Apa itu Bitcoin ?

Bitcoin adalah sebuah cryptocurrency terdesentralisasi yang awalnya dikenalkan dalam sebuah whitepaper pada tahun 2008 oleh seseorang, atau sekelompok orang yang menggunakan nama alias Satoshi Nakamoto. BTC resmi diluncurkan pada Januari 2009.

Bitcoin adalah mata uang online peer-to-peer, yang berarti bahwa semua transaksi terjadi secara langsung antara pengguna tanpa perlu perantara untuk mengizinkan atau menfasilitasi mereka. 

Menurut Nakamoto, Bitcoin dibuat untuk memungkinkan pembayaran online dikirim langsung dari satu pihak ke pihak lain tanpa melalui lembaga keuangan.

Sebelum Bitcoin, ada beberapa mata uang digital terdesentralisasi menggunakan konsep serupa, tetapi Bitcoin memegang perbedaan sebagai cryptocurrency pertama yang mulai digunakan secara aktual.

Siapa Pendiri Bitcoin ?

Penemu asli Bitcoin dikenal dengan nama samaran, Satoshi Nakamoto. Hingga sekarang, identitas asli dari orang atau organisasi yang berada di belakang Satoshi Nakamoto masih belum diketahui.

Pada tanggal 31 Oktober 2008, Nakamoto menerbitkan whitepaper Bitcoin, yang menjelaskan secara rinci bagaimana mata uang online peer-to-peer dapat diimplementasikan. 

LIHAT JUGA: Data Berbicara: April Bulan yang Baik Bagi Harga Bitcoin

Mereka mengusulkan untuk menggunakan buku besar (ledger) transaksi yang terdesentralisasi yang dikemas dalam batch (disebut “blok”) dan diamankan oleh algoritma kriptografi, dan seluruh sistem tersebut nantinya akan dikenal sebagai “Blockchain”.

Pada 3 Januari 2009, Nakamoto menambang blok pertama di jaringan Bitcoin, yang dikenal sebagai blok genesis, sehingga meluncurkan cryptocurrency pertama di dunia.

Meskipun Nakamoto adalah penemu asli Bitcoin, serta penulis blok pertamanya, selama bertahun-tahun banyak orang telah berkontribusi untuk meningkatkan perangkat lunak mata uang kripto dengan menambal kerentanan dan menambahkan fitur baru koin tersebut.

Repositori kode sumber Bitcoin di GitHub mencantumkan lebih dari 750 kontributor, dengan beberapa di antaranya adalah Wladimir J. van der Laan, Marco Falke, Pieter Wuille, Gavin Andresen, Jonas Schnelli, dan lainnya.

Ranking Coinmarketcap  : #1

Total Supply     : 21,000,000 BTC

Circulating Supply  : 18,678,306 BTC (per 10 April 2021)

All Time Low    : Rp 957,688 (5 Juli 2013)

All Time High    : Rp 901,534,346 (13 Maret 2021)

Exchanges For Trading  : Binance, Huobi Global, Bitfinex, FTX, Kucoin, Kraken, 
                         Bistamp, Indodax, Rekeningku, Tokocrypto, dll

Website      : bitcoin.org

Apa yang membuat Bitcoin unik ?

Keuntungan Bitcoin yang paling unik berasal dari fakta bahwa ada cryptocurrency pertama yang muncul di pasar.

Hal tersebut telah berhasil menciptakan komunitas global dan melahirkan industri baru dengan jutaan penggemar. Para penggemarnya menjadikan BTC sebagai alat investasi, berdagang dan menggunakan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya dalam kehidupan sehari-hari mereka. 

Munculnya cryptocurrency pertama telah menciptakan dasar konseptual dan teknologi yang kemudian menginspirasi pengembangan ribuan proyek yang bersaing.

LIHAT JUGA: Harga Bitcoin Awalnya Rp 14 ribu, Sekarang hampir Rp 1 Milyar, Kok Bisa?

Seluruh pasar cryptocurrency sekarang bernilai lebih dari $ 300 miliar, didasarkan pada ide bahwa  Bitcoin  adalah mata uang yang dapat dikirim dan diterima oleh siapa saja dan di mana saja. Tanpa bergantung pada perantara, seperti bank dan perusahaan jasa keuangan.

Berkat sifat perintisnya, BTC tetap berada di puncak pasar yang energik setelah lebih dari satu dekade berdiri. 

Bahkan setelah Bitcoin kehilangan dominasinya yang tak terbantahkan, ia tetap menjadi cryptocurrency terbesar, dengan kapitalisasi pasar yang berfluktuasi antara $100-$200 miliar pada tahun 2020. 

Hingga saat ini banyak platform yang menyediakan utility untuk BTC seperti, dompet, layanan pembayaran, game online, dan lainnya.

Lanjut ke PART 2

 

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.

The post Lebih Dalam Mengenal Bitcoin Sang Perintis (Part 1) appeared first on Portal Kripto.

You May Also Like

Jack Dorsey Shows the World His Bitcoin Clock

Twitter CEO Jack Dorsey appeared at the House hearing on misinformation on…

ETC Group CEO: There Is Increasing Demand For An Ethereum ETP

Earlier this week, financial services company ETC Group launched an Ethereum exchange-traded…

Bitcoin Price Jumps Over the $60K Zone, Crypto Economy’s Market Cap Climbs Above $2 Trillion

Cryptocurrency markets have gathered fresh gains this weekend, as bitcoin’s value spiked…

This Norwegian Billionaire Used to Hate Bitcoin. Now He’s an Investor

Nine days ago, billionaire investor Øystein Stray Spetalen used his platform at…