Home » Otomotif » Ganti Oli Transmisi Matic Honda Mobilio

Ganti Oli Transmisi Matic Honda Mobilio

Ganti Oli Transmisi Matic Honda Mobilio – – Halo guys, saat berkunjung ke toko suku cadang Honda di KBY Atrium Senen, KBY menemukan satu informasi yang mungkin berguna bagi para pengguna mobil Honda khususnya Mobilio dan Brio… Apa itu? Singkatnya, ini adalah pelumas transmisi otomatis untuk mobil, khususnya mobil Honda. Honda kini tampaknya memiliki jenis pelumas transmisi otomatis yang berbeda, setidaknya untuk kendaraan di Indonesia. Keempat jenis cairan otomotif tersebut adalah ATF-Z1, CVTF, ATF-DW1 dan yang terbaru adalah HFC-2.

Mengapa mereka berbeda? Soal isinya memang KBY kurang paham, tapi yang jelas perkembangan teknologi khususnya transmisi otomatis terus maju, sehingga jenis pelumasnya bisa berbeda-beda sesuai kemampuan pelumas yang diformulasikan khusus sesuai teknologinya.

Ganti Oli Transmisi Matic Honda Mobilio

Ganti Oli Transmisi Matic Honda Mobilio

Di bawah ini adalah informasi yang KBY ketahui tentang berbagai jenis oli transmisi untuk mobil Honda – jika Anda memiliki informasi tambahan, tambahan atau koreksi dari pemilik Atrium Hero, silakan beri komentar atau koreksi …

Jual Oli.honda Mobilio Terbaru

Jadi pelumas transmisi matic khususnya mobil honda jangan salah pilih jangan sampai salah pemakaian bisa jatuh transmisi nya semoga informasi diatas bisa membantu sobat semua. semoga bermanfaat..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah membantu dan berbagi 🙂 AHASS Jakarta dan Tangerang punya paket service murah untuk motor Honda. DAM Honda berupaya mencegah penyebaran virus corona dengan melakukan pengecekan suhu tubuh karyawan bagi pengunjung yang tidak biasa. Indonesia penyumbang penjualan sepeda motor terbesar di Asia Tenggara! Juara Kontes Instagram Tekiro Tools Ke Korea, Mobil Bagus Datang Apa yang Harus Dilakukan Jika Kendaraan Anda Kebanjiran PCX 150 CBU 5 Tahun Perawatan Ganti Apa Saja? Menjadi wirausahawan muda melalui Astra Hunter Youthpreunership ProgramTekiro meraih penghargaan Digital Popular Brand Award 2019 kategori Hand Tools Berikut cara membeli Shell V-Power Dapatkan koleksi Die Cast Ferrari Race & Play yang keren! MotorPlus Award menyenangkan untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan fotografi Anda dengannya. Daftar Bagus dan Buruknya Motor Ojol Versi HGPD untuk Pengendara HGPD, Taukah Anda 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Berkendara! Cara mengatasi lag pada mobil bernama Drive By Wire Pause install disini! Mobil jaman sekarang biasanya sudah menggunakan transmisi automatic atau otomatis. Sistem transmisi ini membutuhkan perawatan yang berbeda dengan mobil bertransmisi manual.

Dikutip dari otomotif.kompas.com, ada pelumas khusus di transmisi otomatis. Seperti cairan lain pada kendaraan, pelumas ini perlu diganti secara berkala.

Penggantian oli transmisi otomatis dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan mengganti oli atau menguras oli. Sayangnya, banyak orang yang tidak memahami perbedaan antara kedua perawatan tersebut.

Mengenal 3 Jenis Oli Mobil Matic Dan Perawatannya

Penting untuk diketahui bahwa mengganti dan menguras oli untuk transmisi otomatis mobil adalah dua jenis pekerjaan yang berbeda. Alat, prosedur, dan bagian yang diperlukan juga bervariasi. Selain itu, biaya yang dikenakan sangat bervariasi.

Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic, mengatakan transmisi otomatis konvensional atau model CVT biasanya membutuhkan 3 hingga 4 liter oli untuk penggantian oli.

“Sementara bisa menguras oli 12 liter. Proses ini juga tahan lama,” kata Hermas kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ganti Oli Transmisi Matic Honda Mobilio

Hermas menjelaskan, ganti oli adalah proses penggantian oli otomatis di blok mesin atau tangki oli. Semua oli di seluruh sistem transmisi dihilangkan atau diganti saat terjadi kebocoran oli.

