[HOAX] Foto Rizieq Memakai Baju Tahanan dan Celana Pendek saat DiBorgol

  • Bagikan

BERITA

Akun Facebook bernama O Grandeza De Deus memposting sebuah gambar Rizieq yang memakai baju tahanan dan celana pendek dalam keadaan tangan diborgol. Postingan tersebut diunggah pada grup Facebook PLONGA PLONGO.

HASIL CEK FAKTA

Setelah ditelusuri ditemukan gambar yang asli pada tribunnews.com dalam artikel dengan judul “Lihat Jonru Ginting Memakai Baju Tahanan Warganet Komentar Begini” tanggal 2 Oktober 2017.

Pada gambar asli tersebut orang yang sedang diborgol dan memakai baju tahanan bukan Rizieq melainkan Jon Riah Ukur Ginting yang ditangkap karena kasus ujaran kebencian. Gambar suntingan yang di Facebook merupakan hoaks yang kembali beredar namun dengan narasi yang berbeda.

Dengan demikian, gambar Rizieq sedang menggunakan baju tahanan dan memakai celana pendek dalam keadaaan diborgol merupakan suntingan di mana gambar yang asli orang tersebut adalah Jon Riah Ukur Ginting yang terjerat kasus ujaran kebencian sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

KESIMPULAN

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Gambar tersebut merupakan suntingan. Faktanya, orang yang sedang memakai baju tahanan dan bercelana pendek dalam keadaan diborgol tersebut bukan Rizieq melainkan Jon Riah Ukur Ginting yang terjerat kasus ujaran kebencian.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/6729

https://jogja.tribunnews.com/2017/10/02/lihat-jonru-ginting-memakai-baju-tahanan-warganet-komentar-begini?page=all

[SALAH] Gambar “Pria Asal Yaman Berhubungan Seks dengan Kambing ditangkap Polisi”

  • Bagikan