coronavirus covid-19 altruist trust and time bagimu negeri indonesia jiwaraga kami
Coronavirus, Altruist, Trust & Time: Bagimu Negeri, Jiwaraga Kami (fb.com/sidrotun.naim)

Coronavirus, Altruist, Trust & Time – Teriring doa untuk ruh Ibu Sudjiatmi Notomiharjo, Ibu dari Presiden Jokowi, yang Jumat malam ini menjadi malam kedua beliau di alam yang baru. Marak sowan dhumateng pangayunaning Allah SWT. Semoga memenuhi panggilan sebagai Jiwa-jiwa yang Tenang. Yang kembali kepada Allah dalam keadaan ridha dan di Ridha-i.

Semoga Presiden dan kedua saudara beliau beserta keluarga besar diberikan kekuatan, di masa yang tidak mudah untuk kita semua. Sebagai satu-satunya anak laki-laki, Presiden sendiri yang turun ke liang lahat, menidurkan Ibu Sudjiatmi di peristirahatan yang panjang.

Lihat: Presiden Jokowi Mohon Doa Masyarakat Untuk Almarhumah Ibunda

Itu satu-satunya permintaan saya kepada satu-satunya anak laki-laki yang pernah bersemayam dan lahir dari rahim saya. Meskipun tentu kami sama-sama tidak tahu, siapa yang akan Pulang terlebih dahulu.

Coronavirus COVID-19, Altruist, Trust and Time

coronavirus covid-19 altruist trust and time bagimu negeri indonesia jiwaraga kami
Coronavirus, Altruist, Trust & Time: Bagimu Negeri, Jiwaraga Kami

Virus Corona COVID-19 di Indonesia memang tantangan besar, sebagaimana di negara lain. Kanselir Jerman Angela Merkel, di hadapan seluruh rakyatnya, mengatakan bahwa ini tantangan terbesar Bangsa Jerman sejak Perang Dunia II.

Jerman melakukan segala cara antisipasi, belajar dari yang sudah kena duluan. Untuk negara yang jumlah kasus terkonfirmasi positif di atas 5000, fatality rate Jerman terendah saat ini (0.6%) disusul Korea Selatan (1.5%). Tentu Indonesia bukan Jerman atau Korea.

Lihat Live Data COVID-19: Kawal Coronavirus di Indonesia dan Dunia

Kedua pemimpin tertinggi di Jerman dan Korea Selatani benar-benar tampil terdepan memimpin rakyat di masa yang tidak mudah. Dengan secara jujur menyebut ‘tantangan terbesar Jerman sejak Perang Dunia II’, Merkel memberikan berita dan kenyataan yang tidak mudah untuk rakyatnya, tetapi membuat rakyat lebih siap.

Ada trust (kepercayaan) yang tinggi, sehingga rakyat tidak bingung. Trust adalah mata uang tertinggi dalam interaksi sosial. Merkel berani menghadapkan kenyataan berat ke rakyatnya, karena dia mendengarkan semua ilmuwan terkait.

Untuk kasus yang sangat highly technical seperti penyakit menular, maka adalah penting bahwa lapis pertama yang didengarkan adalah ahli kesehatan masyarakat, dokter, epidemiolog, virolog.

1 comment
  1. Seandainya dari awal indonesia menetapkan lockdown saja mungkin hasilnya tidak sekacau sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.