Promo Honda Genuine Part Oli Transmisi Cvt F [08269p9908zb3/ 3.5 L] Diskon 10% Di Seller Honda Cibinong

Karena itu, jumlah minyak yang dibutuhkan juga tinggi. Mengenai masa penggantian, banyak yang berpendapat oli di transmisi harus diganti setiap kali mobil menempuh jarak 15.000 km. Sedangkan oli girboks dikuras setiap 50.000 km. “Anggapan itu kurang tepat. Kalau rajin ganti oli otomatis tepat waktu, tidak perlu menguras oli,” kata Hermas.

Menurutnya, oli di girboks selalu diperbarui. Dengan demikian, efisiensi pelumasan juga terjaga. Namun tetap perlu dilakukan pengurasan oli transmisi jika kondisi oli transmisi sudah tidak sesuai lagi dengan pelumasan yang baik. Biasanya akan ditandai dengan munculnya gejala berkurangnya kapasitas dalam transmisi.

Melanjutkan penguatan jaringan diler di area baru, Honda akan membuka jaringan diler pertamanya di Kabupaten Lahat pada 3 Februari 2023 melalui Honda Union Lahat.

Hadir di Pulau Sumatera untuk pertama kalinya, all new Honda BR-V Pop Park di Kota Medan pada 28 Januari 2023 diperkenalkan dan perlu dilakukan penggantian oli baik saat menggunakan oli transmisi mobil manual, maupun yang menggunakan transmisi otomatis. Jelas, itulah bedanya.

Honda Service :: Honda Indonesia

Selain masalah oli, ada perbedaan antara kedua jenis transmisi mobil tersebut. Yang paling terlihat adalah penggunaan pedal pada mobil, dimana transmisi otomatis hanya menggunakan 2 pedal, sedangkan transmisi manual menggunakan 3 pedal. Keduanya membutuhkan oli agar berfungsi dengan baik dan bertanggung jawab untuk melumasi komponen transmisi mobil. Lalu apa perbedaan oli transmisi manual dan otomatis?

Jika kita membahas perbedaannya, secara fungsi keduanya memang sudah berbeda. Jadi tugas oli pada mobil bertransmisi manual adalah melumasi komponen mesin agar dapat berjalan dengan lancar.

Sedangkan oli transmisi mobil matic tidak hanya berguna dalam proses pelumasan saja. Fungsi lainnya adalah untuk bertindak sebagai konduktor untuk mekanisme shift.

Ganti Oli Transmisi Matic Honda Mobilio

Dari segi kekentalan, oli transmisi manual lebih cair daripada oli transmisi otomatis dan memiliki warna yang lebih terang, seperti hijau atau merah. Tujuan pemberian warna ini adalah agar lebih mudah dilihat saat terjadi kebocoran. Karena kebocoran oli transmisi otomatis berdampak negatif pada kendaraan.

Salah Merawatnya Bisa Bikin Pusing, Ini Biaya Perbaikan Transmisi Matik Honda Jazz

Perhatikan perbedaan antara oli transmisi manual dan oli mesin. Dimana terdapat beberapa perbedaan seperti fungsi, tampilan, isi dan waktu penggantiannya.

Fungsi utama oli mesin adalah sebagai pelumas yang berguna sebagai pelindung komponen mesin. Jadi saat mobil sedang melaju, ada komponen di dalam mesin yang saling bersentuhan.

Oli tidak merusak komponen ini. Sedangkan oli transmisi memiliki fungsi yang memungkinkan perpindahan gigi mulus tanpa kendala.

Selain itu, oli transmisi juga berfungsi untuk menghubungkan transmisi ke gardan mobil. Transmisi tidak dapat ditukar dengan transmisi manual atau otomatis jika transmisi tidak menerima oli.

Pentingnya Oli Transmisi Pada Mobil

Bedanya juga pada tampilannya, oli mesin mobil berwarna keemasan dan semakin gelap saat digunakan. Bahkan jika digunakan dalam waktu lama tanpa penggantian, warnanya menjadi hitam.

Sedangkan oli transmisi memiliki warna merah dan berubah menjadi hitam saat digunakan dalam waktu lama. Selain itu, oli pada transmisi menjadi lebih cair dengan penggunaan yang lama, sehingga ini bisa menjadi pertanda sudah saatnya mengganti oli.

