11 Fakta Unik Bitcoin yang Harus Kamu Ketahui

fakta unik bitcoin
fakta unik dan menarik bitcoin (BTC)

Belakangan ini Bitcoin tengah menjadi perbincangan hangat, dimana mata uang kripto ini memecahkan rekor tertinggi setelah menembus level Rp 800 juta per koin. Namun dibalik itu, terdapat beberapa fakta unik tentang Bitcoin yang akan dibahas pada artikel ini.

Hal itu tentunya menjadi pertanyaan, mengapa harga Bitcoin bisa naik? Seperti yang diketahui, sebelumnya CEO Tesla Inc, Elon Musk membelanjakan USD1,5 miliar (Rp 21 triliun) dalam bentuk Bitcoin.

Itulah yang menjadikan Bitcoin akhirnya kembali naik daun. Belum lagi disusul perusahaan Fintech Pembayaran milik CEO Twitter, Square yang memborong 3.318 bitcoin dengan harga rata-rata sekitar US$51.235.

Nah, Bagi kamu yang belum mengenal tentang Bitcoin seperti apa itu Bitcoin, hingga cara kerja Bitcoin, berikut penjelasannya.

Pengertian Bitcoin

fakta unik bitcoin

Bitcoin adalah jaringan konsensus yang memungkinkan sistem pembayaran baru dan uang yang sepenuhnya berbentuk digital.

Bitcoin merupakan jaringan pembayaran peer-to-peer desentralisasi pertama yang dikontrol sepenuhnya oleh penggunanya tanpa ada otoritas sentral ataupun perantara.

Selain itu, tidak ada koin bitcoin seperti mata uang konvensional. Bitcoin juga sama seperti mata uang digital lainnya, yakni disimpan di Wallet atau Dompet Digital.

Cara Mendapatkan Bitcoin

fakta unik bitcoin

Ada berbagai cara bagaimana mendapatkan Bitcoin. Salah satunya adalah dengan menambang sendiri melalui komputer guna memecahkan puzzle matematika kompleks.

Selain itu, kamu bisa membeli atau menjual Bitcoin di beberapa marketplace yang disebut sebagai Bitcoin Exchange. Dan juga bisa bertukar Bitcoin lewat aplikasi mobile ataupun komputer.

Terlebih, saat ini kamu juga bisa membeli barang menggunakan Bitcoin. Sebab, sudah ada berbagai marketplace yang menyediakan pembayaran menggunakan mata uang kripto populer tersebut.

Cara Kerja Bitcoin

fakta unik bitcoin

Untuk memahami cara kerja Bitcoin, terdapat tiga bagian yang perlu diketahui, yakni block chain, mining network, dan wallet. Berikut ini adalah pengertiannya:

  • Block Chain: Catatan publik yang berisi semua transaksi yang pernah diproses. Transaksi akan dinyatakan selesai apabila sudah masuk ke Block Chain. Seperti namanya, Block Chain adalah rentetan/rangkaian sebuah blok. Blok itupun berisi berbagai macam transaksi baru dan terhubung dengan blok sebelumnya.
  • Mining Network: Penambang Bitcoin (miner) merupakan orang yang menjaga transaksi lama serta memastikan transaksi baru tercatat. Tugasmereka adalah membuat/ menambang blok baru. Blok-blok tersebut menyimpan transaksi baru yang terjadi. Sebagai kompensasinya, mereka bakal diberikan beberapa Bitcoin.
  • Wallet: Istilah wallet (dompet) sendiri disini sebenarnya bukan mengacu pada arti untuk menyimpan Bitcoin. Namun, lebih tepatnya wallet hanya menyimpan private key yang memberikan akses kepada pengguna untuk menambah transaksi ke block chain disebuah alamat berupa public key. Bitcoin pun tersimpan sebagai sebuah catatan transaksi di dalam block chain tersebut.

Baca juga: Cara Kerja Cryptocurrency

Fakta Unik dan Menarik Bitcoin yang Harus Kamu Ketahui

fakta unik bitcoin

Menjadi mata uang kripto tertua, paling populer dengan harga tertinggi di dunia yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto, Berikut ini adalah 11 fakta unik tentang Bitcoin yang harus kamu ketahui.

1. Arti Nama Satoshi Nakamoto yang Masih Belum Terungkap

Hingga saat ini, masih menjadi misteri siapa sosok sebenarnya dibalik nama Satoshi Nakamoto. Apakah nama tersebut merupakan sebuah lembaga atau hanya individu?

Nama Satoshi Nakamoto sendiri selama ini diakui sebagai anonim. Sebab, orang-orang memyembunyikan siapa pencetus Bitcoin sebenarnya.

Beberapa orang malah berspekulasi jika nama sekelompok perusahaan teknologi adalah dibalik nama Satoshi Nakamoto.

Mereka percaya bahwa sebenernya nama tersebut merupakan akronim dari SAmsung, TOshiba, NAKAmichi, dan MOTOrola. Namun, itu hanyalah sebuah spekulasi dan tidak dipastikan kebenarannya.

2. Transaksi Pertama Bitcoin Dipakai untuk Membeli Pizza

Pada tanggal 22 mei 2010 lalu, seorang programmer bernama Laszlo Hanyecz membeli Pizza menggunakan Bitcoin. Ia pun menukar dua Pizza Papa John senilai 10,000 BTC. Dengan demikian, Hal itu menjadi transaksi pertama yang dilakukan dengan Bitcoin.

