cara kerja cryptocurrency
cara kerja cryptocurrency

Mungkin sebagian besar dari masyarakat kita masih asing dengan cryptocurrency atau mata uang kripto. Apakah mata uang kripto itu? Bagaimana cara kerja cryptocurrency?

Definisi sederhana mata uang kripto adalah sebuah alat pembayaran digital yang memungkinkan Anda membayar transaksi tanpa harus menggunakan uang asli.

Selain itu, mata uang kripto juga merupakan bagian dari inovasi metode pembayaran digital yang digunakan pada transaksi online.

Perkembangan teknologi internet memang semakin canggih saja serta mulai merambah dalam bidang apapun termasuk ketika Anda melakukan transaksi online.

Tidak perlu melakukan pembayaran dengan lembaran uang asli, Anda bisa membayarnya memakai uang digital. Pembayaran menggunakan mata uang digital termasuk kripto sangat aman karena dilakukan tanpa adanya perantara.

Cara Kerja dan Fungsi Cryptocurrency

cara kerja cryptocurrency

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai mata crypto kita lihat dulu apa saja yang bisa dilakukan dengan mata uang digital tersebut.

Mata uang digital tersebut bukan hanya bisa digunakan sebagai alat pembayaran transaksi virtual atau online saja namun juga ada fungsi lainnya.

Fungsi dari crypto yang bisa didapatkan oleh manusia yaitu masyarakat di dalam aktivitasnya antara lain sebagai berikut ini:

1. Sebagai Bentuk Investasi

Crypto investment bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mencoba bidang investasi. Mengapa crypto bisa menjadi bentuk investasi bagi Anda?

Alasannya adalah karena crypto mengikuti prinsip ekonomi yang telah ada selama ini yaitu saat banyak permintaan maka harganya akan naik.

Jadi prinsip investasi crypto cukup sederhana saja, ketika semakin banyak orang yang berinvestasi maka otomatis harganya menjadi makin mahal.

Kalau dilihat dari sisi keuntungan, investasi aset crypto memang cukup besar dan mudah. Hanya saja sebaiknya Anda teliti dan waspada agar tidak tertipu oleh investasi crypto bodong.

Dengan alasan yang sama pula sebaiknya Anda jeli memilih perusahaan crypto management yang memang sudah dikenal reputasinya.

Tidak jauh berbeda dengan saat Anda berinvestasi reksadana, saham ataupun lainnya pasti harus memilih perusahaan pengelola investasi yang bisa dipercaya.

2. Pembayaran untuk Pembelian Barang dan Jasa

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa crypto merupakan mata uang digital yang bisa Anda gunakan untuk membayar transaksi yang dilakukan melalui internet atau virtual.

Anda bisa menggunakan crypto untuk membayar barang ataupun jasa sehingga tidak perlu repot melakukan transfer uang.

Apalagi saat ini sudah ada setidaknya 2 perusahaan besar yang menerima transaksi pembayaran menggunakan crypto yaitu Newegg dan Overstock. Hanya saja memang untuk sementara ini mayoritas perusahaan baru menerima pembayaran dengan bitcoin saja.

Apa saja jenis barang dan jasa yang bisa Anda bayar menggunakan mata uang kripto tersebut? Cukup banyak jenis produk barang ataupun jasa yang menerima pembayaran dengan crypto, contohnya hotel, penerbangan, restoran hingga aplikasi.

3. Pertambangan atau Mining

Cryptocurrency sangat erat hubungannya dengan bidang pertambangan atau mining. Pengguna akan diminta untuk memecahkan teka-teki yang ada di kriptografi untuk bisa mengkonfirmasi pembayaran yang dilakukannya.

Teka-teki di kriptografi tersebut memang cukup rumit namun menjadi syarat agar Anda bisa mencatat transaksi di blockchain.

Semakin banyak jumlah pengguna maka peluang untuk memecahkan teka-teki juga semakin besar.

Baca juga: Cara Trading Bitcoin

Mengapa Harus Menggunakan Cryptocurrency?

cara kerja cryptocurrency

Perkembangan teknologi global seakan tidak bisa dibendung lagi, ibaratnya setiap detik ada saja inovasi baru yang ditemukan untuk memudahkan kehidupan manusia.

Begitu juga dengan mata uang digital crypto yang semakin banyak digunakan di seluruh dunia.

Pertimbangan kemudahan yaitu transaksi cashless yang tidak harus menggunakan uang menjadi alasan utama, apalagi semuanya bisa dilakukan dengan smartphone.

Selain itu ada keuntungan seperti investasi yang bisa didapatkan terlebih lagi kalau Anda tahu bagaimana cara untuk staking btc. Pengertian mudahnya, staking adalah cara untuk bisa membuat koin bertambah.

Mengapa mata uang kripto disebut sebagai alternatif dan solusi terbaik menggantikan sistem pembayaran tradisional?

  1. Pasar yang berlangsung selama 24 jam setiap hari sehingga memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran kapan saja kepada siapa saja. Anda juga akan lebih mudah melakukan staking online kapanpun.
  2. Pembayaran menggunakan crypto akan diproses sesegera mungkin tanpa melalui perantara.
  3. Merupakan mata uang digital unlimited atau tanpa batas yang akan memudahkan Anda membayar transaksi apapun secara global.
  4. Pengirim uang atau transfer menggunakan crypto lebih cepat dan biayanya rendah.
  5. Beragam jenis mata uang kripto bisa dikonversi ke dalam mata uang pilihan Anda misalnya Rupiah atau USD serta mata uang lainnya. Setelah itu pada hari kerja selanjutnya Anda bisa langsung menyetorkannya ke bank sesuai rekening yang dimiliki.
  6. Mata uang kripto membuka peluang bagi pengusaha untuk memperluas basis pemasaran secara global.
  7. Merupakan bentuk investasi yang menguntungkan. Crypto investing menawarkan nilai return yang lumayan tinggi. Anda bisa memilih mana crypto funds yang terbaik dan sesuai dengan kondisi Anda.
  8. Akses tanpa batas yang berlaku secara global hanya dengan perangkat digital dan teknologi blockchain.

Nah, itulah informasi mengenai cara kerja cryptocurrency yang harus dipahami oleh pemula. Tertarik dengan cryptocurrency?

Atau ingin juga mencoba investasi dengan aset cipto? Silakan Anda mencari informasi lebih dahulu mana situs trading cryptocurrency Indonesia terbaik yang bisa mendatangkan keuntungan menjanjikan, bukan sebaliknya justru merugikan Anda.