Berapa Banyak Bitcoin yang Beredar?

Total pasokan Bitcoin dibatasi oleh perangkat lunaknya dan tidak akan pernah melebihi 21,000,000 koin. koin baru dibuat selama proses yang dikenal sebagai “penambangan”.  

Saat transaksi disampaikan ke seluruh jaringan, mereka diambil oleh penambang dan dikemas ke dalam blok, yang pada gilirannya dilindungi oleh kalkulasi kriptografi yang kompleks.

Sebagai kompensasi untuk menghabiskan sumber daya komputasi mereka, penambang menerima hadiah untuk setiap blok yang berhasil mereka tambahkan ke blockchain. 

LIHAT JUGA: Tiga Faktor yang Bikin Bitcoin Akan Kembali Injak All Time High 

Pada saat peluncuran Bitcoin, hadiahnya adalah 50 bitcoin per blok. Jumlah ini berkurang setengahnya pada setiap 210.000 blok baru yang ditambang – yang memakan waktu jaringan kira-kira empat tahun. Pada tahun 2020, hadiah blok telah dibelah dua dan terdiri dari 6,25 bitcoin.

Menambang Bitcoin bisa sangat menguntungkan bagi penambang, tergantung pada tingkat hash saat ini dan harga Bitcoin. Menambang Bitcoin paling baik dipahami sebagai berapa lama untuk menambang satu blok, dibandingkan dengan satu Bitcoin.

Bagaimana jaringan Bitcoin diamankan ?

Bitcoin diamankan dengan algoritma SHA-256, yang termasuk dalam kelompok algoritma hashing SHA-2, yang juga digunakan oleh Bitcoin Cash (BCH) fork, serta beberapa mata uang kripto lainnya.

Berapa Nilai Bitcoin ?

Penilaian Bitcoin saat ini terus bergerak, sepanjang hari setiap harinya. Hal ini menunjukan Bitcoin adalah sebuah aset global. Pada awal launching harga Bitcoin hanya dibawah satu sen per BTC, tetapi sekarang harga BTC telah meningkat ke angka yang fantastis. Pertanggal 11 April 2021, harga Bitcoin mencapai US$ 60 ribu.

LIHAT JUGA: Bitcoin Semakin Kokoh, Pemegang Jangka Panjang Terus Bertahan

Harga semua cryptocurrency cukup fluktuatif, yang berarti bahwa pemahaman siapa pun tentang seberapa besar Bitcoin akan berubah dari waktu ke waktu.

Di mana kita dapat membeli Bitcoin (BTC) ?

Anda dapat membeli atau menjual Bitcoin atau cryptocurrency lainnya pada setiap exchanger crypto, baik itu menggunakan uang FIAT atau menggunakan cryptocurrency lainnya. Berikut adalah Exchanger Cryptocurrency utama yang bisa memperdagangkan cryptocurrency :

 

– Binance

– Coinbase Pro

– Kraken

– Huobi Global

– Bitfinex

 

Untuk exchanger local adalah sebagai berikut :

– Indodax

– Rekeningku

– Tokocrypto

 

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.

The post Lebih Dalam Mengenal Bitcoin Sang Perintis (Part 2) appeared first on Portal Kripto.