Kemudian perbedaannya terletak pada isinya. Untuk oli motor dibuat dari minyak bumi atau oli mineral, namun saat ini sebagian orang menggunakan bahan sintetik. Selain itu, produk tersebut merupakan kombinasi antara sintetis dan mineral, menjadikannya semi sintetis.

Ganti Oli Transmisi Matic Honda Mobilio

Sedangkan oli roda gigi bekas mengandung detergen dan aditif. Alasan penambahan konten ini adalah agar komponen-komponen yang membentuk sistem portable dapat terjaga dan resiko keausan dapat dihindari.

Newbie Belajar Diy Otomotif

Dalam hal beralih, perbedaan antara keduanya cukup besar. Dibandingkan oli transmisi, oli mesin lebih cepat diganti. Hal ini dikarenakan oli mesin memiliki fungsi untuk melumasi seluruh bagian mesin mobil. Oli transmisi hanya berfungsi untuk melumasi sistem transmisi.

Pada mobil dengan transmisi otomatis, oli transmisi diganti setiap 30.000 km. Untuk transmisi manual, penggantian dilakukan setelah 30.000 hingga 40.000 km.

Seperti yang kita ketahui bersama, ada banyak jenis oli yang dijual di pasaran. Sedangkan untuk oli transmisi manual yang baik sebaiknya membaca manual kendaraan untuk mengetahui spesifikasi yang dibutuhkan. Karena ada oli transmisi manual Shell, dan merek serta pabrikan lain punya oli dalam negeri sendiri.

Sehingga, pada mobil yang menggunakan transmisi manual, terkadang sulit untuk memindahkan transmisinya. Jika oli di gearbox sudah lama tidak diganti, ini pertanda. Secara umum persneling terkesan kaku dan cukup sulit untuk berpindah ke persneling yang diinginkan.

Jual Hcf 2 2 Cvt Fluid

Nah, yang biasanya terjadi adalah pelat kopling mulai aus, atau oli di transmisi sudah tidak layak pakai, atau sudah lama tidak diganti. Untuk perawatan pertama yang murah dan mudah, ganti oli transmisi.

Saatnya mengganti oli transmisi, dan jika pemilik tidak melakukannya, suara mendengung dapat terdengar dari kolong kendaraan. Hal ini biasanya disebabkan oleh berkurangnya kualitas oli transmisi mobil manual sehingga menyebabkan perpindahan gigi pada transmisi saling bergesekan.

Saat kondisi oli transmisi kurang baik, bisa terjadi getaran. Jadi saat Anda berdiri atau diam, roda gigi akan bergetar. Namun, bukan berarti hanya masalah oli transmisi saja, karena guncangan transmisi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti dudukan transmisi yang bermasalah.

Ganti Oli Transmisi Matic Honda Mobilio

Tanda ini paling mudah dikenali, harus diperiksa. Anda bisa melakukannya dengan melihat tongkat celup oli yang mengarah ke transmisi kendaraan. Biasanya berupa tongkat celup yang dimiliki oli motor. Jika warna oli hitam, berarti perlu diganti. Sedangkan warna yang masih merah atau pink berarti kondisi oli masih bagus.

Honda Mobilio Rs Matic 2014

Lalu ada perbedaan antara oli roda gigi dan oli gardan. Perbedaan pertama ada pada fungsinya. Oli gardan bertanggung jawab untuk melumasi gardan atau bagian diferensial kendaraan. Sedangkan oli transmisi sudah dijelaskan di atas.

Ada juga perbedaan dalam konten materi. Oli transmisi biasanya SAE 40 atau SAE 90 pada mobil penggerak roda belakang. Oli gardan yang digunakan adalah SAE 140 atau SAE 90 dengan API GL 5.

Namun perlu diingat bahwa ada perbedaan dengan mobil self-driving

Harga transmisi matic mobilio, ganti oli transmisi matic honda freed, ganti oli transmisi mobilio, oli transmisi matic mobilio, ganti oli transmisi matic, harga oli transmisi matic honda mobilio, ganti oli transmisi matic mobilio, transmisi honda mobilio matic, cara ganti oli transmisi matic mobilio, oli transmisi honda mobilio, oli transmisi matic honda mobilio, oli transmisi matic honda