Namun, saat itu Bitcoin masih terbilang sangat kecil nilainya. Akan tetapi, jika memakai kurs sekarang, harganya begitu fantastis, bukan?

Nah, guna menandai kejadian tersebut, setiap tanggal 22 mei diperingati sebagai hari pizza Bitcoin.

3. Pasokan Maksimal Bitcoin Terbatas Hanya 21 Juta BTC

fakta unik bitcoin

Seperti yang diketahui, pasokan maksimal Bitcoin hanya 21 juta BTC. Namun, sebetulnya diketahui total pasokan maksimal Bitcoin yang benar ialah 20,999,987.4679 BTC.

Mengapa demikian? Tak ada alasan yang pasti, kemungkinan orang-orang menggenapkannya ke 21 juta BTC agar lebih mudah saja disebut.

Mengingat pasokan yang terbatas, hal itu sebenarnya merupakan kabar yang bagus. Sebab, jika supply atau pasokan Bitcoin semakin sedikit, maka harga Bitcoin akan terus naik.

Apalagi salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap pergerakan harga mata uang digital nomor wahid tersebut adalah supply dan demand.

Baca juga: Bobby Lee Prediksi Harga Bitcoin Tembus 2,8 Miliar di Akhir 2021

4. Bitcoin Ternyata Bukanlah Cryptocurrency Pertama

Memang terdengar mengejutkan bahwa Bitcoin bukan menjadi mata uang Cryptocurrency pertama.

Pasalnya, pada tahun 1989, seorang kriptografer asal Amerika, David Chaum menciptakan Digicash yang merupakan Cryptocurrency pertama di dunia.

Meskipun begitu, Bitcoin yang diciptakan oleh Satoshi adalah aset desentralisasi pertama yang berhasil dibuat. Sementara Digicash masih menerapkan sentralisasi.

5. Dapat Dimiliki Mulai dari Satuan Terkecil Bitcoin

Fakta unik Bitcoin berikutnya adalah kamu bisa membeli mata uang digital populer tersebut mulai dari satuan terkecilnya.

Perlu kamu ketahui bahwa satuan Bitcoin sendiri adalah BTC. Sementara untuk Ethereum ialah ETH.

Nah, Bitcoin juga memiliki satuan terkecilnya, yakni satoshi. Artinya 0,0000001 BTC sama dengan 1 Satoshi. Selain itu, terdapat juga pecahan terkecil lagi yaitu 0,000000000001 BTC sama dengan 1 Milisatoshi.

Mengingat harga Bitcoin yang sangat mahal, pecahan tersebut pun dipakai agar orang-orang bisa bertransaksi dengan nominal yang sangat kecil.

6. FBI Menyita 1,5% Bitcoin dari Situs DarkNet Silk Road

fakta unik bitcoin

Tidak banyak orang yang tahu tentang fakta unik Bitcoin yang satu ini.

Pada tahun 2013 silam, FBI menutup situs pasar gelap Silk Road dan berhasil menyita 1,5 persen dari total Bitcoin yang ada.

Setelah situs darknet tersebut ditutup, FBI pun menambahkan fitur keamanan baru untuk mencegah pasar gelap Bitcoin berjalan kembali.

7. Komsumsi Biaya yang Tidak Sedikit

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan Bitcoin. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, salah satunya adalah dengan melakukan mining.

Namun, proses mining tidaklah mudah. Sebab, memerlukan perlengkapan khusus dan sumber resource yang cukup besar. Hal ini menyebabkan bertambah besarnya beban energi di berbagai belahan dunia.

8. Bitcoin Diterima untuk Bayar Uang Kuliah

fakta unik bitcoin

Fakta unik Bitcoin selanjutnya adalah  Bitcoin diterima sebagai uang untuk pembayaran kuliah.

Universitas Nicosia di Siprus menjadi universitas pertama yang menerima Bitcoin untuk pembayaran uang kuliah.

Memang terdengar cukup mengejutkan, namun ada juga beberapa tempat yang menerima Bitcoin untuk pembayaran. Contohnya adalah dealer mobil di AS yang dimiliki oleh Christopher Basha.

9. Dengan Pasokan yang Terbatas, Bitcoin Diperkirakan akan Berakhir Ditambang Pada Tahun 2140

Karena memiliki persediaan yang terbatas, 21 juta Bitcoin diprediksi bakal berhenti ditambang di tahun 2140.

10. Tidak Mempunyai Bentuk Fisik

fakta unik bitcoin

Mungkin kamu pernah berpikir, apakah Bitcoin mempunyai bentuk fisiknya? Namun, rupanya Bitcoin tidak seperti mata uang pada umumnya.

Dengan demikian, Bitcoin pun tidak bisa rusak karena tak memiliki bentuk fisiknya.

11. Transaksi yang Bersifat Tanpa Nama

Saat kita bertransaksi menggunakan Bitcoin, semua transaksi itu akan tercatat pada Blockhain.

Akan tetapi, nama pembeli dan penjualnya tidak akan ada yang bisa mengetahui. Cuma wallet ID-nya yang bisa didapati.

Nah, itulah 11 fakta unik Bitcoin yang harus Kamu ketahui. Jadi, sudah siapkah kamu untuk mulai berinvestasi Bitcoin?

Tech Enthusiast, Movie Enthusiast, Suka Makan Risol dan Tempe Mendoan, console & PC gamer, pokoknya everything about tech deh! xD