokasi keseluruhan untuk pihak Tokocrypto dan pihak yang terlibat terlihat mencapai sekitar 51% berdasarkan data tersebut, termasuk penasihat dan ekosistem.

Kemudian, Imbalan untuk penambang akan mencapai 3% dari keseluruhan TKO.

Terakhir, Airdrop atau TKO gratis yang mencapai 10% untuk “komunitas” Tokocrypto.

Naik 3.000% Lebih

Jumlah dan alokasi persediaan tersebut nampaknya dianggap positif oleh pasar akibat permintaannya yang cukup tinggi secara global.

TKO pertama dapat dibeli melalui launchpool di Binance yang mencapai 15% dari persediaan TKO atau 75 Juta token.

Setelah melantai di bursa binance untuk diperdagangkan secara resmi, TKO langsung mengalami apresiasi yang cukup signifikan, bahkan mencapai lebih dari 3.000% dalam satu menit.

Grafik 4 Jam TKOBIDR

Dalam empat jam pertama, TKO naik lebih dari 4.000% walau sudah mulai terkoreksi kembali pada harganya saat ini yaitu pada Rp44.683.

Saat ini TKO dapat dibeli di Binance dan juga Tokocrypto dan masih bergerak positif akibat tidak melanjutkan depresiasi dari harga tertingginya.

Pergerakan dalam dua hari terakhir masih berkonsolidasi. Tapi, dalam grafik 4 Jam terlihat potensi pola depresiasi kecil yaitu pola segitiga menurun.

Saat ini batas bawah harga terlihat berada pada Rp39.253 yang jika ditembus dapat menghilangkan potensi apresiasi untuk berlanjut.

Namun, jika harga saat ini bergerak naik melewati Rp47.670, TKO kemungkinan membuka jalan menuju Rp50.969.

Apa bila batas atas tersebut berhasil dilewati, kemungkinan besar tujuan selanjutnya berada di Rp60.474 membuka jalan untuk apresiasi lebih tinggi.

Target dalam jangka menengah kemungkinan besar berada di Rp100.000 yang berada di dekat daerah 161,8% Fibonacci Extension.

Diskon 20% Biaya Trading di Binance 💰

Untuk saat ini akibat masih adaptasi karena baru melantai, belum banyak yang dapat dianalisis dalam segi teknikal.

Namun melihat ekosistem Tokocrypto dan ketertarikan yang meningkat, ada kemungkinan bahwa TKO dapat mencapai target tersebut.

Disclaimer

Perdagangan Digital Asset (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi, ketahui dan kelola risiko Anda dalam melakukan perdagangan Digital Asset. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa pengguna untuk membeli atau menjual Digital Asset, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Semua keputusan perdagangan Digital Asset merupakan keputusan independen oleh pengguna.

You May Also Like

Jack Dorsey: Proceeds From Tweet NFT Will Go to Africa Relief Charity

Bitcoin evangelist Jack Dorsey will donate proceeds from his ongoing NFT auction…

Digital Money 2025: What You Could Spend, Where You Could Invest, and How You Could Borrow?

Cryptocurrencies have been on an incredible trajectory over the past 12 months,…

Bitcoin Has Brought Russell Okung Big Returns on NFL Salary

In December of last year, Russell Okung, offensive tackle for the Carolina…

MIT Crypto Professor Gary Gensler Confirmed as New SEC Chairman

The U.S. Securities and Exchange Commission (SEC) now has a new chairman,…